161 views | 1 Likes

Museum Kata Andrea Hirata, Museum Sastra Pertama dan Satu-satunya di Indonesia

4 star (from 1 people)
Belitung, Kep. Bangka Belitung, Indonesia
Category: Museum

Posted on 28 November 2018, 11:07:34
Sophia
Tourist

Museum kata Andrea Hirata, ini menjadi museum pertama di Indonesia, yang wajib kamu kunjungi!!!

How to Get There

Siapa sih yang kenal film fenomenal Laskar Pelangi? Film yang mengajarkan tentang pendidikan kepada anak-anak ini punya banyak banget penggemarnya, termasuk aku pastinya. Film yang diangkat dari kisah nyata ini banyak menginpirasi tak hanya anak-anak tapi juga orang dewasa. Ngga cuma ceritanya yang menginspirasi, film ini juga punya setting tempat yang ngga kalah keren di Belitung. Karena kau ngefans banget sama film ini, aku pun udah lama berencana buat jalan-jalan kesana dan kebetulan baru bulan lalu rencana itu terealisasikan.

Tempat wisata pertama yang pengen banget aku kunjungi adalah Museum Kata Andrea Hirata. Pasti tahu donk Andrea Hirata itu siapa? Yup, Andrea Hirata adalah penulis novel Laskar Pelangi yang fenomela itu guys. Beliau lahir dan besar di Belitung sini dan sekarang udah dibuatkan Museum Kata yang bisa dikunjungi oleh wisatawan. 

Untuk menuju ke Belitung, kebetulan ngga ada flight langsung dari Kupang. Jadi aku harus menuju ke Jakarta dulu lalu dilanjut flight dari Jakarta menuju Tanjung Pandan. Flight yang lumayan panjang banget guys, jadi setelah tiba di Tanjung Pandan aku langsung beristirahat di hotel.

Museum Kata berada di Jalan Raya Laskar Pelangi no 7, Gantong, Belitung Timur. Jadi, kalo kalian berencana kesini, pastikan juga untuk mengunjungi tempat-tempat indah lainnya yang ada disekitarnya.

wisata di belitung

What to Do

Film Laskar Pelangi memang memiliki cerita yang sangat indah. Ngga cuma itu, film yang diangkat dari judul yang sama ini juga punya banyak pesan moral sendiri untuk para penggemarnya. Meskipun film ini sudah diputar sejak bertahun-tahun yang lalu, tapi sampe sekarang masih banyak aja penggemarnya. Untuk mengenang film ini, kalian bisa langsung dateng ke Museum Kata Andrea Hirata. Disini, kalian akan diajak napak tilas perjalanan novel Laskar Pelangi. Mulai dari cuplikan halaman per halaman hingga diangkat menjadi sebuah film yang paling laris.

wisata di belitung

Saat pertama kali menginjakkan kaki di halaman museum ini, suasananya langsung terasa. Banyak foto-foto yang dipasang di halaman museum seperti perjalanan karya sastra ini hingga menjadi kebanggaan masyarakat Belitung ini. Ketika mulai masuk ke dalam museum, suasananya pun semakin terasa. Di ruangan ini kalian bisa melihat foto-foto Andrea Hirata dengan kalimat-kalimat inspiratifnya, salah satunya yang paling terkenal adalah “Bermimpilah karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpimu”. Ngga cuma itu, disini juga ada cuplikan dari novel Laskar Pelangi yang udah diterbitkan dalam banyak bahasa.

wisata di belitung

wisata di belitung

Masuk ke dalam lagi, kalian akan disambut dengan sebuah ruangan yang sangat nyaman dimana terdapat meja juga buku-buku yang dibiarkan berserakan diatas meja. Di ruangan ini dipajang foto-foto adegan film Laskar Pelangi dan juga ada cover Laskar Pelangi yang sudah diterbitkan di berbagai negara menghiasi dinding ruangan ini.

wisata di belitung

Ruangan ini tadi menghubungkan ke ruang-ruang selanjutnya yang namanya diambil dari tokoh-tokoh di film Laskar Pelangi. Ruangan pertama adalah Ruang Ikal, yang merupakan tokoh utama di film ini. Di ruangan Ikal ini kalian bisa melihat cuplikan novel yang menggambarkan sosok Ikal. Lalu juga ada adegan ketika Ikal berpisah dengan Lintang yang fotonya diambil dari filmnya. Fyi, aku paling sedih di agedan bagian ini :’(

wisata di belitung

Di sebelahnya, ada Ruang Lintang. Kalian pasti udah tau kan kalo Lintang ini adalah tokoh yang paling cerdas dan paling dibangga-banggakan oleh teman-temannya. Di ruangan ini pun kalian bisa melihat foto-foto dari tokoh Lintang yang diambil juga dari film yang disutradarai oleh Riri Riza ini. Beberapa diantaranya adalah foto Lintang dengan sepeda kesayangannya dan foto Lintang saat berboncengan dengan Ikal.

wisata di belitung

Selain ruang Ikal dan Lintang, ada satu ruangan lagi yang lokasinya agak terpisah dan diberi nama Ruang Mahar. Udah pada tahu donk tokoh Mahar disini adalah anak yang paling kreatif dan suka sama segala bentuk kesenian. Di ruangan ini, kalian bisa melihat foto-foto seniman yang menjadi inspirasi Mahar dan salah satunya adalah Rhoma Irama.

wisata di belitung

Setelah melewati ruang Mahar, kalian akan langsung sampai di Ruang Dapur dimana kalian akan melihat sebuah dapur yang sudah disulap menjadi warung kopi dan diberi nama Warkop Kopi Kuli. Disini kalian bisa memesan kopi dan menikmatinya sambil bersantai atau ngobrol menikmati museum. Katanya, Andrea Hirata sendiri yang menjadi kalo kopi yang disajikan disini merupakan kopi yang paling enak di dunia. Ngga percaya? Dateng aja dan cobain langsung!

wisata di belitung

Museum ini didirikan sendiri oleh Andrea Hirata pada tahun 2010 dan menjadi museum sastra pertama dan satu-satunya di Indonesia. Pengunjung yang datang kesini bisa mengenal bagaimana karya sastra menjadi bagian penting bagi kehidupan. Ngga cuma itu, kalian juga bisa mendapatkan inspirasi untuk lebih cinta karya sastra, baik sastra yang dari dalam negeri juga manca negara.

wisata di belitung

Tips and Trick

  • Museum ini buka setiap hari mulai pukul 09.30 - 17.00. Kecuali Minggu, museum ini buka selama 24 jam.
  • Tiket masuk yang dikenakan sebesar Rp 50.000 per orangnya dimana kalian akan dapat buku Laskar Pelangi.
  • Bawa kamera yang bagus.
  • Jaga kebersihan museum ini.
  • Video by Bintang Rasisonia

     

Gallery (10)

Comments (1)