130 views | 2 Likes

Hunting Sunset di Pantai Parangtritis Yogyakarta, Istimewanya Bikin Rindu..

4 star (from 2 people)
Bantul, Yogyakarta, Indonesia
Category: Beach Exploring

Posted on 27 November 2018, 11:32:13
gizeline
Tourist

Pantai Parangtritis cukup legendaris karena sudah sering menjadi tujuan utama wisatawan saat berkunjung ke Jogja. Tak hanya itu, pantai ini juga...

How to Get There

Jogja ngga cuma menyimpan sejuta budaya dan tradisi yang tak lekang oleh waktu, tapi Jogja juga punya beragam wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Kalo ngomongin soal wisata alam, Jogja emang ngga usah diragukan lagi. Mulai dari wisata pegunungan hingga pantai semua ada di Jogja. Akhir-akhir ini banyak sekali wisata pantai yang lagi hits di Jogja, tapi pas liburan kemaren aku akhirnya mutusin buat datengin salah satu pantai yang cukup terkenal dan legendaris di Jogja yaitu Pantai Parangtritis.

Pantai Parangtritis berada di Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul Yogyakarta. Untuk menuju kesini sebenernya ngga terlalu susah rutenya karena tinggal lurus aja jalannya. Kebetulan aku kemaren stay di kawasan Malioboro, jadinya tinggal jalan lurus aja menuju ke Pantai Parangtritis. FYI nih guys, pantai ini berada di satu garis lurus dengan beberapa ikon wisata di Jogja, seperti Jalan Malioboro, Tugu Jogja, Keraton dan Gunung Merapi. Entah ini hanya kebetulan atau emang sengaja ada maksud dibalik ini semua..

What to Do

Pantai Parangtritis cukup legendaris karena sudah sering menjadi tujuan utama wisatawan saat berkunjung ke Jogja. Tak hanya itu, pantai ini juga menyimpan cerita mistis yang semua orang mungkin sudah dengar, yaitu legenda tentang penguasa laut selatan, Nyai Roro Kidul. Hingga saat ini pun, banyak sekali warga sekitar sampai wisatawan dari berbagai daerah percaya bahwa Pantai Parangtritis merupakan pintu gerbang Istana Kerajaan Laut Selatan. 

Video by Sarah Johnson

Sampe sekarang pun, ada mitos yang masih dipercaya dan dijaga adalah Nyai Roro Kidul sangat suka benda-benda berwarna hijau. Ngga heran kalo setiap pengunjung yang dateng ke pantai ini dilarang memakai pakaian atau benda-benda yang berwarna hijau. Soalnya nih, kalo sampe Nyai Roro Kidul tertarik, bisa-bisa kalian diseret ke laut dan diajak gabung jadi prajuritnya.

sumber: https://hantupedia.com/ini-mitos-nyi-roro-kidul-yang-bikin-kita-percaya-gak-percaya/

Dibalik semua mitos yang ada, ternyata Pantai Parangtritis punya pesonanya sendiri. Pantai ini punya bibir pantai yang sangat luas sehingga banyak sekali aktivitas yang bisa kalian lakukan disini. Misalnya menelusuri bibir pantai dengan menggunakan ATV yang bisa kalian sewa dengan harga Rp 50.000 - Rp 100.000. Atau kalo kalian pengen kendaraan yang tradisional, kalian bisa menyewa andong untuk menyusuri bibir pantai dari timur ke barat hanya dengan Rp 20.000 aja. Disini juga kalian bisa menyewa jeep buat kalian yang suka memacu adrenalin. Meskipun ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan disini, tapi pengunjung dilarang keras untuk berenang di pantai karena ombaknya yang sangat besar dan landscape pantainya yang sangat curam juga berbahaya. Jadi, kalian cukup bermain ombak aja ya di pinggiran pantai.

Karena kebetulan kemaren aku sampe di pantai ini pas udah sore, aku pun hanya menikmati pemandangan pantai ini sambil minum es krim yang banyak dijual disekitaran pantai. Perlahan, matahari mulai tenggelam di sebelah barat dan meninggalkan warna jingga yang cantik di langit. Ditambah lagi dengan semilir angin laut yang sepoi-sepoi. Perpaduan yang pas banget buat melepas penat setelah sibuk bekerja. Pemandangan yang keren banget dan rasanya betah berlama-lama ada di pantai ini. Siap-siap aja mengabadikan momen dengan kamera kalian ya. 


Saat hari mulai beranjak gelap, akhirnya aku memutuskan untuk kembali ke Kota Jogja untuk menikmati meriahnya Pasar Malam Sekaten



Tips and Trick

  • Untuk menuju ke pantai ini, aku saranin buat bawa kendaraan pribadi atau kalian bisa sewa motor/mobil di pusat kota Jogja.
  • Harga tiket masuk pantai ini Rp 10.000 per orang dimana sudah termasuk tiket masuk Pantai Parangtritis dan Gumuk Pasir Parangkusumo.
  • Pantai ini buka setiap hari dari pagi hingga malam.
  • Jangan lupa buat bawa kamera.
  • Jangan gunakan atribut hijau.
  • Jaga kebersihan pantai ini.

Gallery (6)

Comments (4)