198 views | 1 Likes

Pantai Syariah, Pantai Khusus Cewek Pertama di Indonesia

4 star (from 1 people)
Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia
Category: Beach Exploring

Posted on 26 November 2018, 13:32:26
meliana
Tourist

Pulau ini diberi nama Santen karena ditumbuhi oleh pohon-pohon Santen. Tempat ini dikategorikan sebagai pulau karena terpisah dari daratan utama oleh...

How to Get There

Masih seputaran tentang liburan gue di Banyuwangi kemaren guys. Kalo main ke Banyuwangi, rasanya ngga lengkap gitu lho kalo ngga main ke pantai-pantainya yang terkenal indah. Beberapa pantai yang cukup terkenal dan familiar memang udah pernah gue kunjungi sebelumnya, sebut aja Pantai Wedi Ireng, Green Bay, Blue Bay, Pantai Watu Dodol, Pantai Plengkung dan Pantai Sukamade. Pantai-pantai tersebut memang udah cukup terkenal dengan keindahannya yang luar biasa. Nah, kali ini gue mau jalan-jalan ke salah satu pantai di Banyuwangi yang katanya sih khusus untuk cewek-cewek aja, yaitu Pantai Syariah.

Pantai Syariah ini berada di Pulau Santen dan untuk menuju kesana rutenya ngga terlalu susah kok guys. Dari simpang lima kota Banyuwangi, kalian tinggal menuju ke arah selatan menuju lampu lalu lintas Hotel Slamet, lalu ambil kiri mengikuti jalan besar hingga menemukan perempatan pasar Pujasera kemudian ambil lurus ke timur. Ikuti jalan ini sampe ketemu pertigaan klenteng, lalu ambil arah ke kiri sampe ketemu pertigaan SDN 2 Karangrejo, lanjut belok kiri dan ikuti aja jalan ini sampe di Parkiran Pantai Syariah, Pulau Santen.



What to Do

Pulau ini diberi nama Santen karena ditumbuhi oleh pohon-pohon Santen. Tempat ini dikategorikan sebagai pulau karena terpisah dari daratan utama oleh sebuah sungai yang bermuara di Selat Bali. Sungai ini memisahkan antara Pulau Santen dan Pantai Boom. Untuk menyebranginya pun kalian ngga perlu naik perahu, cukup berjalan kaki menyebrangi jembatan kayu. Setelah menyebrangi jembatan kayu, kalian akan melihat Pantai Syariah dengan payung dan laybag warna-warni. 

Setelah sampe di Pantai Syariah, kalian bakal lihat ada papan peraturan dan petunjuk yang memisahkan pengunjung pria dan wanita. Aturan ini cukup unik sih, pasalnya pantai ini merupakan pantai pertama di Indonesia yang mengusung konsep wisata halal dimana pengunjung pia dan wanitanya ngga boleh ada di satu tempat. Selain memisahkan pengunjung pria dan wanitanya, di pantai ini juga ada beberapa warung yang menjajakan makanan halal, melarang pengunjungnya berpakaian tidak sopan serta ada juga mushalla yang mengumandangkan adzan.

Meskipun begitu, pantai ini cukup menarik banget buat gue. Ada banyak laybag dan meja beserta payung khas Bali yang disewakan seharga 10 ribu per 3 laybag dan 1 meja ditengahnya. Dibelakang deretan laybag tadi, kalian bisa melihat barisan pohon Santen yang berjejer rapi. Kalian yang ngga mau sewa laybag pun bisa juga bersantai disini dengan membawa tikar dan bekal dari rumah. Tapi kalo kalian males bawa bekal, kalian bisa membeli makanan disini yang dijamin halal.

Pantai Syariah menyajikan pemandangan Selat Bali yang indah dan Pegunungan yang sangat megah. Ombak di pantai ini pun cukup tenang dan pasirnya berwarna hitam namun bersih. Menurut gue sih, pantai ini bener-bener memanjakan wanita, pasalnya disini kami cewek-cewek bisa leluasa bermain dan berlarian di pantai tanpa adanya ‘gangguan’ dari lawan jenis. Pantai ini keren banget lho buat foto-foto selie guys.

Gue sih berharapnya, kedepannya Indonesia bakal punya pantai-pantai yang seperti ini agar menarik banyak wisatawan lokal hingga mancanegara. Apalagi wisatawan Muslim dari berbagai negara.

Video by Official NET News.

Tips and Trick

  • Jangan ajak cowok. Ajak temen-temen cewek kalian biar makin rame.
  • Bawa kamera yang bagus.
  • Buat kalian yang pengen piknik, jangan lupa bawa bekal dan tikar sendiri dari rumah.
  • Jaga kebersihan pantai ini.
  • Gunakan pakaian yang sopan.
  • Pake sunscreen, kacamata hitam dan topi. 
  • Gunakan alas kaki yang nyaman.

Gallery (6)

Comments (1)