182 views | 1 Likes

Pasar Malam Sekaten Jogja, Bukti Istimewanya Yogyakarta

4 star (from 1 people)
Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
Category: City Trip

Posted on 23 November 2018, 11:48:43
gizeline
Tourist

Setibanya di Alun-alun Utara Keraton, udah banyak banget warga yang dateng memenuhi alun-alun. Wajar banget sih karena memang pas minggu terakhir...

How to Get There

Jogja dikenal dengan kebudayaannya yang kental, pasalnya banyak sekali tradisi yang masih dipegang teguh dan masih dilakukan hingga saat ini. Hal tersebutlah yang membuat kota Jogja berbeda dengan kota lainnya, menjadi kota yang istimewa dimata semua wisatawan yang datang kesana. Salah satu tradisi yang masih dipegang teguh dan masih kerap diselenggarakan hingga saat ini adalah Tradisi Sekaten yang kemudian dilanjutkan dengan acara Gunungan.

Minggu lalu, aku berkesempatan buat jalan-jalan ke Jogja lagi dan karena kebetulan pas ada acara Pasar Malam Sekaten yang digelar untuk menyambut Maulid Nabi Muhammad. Pasar Malam Sekaten ini digelar selama sebulan penuh di Alun-alun utara Keraton Jogja. Dan kebetulan kemarin aku datengnya pas banget di minggu terakhir perayaan ini jadinya rame banget guys. Karena rame banget, aku pun mutusin buat kalan kaki aja menuju ke Alun-alun Utara Keraton dan kebetulan deket banget sama tempat aku nginep di daerah Malioboro. Jalan kaki 5 menit aja udah sampe. Nah, kalo kalian misalnya tinggalnya agak jauh dari keraton, kalian bisa naik kendaraan umum seperti TransJogja dan turun di Halte depan Kantor Pos lalu dilanjut jalan kaki.

What to Do

Setibanya di Alun-alun Utara Keraton, udah banyak banget warga yang dateng memenuhi alun-alun. Wajar banget sih karena memang pas minggu terakhir sebelum besoknya adalah acara puncaknya, yaitu Gunungan. Jadi lumayan agak susah buat masuk ke dalam area Alun-alun. 

Anyway, buat kalian yang mungkin masih asing dengan istilah Sekaten ini, aku bakal sedikit jelasin ya guys. Sekaten adalah ritual di Keraton Jogja yang dilaksanakan setiap tahun dimulai pada tanggal 5 Mulud (Rabiulawal) sore sampai dengan tanggal 11 Mulud (Rabiulawal) tengah malam. Tujuan dari penyelanggaraan tradisi ini adalah untuk sarana penyebaran agama Islam. Sebagai puncaknya, akan dilangsungkan tradisi Gunungan atau Grebeg Maulud dimana Sultan akan keluar dari Keraton untuk memberikan Gunungan kepada masyarakatnya. Gunungan ini terdiri dari tumpukan hasil bumi seperti sayuran, buah-buahan dan makanan tradisional.

Saat berlangsungnya Tradisi Sekaten ini, pihak Keraton Jogja juga menyelanggarakan Pasar Malam yang merakyat dan banyak dikunjungi oleh warga Jogja hingga wisatawan yang berasal dari luar Jogja. Pasar malam ini meriah banget guys karena selain menyajikan barang-barang seperti baju, kerajinan, mainan hingga keperluan sehari-hari dengan harga yang sangat terjangkau. Ngga cuma itu aja, di pasar malam ini juga kalian bisa menemukan berbagai makanan khas seperti gudeg, kerak telor, martabak hingga aneka jajanan pasar. 


Kegiatan lain yang paling seru di Pasar Malam Sekaten ini adalah banyaknya wahana permainan yang unik dan seru yang bisa dinikmati oleh segala usia, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa, antara lain bianglala, kora-kora, tong setan, ombak banyu, rumah hantu dan masih banyak lagi lainnya. 

Karena kemaren kondisi pasar yang super rame banget, jadinya banyak sekali warga yang ngantre buat naik wahana-wahana tersebut dan karena aku males ngantre lama-lama, akhirnya aku mutusin buat beli jajanan aja. hehehe..

Menurut aku sih, pasar malam ini sederhana banget tapi tetap meninggalkan kesan bagi pengunjungnya. Sayangnya, aku kemaren ngga bisa sekalian ngikutin acara Grebeg Maulud karena harus melanjutkan perjalanan menuju Semarang.

Pasar Malam Sekaten ini merupakan agenda tahunan Keraton Yogyakarta yang dilangsungkan selama sebulan penuh guys dan wajib banget buat kalian datangi. So, jangan lupa untuk dateng ke Pasar Malam Sekaten Tahun depan ya.

Tips and Trick

  • Untuk menghindari kemacetan, aku saranin buat jalan kaki aja atau naik kendaraan umum.
  • Hati-hati kalo bawa barang bawaan karena kondisi pasar yang cukup rame.
  • Buat kalian yang pengen naik wahana, pastikan untuk menjaga keamanannya ya.
  • Bawa uang tunai yang cukup.

Gallery (8)

Comments (2)