161 views | 2 Likes

Museum Macan: Museum yang Masuk Dalam World Greatest Place 2018

4 star (from 2 people)
Jakarta Barat, Dki Jakarta, Indonesia
Category: City Trip

Posted on 22 November 2018, 12:20:34

Museum Macan memang kerap menjadi pembicaraan akhir-akhir ini. Pasalnya, museum ini hadir memberikan nuansa baru terhadap dunia seni di Indonesia....

How to Get There

Sebagai ibukota Indonesia, Jakarta memang selalu menjadi pusat perhatian. Tak hanya sebagai pusat kegiatan perdagangan tapi Jakarta juga kerap menjadi tujuan wisata yang sangat menyenangkan. Mungkin beberapa orang akan berpikir kalo wisata di Jakarta cuma itu-itu aja, tapi jangan salah guys, Jakarta juga punya banyak banget tempat wisata yang wajib banget kalian kunjungi, salah satunya adalah Museum Macam yang lagi hits akhir-akhir ini. Kabarnya, museum ini masuk menjadi salah satu world greatest place 2018. Bangga donk ya?

Museum Macan berlokasi di AKR Tower Lantai 5 Jalan Perjuangan no 5, Jakarta Barat. Untuk menuju kesini, kalian bisa naik kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Kalian bisa naik busway dan turun di halte Kebon Jeruk lalu jalan kaki sekitar 10 menit. Atau kalo kalian ngga mau ribet, kalian juga bisa naik ojek online untuk menuju ke museum ini.

Video by VIVA.CO.ID

What to Do

Museum Macan memang kerap menjadi pembicaraan akhir-akhir ini. Pasalnya, museum ini hadir memberikan nuansa baru terhadap dunia seni di Indonesia. Tak hanya itu, museum ini juga menjadi tujuan wisata terbaru di Jakarta. Karena aku anaknya ngga terlalu paham dengan seni, awalnya aku berpikir kalo museum ini akan dipenuhi tentang sesuati yang berbau Macan tapi ternyata ngga. Macan adalah singkatan dari Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara. 

Sesuai namanya, museum ini berisi aneka koleksi seni modern dan kontemporer yang ngga cuma unik tapi juga terus berkembang. Museum seluas 4000 meter persegi ini terdiri dari beberapa lantai yang berisi puluhan karya yang dibuat oleh seniman Indonesia hingga seniman luar negeri. Museum ini juga dibagi menjadi 4 bagian, yaitu Land, Home, People, Independence and After, Struggles Around Form and Content dan Global Soup.

Well, seperti yang aku sebutin sebelumnya, aku bukan orang yang terlalu paham seni jadi aku bakal review tempatnya aja ya guys dan ngga bahas soal seninya. Hehehe..

Dari beberapa museum seni di Indonesia yang pernak aku kunjungi sebelumnya, mungkin museum ini lebih modern dan nyaman. Bahkan penataannya dan kenyamanannya udah kayak museum-museum seni yang ada di luar negeri, seperti Singapore, Australia dan negara lainnya. Disamping itu, menurut aku museum ini juga sangat ramah untuk anak-anak. Buat kalian yang udah punya anak, bisa banget buat diajak untuk sekalian mengedukasi mereka dengan mengenalkan terhadap karya seni. Ada guide book untuk anak-anak juga lho guys, jadi mereka bisa baca buku panduan dengan bahasa yang lebih sederhana jadi bisa lebih ngerti.

Ruangan di dalamnya juga luas banget jadi sangat nyaman buat kita menikmati setiap karya seni tanpa perlu berdesak-desakan. Tempatnya juga bersih banget dan pokoknya nyaman deh. Banyak juga spot foto yang super instagramable buat mempercantik feed kalian.

Overall, aku seneng banget sih bisa dateng kesini. Akhirnya Indonesia punya museum yang sekeren ini dan bisa dinikmati oleh semua kalangan. Museum Macan bisa jadi alternatif tujuan jalan-jalan keluarga saat weekend, jadi ada hiburan lain biar ngga cuma ke mall. 




Tips and Trick

  • Tiket masuk Museum Macan ini sekitar Rp 100.000 per orang dewasa dan Rp 90.000 per anak/pelajar/mahasiswa. 
  • Buat kalian yang ngga pengen ngantri, bisa beli tiketnya secara online disini.
  • Museum ini buka hari Selasa - Minggu mulai pukul 10.00 - 19.00.
  • Tidak diperbolehkan membawa kamera ke dalam. Cukup pake kamera smartphone aja.
  • Jangan buang sampah sembarangan.

Gallery (6)

Comments (4)