327 views | 3 Likes

Menikmati Keindahan Sunset di Pantai Marina, Ancolnya Semarang?

4 star (from 3 people)
Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
Category: Beach Exploring

Posted on 21 November 2018, 11:57:45
gizeline
Tourist

Pantai Marina adalah pantai yang terbentuk dari hasil reklamasi pantai di kawasan kota Semarang yang dulunya adalah hutan bakau dan tambak milik...

How to Get There

Sebagai kota terbesar di Jawa Tengah, Semarang memang menjadi pusat segala aktivitas, mulai dari perdagangan hingga pariwisata. Layaknya kota metropolitan lainnya, Semarang memiliki banyak gedung perkantoran, pusat perbelanjaan dan beberapa bangunan cagar budaya. Namun, di balik ramainya kota Semarang, ada salah satu wisata yang cukup digemari karen sering disebut sebagai Ancolnya Semarang, yaitu Pantai Marina.

Pantai Marina berada di ujung utara Kota Semarang tepatnya di Jalan Yos Sudarso, Komplek PRPP Tawang Sari. Lokasinya deket banget dengan Bandara Internasional Ahmad Yani dan kebetulan kemaren Flight aku delay cukup lama, akhirnya aku mutusin buat singgah sebentar ke Pantai Marina. Kalo kalian dateng dari Semarang kota, ambil arah menuju Kabupaten Kendal dan menuju kearah timur lalu masuk bundaran Kali Banteng. Kemudian ke jalan RE Martadinata dan setelah SPBU belok kiri, lewat PRPP dan sampailah di Pantai Marina.

Akses jalan menuju ke Pantai Marina ini mudah dilewati kendaraan roda 2 ataupun roda 4 dan parkirannya cukup luas, ngga usah khawatir ngga kebagian parkiran ya. Memasuki kawasan Pantai Marina ini, kalian harus membayar tiket masuk sebesar Rp 5000 per orangnya. Harga yang cukup terjangkau untuk semua kalangan, ngga heran kalo masyarakat Semarang banyak yang menghabiskan waktu disini saat sore hari. 




What to Do

Pantai Marina adalah pantai yang terbentuk dari hasil reklamasi pantai di kawasan kota Semarang yang dulunya adalah hutan bakau dan tambak milik warga setempat. Sisa dari pembangunan inilah yang dimanfaatkan sebagai pembatas jalan pantai dengan dibentuk dan dikelola menjadi tempat wisata yang nyaman dan dapat dinikmati seluruh lapisan masyarakat. Di pantai ini juga punya pemecah ombak yang dapat mengamankan wilayah daratan dari abrasi. Meskipun air lautnya ngga terlalu jernih tapi pantai ini juga punya pasir putih yang cantik dan deretan pohon cemara yang epik banget.

Banyak banget kegiatan yang bisa dilakukan salah satunya adalah jalan-jalan keliling kawasan pantai dengan menggunakan perahu. Hanya dengan membayar tiket sebesar Rp 5000 per orang, kalian sudah bisa menikmati indahnya hutan bakau hingga melihat aktivitas di Pelabuhan Tanjung Mas yang ada di sebelah timur pantai. 

Kegiatan lain yang bisa dilakukan adalah memancing. Kalian yang hobi memancing dan suka menikmati masakan olahan seafood, jangan lupa untuk membawa pancingan kesini ya guys karena kemaren aku lihat masih belum ada orang yang menyewakan alat pancing di kawasan pantai ini. 


Beberapa fasilitas lain yang bisa dinikmati antara lain adalah arena balap dan gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai sambil menikmati pemandangan breakwater yang merupakan spot terbaik untuk berfoto. Sambil bersantai, kalian juga bisa sambil menikmati jajanan yang ada disini seperti tahu gimbal, bakso, aneka olahan seafood dan aneka minuman ringan seperti kopi, susu, jus dan es teh.

Tapi karena aku kemaren datengnya udah agak sore, jadinya aku cuma bersantai di pinggiran pantai aja sambil nungguin sunset. Fyi nih guys, sunset di Pantai Marina ini keren banget. Apalagi ditambah dengan pemandangan pegunungan yang terliat dari jauh. Bener-bener memanjakan mata dan rasanya betah banget berlama-lama ada disini. Pantesan banyak yang bilang kalo pantai ini adalah Ancolnya Semarang.




Tips and Trick

Overall, Pantai Marina ini cukup worth to visit saat kalian lagi traveling ke Kota Semarang. Buat kalian yang pengen dateng kesini, aku ada beberapa tips dan tricks yang perlu diperhatikan:

  • Jangan lupa bawa kamera yang bagus karena pemandangan sunset disini indah sekali.
  • Buat kalian yang datang dari luar kota, kalian bisa naik bus atau ojek online untuk menuju ke pantai ini.
  • Waktu yang tepat untuk berkunjung adalah saat sore hari menjelang matahari terbenam.
  • Pantai ini buka setiap hari mulai pagi hingga jam 7 malam.
  • Jangan buang sampah sembarangan.
  • Ajak pasangan (kalo punya).

Video by SA Channel

Gallery (10)

Comments (8)