153 views | 1 Likes

Air Terjun Kali Pahit Bondowoso Yang Tak Sepahit Namanya

4 star (from 1 people)
Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia
Category: Waterfall

Posted on 17 November 2018, 14:05:57

Setelah menikmati indahnya kawah ijen yang memiliki danau kawah yang mempesona , kita masih di suguhkan salah satu keindahan yang di miliki oleh kawasan ini yang letaknya masih dalam satu kawasan Taman nasional gunung ijen yaitu Air terjun Kali pahit.

How to Get There

Air terjun kali pahit adalah sebuah air terjun yang letaknya berada di kaki gunung ijen yang sumbernya berasal dari rembesan danau belerang kawah ijen. Letaknya berada di pinggir jalan sehingga akan sangat mudah untuk menemukannya. Dinamakan kali pahit karena air ini mengandung kadar belerang yang sangat tinggi serta berwarna hijau ke kuningan. Airnya berasa pahit dan terkadang berasa menyengat hidung saat terlalu lama disini guys.


Lalu bagaimana cara untuk menuju ke kali pahit ???

Sebenarnya air terjun kali pahit ini berada di perbatasan banyuwangi dan bondowoso , namun secara  administratif air terjun kali pahit ini berada di Curah macan , kalianyar , kecamatan sempol kabupaten Bondowoso. Rutenya masih searah ni guys ke kawah ijen jika anda dari Bondowoso , namun sebelum sampai di pos 1 pendakian ke ijen atau tepatnya berada 500 meter sebelum pos 1 ni guys. Letaknya berada di tepi jalan dan sudah ada papan petunjuknya juga ni guys. Air terjun kali pahit ini bisa di jangkau dengan kendaran roda 2 hingga roda 4 , nah setelah sampai di dekat air terjun kita akan di kenakan tiket masuk sebesar Rp.3000/org dan Rp.3000/motor serta Rp.10.000/mobil untuk parkir. Setelah itu di lanjutkan tracking yang sangat dekat hanya berkisar 10 meter kita akan sampai di air terju  kali pahit ini guys.

What to Do

Lalu apa saja yang bisa kita lakukan disini guys ???

Air terjun kali pahit ini merupakan destinasi wisata yang harus anda tuju jika hendak menuju ke kawah ijen , karena pesona akan keindahannya berbeda dengan air terjun lainnya ni guys. Air nya berwarna hijau ke kuningan dan bau khas akan belerangnya sangat menyengat , namun kawasan air terjun kali pahit ini di hiasi oleh dinding-dinding batu yang sangat cantik serta memiliki aliran air terjun yang bertingkat ni guys. Disini anda tidak bisa bermain air seperti mandi , karena kandungan belerangnya sangat kuat , jadi anda hanya bisa menikmatinya hanya dnegan bermain di sekitar aliran air. Mengabadikan moment dengan bidikan kamera kalian adalah hal wajib ni guys , krena setiap sudut air tejrun kali pahit ini memiliki panorama alam yang sangat menggoda anda untuk berfoto. Tempat ini selalu ramai apalagi saat weekend ataupun hari libur nasional ,  karena letaknya yang sangat strategis dan mudah di jangkau serta masih satu arah dengan kawah ijen membuat para ngunjung selalu berdatangan keisni guys. Tempat ini sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga ataupun teman ni guys. Suasana yang asri dan tenang akan kita dapatkan jika anda berkunjung ke air terjun kali pahit ini guys.


Air tejrun kali pahit ini di hiasi oleh pohon pinus yang rindang serta bebetuan vulkanis yang sangat indah akan membuat anda betah berlama-lama disini guys. Oh ya ni guys menurut informasi , saking banyaknya kandungan belerang pada air terjun kali pahit ini , di yakini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit ni guys , caranya cukup mudah dengan hanay merendam kaki pada aliran sungai atau mengusapkan air ke bagian yang ingin di sembuhkan, tapi jangan sampai anda mandi disini guys karena sangat berbahaya bagi kesehatan.


Tips and Trick

Tips & Trick saat berkunjung ke air terjun  kali pahit  :

 

  1. Jangan terlalu lama berada di aliran air karena bau belerang yang sangat menyengat bisa membahayakan anda
  2. Bawalah makan dan minuman karena disini tidak ada warung yang berjualan makanan
  3. Usahakan datang di pagi hinnga siang hari karena jika sore kabut selalu menyelimuti tempat ini
  4. Bawa kamera andalan kalian ni guys karena tempat ini sangat kece untuk di jadikan latar belakang foto kalian
  5. Pakailah alas kaki yang anti selip dan nyaman di kaki karena terkadang bebatuan disini sangat lcicin
  6. Jangan pernah mengotori tempat ini dengan sampah kalian guys agar terjaga keasriannya.

Gallery (0)

Comments (2)