210 views | 2 Likes

Desa Wisata Wonocolo, Texasnya Indonesia

4 star (from 2 people)
Bojonegoro, Jawa Timur, Indonesia
Category: Photography

Posted on 16 November 2018, 09:59:07
leon
Tourist

Texas? Bukan, ini masih di Indonesia!

How to Get There

Setelah sekian lama ngga jalan-jalan, akhirnya minggu lalu saya punya kesempatan untuk jalan-jalan. Sebenernya agak bingung juga mau jalan-jalan kemana, tapi akhirnya beberapa orang temen merekomendasikan untuk pergi ke salah satu wisata yang lagi hype di Bojonegoro, yaitu Desa Wisata Wonocolo yang katanya mirip seperti di Texas. Karena kepo, saya pun segera menjadwalkan untuk berangkat kesana karena temen saya itu juga tinggal di Bojonegoro dan bersedia buat jadi guide selama saya ada disana. Wah kebetulan banget!

Wisata ini sebenernya bernama Desa Wisata Migas atau dikenal sebagai Petroleum Geogetitage dan lokasinya ada di Desa Wonocolo Kecamatan Kedewan Kabupaten Bojonegoro. Untuk menuju ke lokasi, pengunjung diharapkan untuk extra hati-hati dan butuh perjuangan pasalnya lokasi wisata ini berada diatas bukit yang dikepung hutan jati. Dari pusat kota Bojonegoro bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi selama 1,5 jam perjalanan. Kalian bisa lewat Kalitidu - Malo atau lewat Cepu. Selain itu, kalian yang datang dari Tuban juga bisa mengambil rute Ponco - Padang - Malo - Kedewan. Wisata ini berada tepat diatas bukit sebelah utara Bengawan Solo.

desa wisata wonocolo


What to Do

Mencontoh TEXAS, desa wisata ini juga menggunakan kata TEKSAS yang merupakan singkatan dari Tekad Selalu Aman dan Sejahtera. Tak perlu terburu-buru untuk menikmati pemandangan alamnya, kalian bisa mampir dulu ke rumah singgah yang telah disediakan. Rumah singgah ini setiap hari dijaga oleh petugas dari Dinas Pariwisata yang akan memberikan informasi tentang sejarah sumur tua, lokasi kuliner dan fosil kepala gajah purba ataupun fosil lainnya.

desa wisata wonocolo

desa wisata wonocolo

Ngga jauh dari rumah singgah, ada pemandangan menarik yang berupa kayu-kayu yang disusun tinggi sedemikian rupa sebagai penyangga pompa minyak, hingga kepala truk yang sudah dimodifikasi menjadi motor penggerak pompa. Tidak hanya itu guys, disini juga ada besi tua, drum yang sudah berwarna hitam dan kursi kayu yang usang. Memang sih, pemandangan seperti ini terlihat cukup mengerikan namun kawasan ini menjadi wisata migas pertama di Indonesia lho, pengunjungnya pun datang dari berbagai daerah di Indonesia hingga luar negeri.

desa wisata wonocolo

Katanya sih tambang minyak ini udah berumur lebih dari 100 tahun dan produksi migasnya terus menurun. Untuk itu, dengan dibangunnya desa wisata ini diharapkan dapat menggerakkan ekonomi masyarakat dan meningkatkan kesejahteraannya.

desa wisata wonocolo

Desa wisata ini memang baru dibuka sekitar tahun 2016, tapi pengunjungnya lama-lama semakin banyak. Dengan mengusung konsep wisata alam yang natural, juga memiliki nilai edukasi dan ragam budayanya, pihak pengelola pun berharap kedepannya wisata ini akan semakin ramai dan akan menjadi salah satu pilihan terbaik wisatawan di wilayah Jawa Timur.

desa wisata wonocolo

Kalo menurut saya sih, wisata ini memang cocok sekali untuk sarana edukasi dan juga wisata. Ngga cuma itu, Desa Wisata Woncolo ini juga tempat yang cocok banget buat hunting foto. Jadi, kalo kalian suka banget hunting foto dan pengen banget menghasilkan foto yang anti mainstream, bisa dateng aja ke desa wisata ini.

desa wisata wonocolo

Fasilitas yang ada disini pun cukup lengkap guys, antara lain sumur tua, museum penambangan minyak tradisional, jeep adventure, mountain bike, fun bike, downhill, outbound complex, trail adventure, camping ground dan Photography shot. Seru banget kan?

desa wisata wonocolo

Nah, buat kalian yang lagi cari tempat wisata anti mainstream, bisa banget nih dateng ke Bojonegoro. Jadi ngga perlu jauh-jauh main ke Texas, cukup ke Bojonegoro aja.

Video by Humas SKK Migas

Tips and Trick

  • Jangan lupa bawa kamera.
  • Lokasi disini cukup panas, gunakan topi untuk melindungi kepala.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman.
  • Jangan buang sampah sembarangan.

Gallery (8)

Comments (2)