Cantiknya Pantai Watu Ulo, Ada Batu yang Mirip Ular..

watu ulo beach

sugengcool | Traveler
Jember, Jawa Timur, Indonesia | Beach Exploring
11 Oct 2019


Cantiknya Pantai Watu Ulo, Ada Batu yang Mirip Ular..
Salah satu pantai di Jember ini punya batu yang mirip ular. Tebak pantai apa, tau nggak? Yap bener, Pantai Watu Ulo. Meskipun udah mainstream dan banyak orang tahu, tetep keren!

How to Get There

Main ke Tanjung Papuma, rasanya rugi kalo ngga berkunjung ke dua pantai lainnya. Jadi guys, Tanjung Papuma ini lokasinya berada satu area dengan Pantai Watu Ulo dan Pantai Payangan. Nah, kali ini aku mau share soal pengalamanku jalan-jalan ke kedua pantai tersebut, tapi aku share yang Pantai Watu Ulo dulu ya guys, Pantai Payangannya ada di next review.

Pantai Watu Ulo ini lokasinya ada di Desa Sumberrejo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember. Rute menuju kesini juga cukup mudah guys, karena memang lokasinya cukup dekat dengan Tanjung Papuma. Kalian bisa naik kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi kesananya.

What to Do

Pantai Watu Ulo merupakan salah satu pantai selatan di Jember yang lebih dulu populer daripada Tanjung Papuma. Nama Watu Ulo sendiri berasal dari Bahasa Jawa yaitu Watu yang berarti Batu dan Ulo yang berarti Ular. Jadi, Watu Ulo artinya adalah Batu Ular. Hal ini dikarenakan kondisi pantai yang terdapat Batu dengan tekstur bersisik yang memanjang menjorok ke laut seperti patung ular. Batu ini seperti menjadi sebuah jembatan untuk para pengunjung menuju pantai.

watu ulo beach

Ada cerita menarik soal asal usul pemberian nama batu ini guys. Menurut beberapa cerita yang beredar, konon dulunya ada seekor ular raksasa yang bernama Raja Nogo yang bertarung dengan warga setempat karena perebutan wilayah. Ular tersebut kemudian kalah dan badannya terbelah kemudian mengeras. Nah, Watu Ulo ini merupakan bagian tubuh yang masih tersisa.

Versi lain ada yang mengatakan jika ular ini merupakan utusan Ajishaka yang bertapa di Pantai Watu Ulo hingga tubuhnya terbelah dan terpisah. Bagian tubuh dan ekornya ada di Pantai Watu Ulo, sedangkan bagian kepalanya berada di Banyuwangi. So, diantara kedua cerita mistis yang beredar ini, mana yang kalian percaya? Kalo aku sih percaya ngga percaya guys! Hehehe..

watu ulo beach

Tapi, dibalik cerita mistik yang beredar ini justru malah semakin membuat pengunjung penasaran sehingga mereka berbondong-bondong datang ke pantai ini. Tentu saja, panorama yang disuguhkan di pantai ini bener-bener luar biasa guys. Kalian bisa menikmati birunya air laut yang dan ombaknya yang pastinya mampu melepaskan penat dari rutinitas sehari-hari.

watu ulo beach

Nah, buat kalian yang suka foto-foto, pastikan untuk tidak melewatkan berfoto di Batu bersisik yang menyerupai ular ini guys. Batu yang memanjang dan menjorok ke laut ini punya motif bersisik seperti ular dan kalian harus merasakan sensasi menginjakkan kaki diatas batu ini, rasanya seperti berada di atas tubuh ular raksasa yang mengeras.

watu ulo beach

Selain berfoto diatas batu ular ini, ada juga bebatuan di pinggir pantai yang berbentuk karakteristik unik dan pastinya bisa jadi background foto yang keren buat feed kalian. Ohya, Pantai Watu Ulo ini juga dikelilingi oleh perbukitan hijau yang pastinya bikin foto kalian tambah keren.

Puas jalan-jalan sambil berfoto-foto, jangan lupa buat menikmati segarnya air kelapa hijau yang banyak dijual di sekitar pantai ini. Sambil menikmati indahnya laut dan mendengarkan gemuruk ombak akan semakin sempurna kalo dilengkapi dengan air kelapa muda yang diminum langsung dari batok kelapanya.

Nah, buat kalian yang pengen traveling ke Jember, jangan lupa buat menikmati indahnya Pantai Watu Ulo ini ya guys!

Video by TRANS7 OFFICIAL

Tips and Trick
  • Harga tiket masuk yang dipatok per orangnya sekitar 10 ribuan.
  • Jangan lupa pake sunblock kalo kesininya siang-siang. Soalnya panas banget guys.
  • Pake topi atau kacamata hitam untuk melindungi dari teriknya matahari.
  • Bawa kamera yang bagus.
  • Jangan buang sampah sembarangan.
Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY