231 views | 1 Likes

Air Terjun Lider, Surga Tersembunyi di Banyuwangi

4 star (from 1 people)
Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia
Category: Waterfall

Posted on 15 November 2018, 15:19:19
lingling
Tourist

Lagi lagi merasakan traveling yang sesungguhnya nih. Kendaraan yang dibawa harus diparkir di pemukiman warga yang masih cukup jauh dengan lokasi Air...

How to Get There

Pantai Parang Kursi membuatku makin pensaran sama pesona keindahan alam d Banyuwangi. Kali ini nggak ke pantai lagi, aku pengen mengunjungi salahsatu air terjun yang ada di Kabupaten Banyuwangi. Air Terjun Lider namanya. Alamat dari air terjun ini ada di Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Jangan lupa mampir deh kalau ke Banyuwangi.

Sama Kurang lebih sama dengan perjalanan menuju ke Pantai Parang Kursi, perjalanan menuju ke Air Terjun Lider pun membutuhkan tenaga yang super. Pengunjung harus melakukan trekking melewati tebing yang cukup curam. Nggak cuma itu, pengunjung juga harus menyebrang sungai sebanyak 7 kali dan melewati hutan hutan. Kawasan hutan yang dilalui untuk menuju ke kawasan Air Terjun Lider ini termasuk hutan lindung, nggak heran kalau masih sangat asri banget. Nah aku saranin buat dateng ke Air Terjun Lider ini di pagi hari ya, karena perjalanannya saja cukup memakan waktu.

Youtube : Banyuwangi Ethnic

What to Do

Lagi lagi merasakan traveling yang sesungguhnya nih. Kendaraan yang dibawa harus diparkir di pemukiman warga yang masih cukup jauh dengan lokasi Air Terjun Lider. Jalan setapak yang dilalui untuk menuju ke Air Terjun Lider ini cukup bagus dan memadai kok. Namun meski begitu, kalian tetep wajib berhati hati karena jalanan yang dilalui akan berada di sisi tebing dan jurang. Kalau musim hujan, pastikan kalain menggunakan alas kaki yang keset dan nggak licin ya. Nah jarak yang dilalui dari pos hingga lokasi air terjun kira kira mencapai 1 kilometer. Melewati jalan setapak degan rute yang panjang dan trek yang susah memang cukup melelahkan, bagi kalian yang jarang olahraga apalagi. Tapi tenang, sejuknya suasana hutan lindung yang ada di jalanan menuju ke Air Terjun Lider ini akan menenangkan kalian kok. Tempatnya yang masih asri, bunyi bunyian hutan, serta suasananya yang sejuk bikin kalian lupa sama lamanya perjalanan.

Kondisi tubuh yang fit sangat diperlukan kalau kalian pengen berwisata ke Air Terjun Lider ini. Karena lokasinya yang nggak biasa, kalau kalian kurang fit mending ditunda dulu deh. Oh iya, kalian juga bisa membawa makanan atau minuman selama perjalanan, juga untuk di lokasi air terjun nanti. Karena di kawasan Air Terjun Lider ini nggak ada tempat makan, jangan lupa  bawa perbekalan makanan dan minuman ya. Eits, jangan membuang sampah sembarangan kalau kalian dateng kesini ya, jangan lupa bawa sampahnya balik. Air Terjun Lider masih memiliki suasana yang sangat asri, sayang banget kalo dikotori hehe.

Setibanya di Air Terjun Lider rasa capek selama perjalanan hilang seketika. Bakal jadi salah satu wisata alam favoritku di Banyuwangi sih. Yang membuat Air Terjun Lider semakin eksotis adalah adanya dinding dinding yang menghimpit air terjun ini. Jangan lupa, camera dan peralatan lainnya siap dikeluarkan kalau udah tiba di indahnya Air Terjun Lider. Nggak heran kenapa banyak yang bilang kalau Air Terjun Lider menjadi salah satu wisata alam yang cocok banget buat melepas penat atau beban karena keseharian. Yang pengen refresh otak, Air Terjun Lider adalah pilihan yang tepat!

 

Menjadi air terjun tertinggi di Banyuwangi, Air Terjun Lider memiliki ketinggian 60 meter dan 1600 meter diatas permukaan laut. Debit air yang dialirkan oeh Air Terjun Lider juga tak sedikit, deres banget. Airnyapun dari sumber gunung, jadi jangan heran ya kalau airnya seger dan jernih. Tak hanya satu, ada 4 air terjun kecil yang menambah indahnya pesona Air Terjun Lider ini. Coba deh kalau ke Banyuwangi!

Tips and Trick

  1. Pastikan kondisi kalian fit saat akan mangunjungi Air Terjun Lider
  2. Gunakan alas kaki yang nyaman dan tertutup, karena masih banyak hewan seperti lintah dll
  3. Jangan lupa bawa perbekalan makanan dan minuman
  4. Jangan buang sampah sembarangan ya..

Gallery (4)

Comments (1)