135 views | 2 Likes

Keunikan Danau Matano, Danau Terdalam se-Asia Tenggara

4 star (from 2 people)
Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Indonesia
Category: lake

Posted on 15 November 2018, 13:21:26
icha123
Tourist

Untuk menikmati keindahan Danau Matano ini kalian bisa menyewa sebuah perahu tradisional yang dikenal sebagai katinting. Selama perjalanan mengitari...

How to Get There

Indonesia ngga cuma terkenal dengan wisata pantai atau gunungnya lho guys. Indonesia juga punya ragam wisata keren yang pastinya bisa memikat wisatawan, seperti wisata danaunya. Selama ini wisatawan hanya mengenal Danau Toba sebagai danau terindah dan terdalam di Indonesia, namun ternyata bukan lho guys. Ada danau lain yang tak banyak diketahui wisatawan dan ternyata danau ini merupakan danau terdalam di Indonesia bahkan di Asia Tenggara dan pemandangannya ngga kalah keren dari Danau Toba, yaitu Danau Matano. 

Danau Matano memang tidak seterkenal Danau Toba, namun siapa sangka ternyata keindahannya mampu memikat tak hanya wisatawan lokal tapi juga wisatawan mancanegara. Lokasi danau ini berada di Sorowako Kecamatan Nuha Kabupaten Luwu Timur Provinsi Sulawesi Selatan. Untuk menuju kesana, kalian bisa naik transportasi darat ataupun udara. Dari pusat kabupaten Luwu Timur, kalian bisa naik kendaraan umum dan menuju ke dermaga penyeberangan perahu Sorowako yang merupakan dermaga penghubung transportasi danau antara Provinsi Sulawesi Selatan dan Provinsi Sulawesi Tengah. 

What to Do

Untuk menikmati keindahan Danau Matano ini kalian bisa menyewa sebuah perahu tradisional yang dikenal sebagai katinting. Selama perjalanan mengitari danau ini, aku selalu kagum dengan keindahan yang terpampang didepan mata. Disini, kalian bisa menikmati panorama alam pegunungan dan tebing batu yang ada disekeliling danau seluas 16000 hektar ini.

Sedikit info aja nih guys, Danau Matano memang dikenal sebagai danau terdalam se-Asia Tenggara karena kedalamannya mencapai 590 meter. Terlebih lagi, danau ini menempati peringkat ke 12 sebagai danau terdalam di dunia. Keren banget kan? 

Selain pemandangannya yang menawan, di dalam danau ini juga hidup berbagai spesies fauna endemik seperti udang, kepiting, ikan dan siput. Bahkan, ada jenis ikan yang bisa dibilang cukup langka dan hanya bisa hidup di dalam danau ini, yaitu ikan Buttini. Ikan buttini diberi julukan ikan purba karena warnanya yang kecokelatan dan bentuknya yang sangat mirip dengan binatang purba. Ikan ini paling digemari oleh masyarakat setempat sehingga banyak dari mereka yang menggantungkan hidupnya sebagai nelayan pemancing ikan buttini. 

Walaupun ikan ini bentuknya cukup aneh, dengan warna kecokelatan dan bola mata yang menonjol keluar, namun katanya sih rasa dagingnya gurih banget kalo dimakan. Seekor ikan ini beratnya bisa mencapai sekilo dan dijual dengan harga kisaran Rp 15.000 - Rp 25.000.

Selain tentang fauna uniknya, danau ini juga punya keunikan lainnya, yaitu adanya beberapa lubang goa yang didalamnya masih terdapat sisa peninggalan sejarah seperti tombak, parang dan berbagai alat rumah tangga yang terbuat dari besi kuningan. Tak jauh dari rumah penduduk ada sebuah goa yang dihuni kelelawar dan banyak sisa tulang belulang manusia, sehingga penduduk sekitar menyebut goa ini sebagai goa tengkorak. Katanya sih, dulunya goa ini merupakan makam saat penduduk sekitar belum mengenal agama, sehingga mayat orang yang sudah meninggal dimasukkan dalam goa tersebut. 

Untuk fasilitas di danau ini juga cukup lengkap lho guys. Ada kayak, banana boat, Jet ski, kapal pesiar, gazebo, bungalow, restoran dan taman bermain untuk anak-anak. Kalo kalian pengen berkeliling dengan menggunakan katinting, ngga ada patokan ongkos kok guys. Kalian tinggal nego aja sama pemiliknya harganya berapa.

Nah, buat kalian yang mau jalan-jalan ke Sulawesi selatan, pastikan untuk ngga melewatkan keindahan Danau Matano ini ya.

Tips and Trick

  • Jangan lupa bawa kamera untuk mengabadikan momen.
  • Jangan buang sampah sembarangan ke dalam danau.
  • Ajak sahabat dan keluarga.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman.

Video by NET. Documentary

Gallery (7)

Comments (2)