223 views | 1 Likes

Keindahan Puncak Asmoro dan Kisah Sedih di Baliknya..

4 star (from 1 people)
Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia
Category: Hiking & Trekking

Posted on 14 November 2018, 12:22:05
meliana
Tourist

keindahan yang ada di Puncak Asmoro ini memiliki kisah sedih... Berikut cerita Keindahan di balik Puncak Asmoro!!!

How to Get There

Hai guys, udah lama banget nih gue ngga share review disini. Kebetulan udah lama ngga jalan-jalan karena sibuk kerja dan minggu lalu gue baru dapet cuti buat pulang ke Banyuwangi. Selama disana, gue ngga mau kehilangan waktu buat ngapa-ngapain donk. Akhirnya, gue barengan sama kakak gue memutuskan untuk explore kota tercinta kami ini. Karena udah lumayan kangen juga, karena terakhir kali gue jalan-jalan gue explore Alas Purwo.

Menurut beberapa rekomendasi temen-temen disini, ada salah satu wisata yang lagi hype karena pemandangannya keren dan kebetulan gue juga belum pernah denger nama dari wisata ini, yaitu Puncak Asmoro. Tapi, kebetulan banget kakak gue udah familiar sama tempat ini. Katanya dia sering bersepeda disana. So, tanpa banyak omong lagi gue pun mengiyakan untuk berangkat kesana.

Dari rumah kami yang ada di pusat kota Banyuwangi, untuk menuju ke Puncak Asmoro kami menuju ke Desa Gombengsari. Setelah memasuki Desa Gombengsari, ikuti jalan sampai di pertigaan sebelum Masjid Baitur Muttaqin yang ada di kanan jalan. Lalu belok kanan lewat Kedai Kopi Lego, sebelum kemudian masuk kawasan Kebun Jati dan Perhutani. Setelah sampai di Kampung Sumber Pakem dan melewati kampung tersebut hingga tiba di Parkiran Puncak Asmoro.

puncak asmoro banyuwangi


What to Do

Bukit ini memiliki ketinggian hingga 640 mdpl dengan luas sekitar 1 hektar. Karena lokasinya yang ada di ketinggian, kalian bisa menikmati pemandangan Gunung Raung, Meranti dan Merapi yang berwarna hijau segar dan keren banget buat background foto. Selain itu, di sebelah timurnya kalian bisa menikmati Selat Bali dari ketinggian. Epik banget lah!

puncak asmoro banyuwangi

puncak asmoro banyuwangi

Puncak Asmoro ini menurut gue cocok banget buat destinasi akhir pekan karena udaranya yang sejuk dan panorama dari atas puncak sangat lah indah. Suasananya khas pegunungan dan kondisi alamnya masih alami yang dikelilingi oleh pepohonan hijau yang rindang. Untuk menikmati semua keindahan itu, kalian ngga perlu bayar biaya yang mahal lho guys. Cukup bayar Rp 2000 aja, maka kalian bisa menikmati panorama alam disini. 


puncak asmoro banyuwangi

Sedikit cerita nih guys, gue agak kepo kenapa tempat ini diberi nama Puncak Asmoro dan ternyata ada cerita sedih dibalik keindahan panorama wisata ini. Menurut cerita yang beredar di masyarakat setempat sih, katanya dulu ada sepasang kekasih yang sering datang ke puncak ini untuk menghabiskan waktu. Namun sayangnya, pasangan muda tersebut harus berpisah karena keluarga mereka ngga setuju dengan hubungan mereka. Akhirnya mereka berdua pun merelakan hubungan mereka untuk tidak dilanjutkan hingga jenjang pernikahan. Cerita ini udah beredar sejak tahun 1950an dan masyarakat setempat pun ngga ada yang tahu sampai sat ini asal usul kedua anak muda tersebut. Nah, untuk mengenang cerita dari pasangan muda tersebut, akhirnya masyarakat setempat bergotong royong untuk membangun kawasan ini menjadi objek wisata yang indah. Agak sedih ya denger ceritanya?

puncak asmoro banyuwangi

Selain menikmati panorama alam dari atas bukit, kalian juga bisa bersantai sambil ngopi atau ngemil dengan beli makanan ringan di warung kopi yang ada diatas sini. Atau kalo kalian yang suka foto-foto kalian juga bisa foto-foto di banyak spot yang udah disediakan disini. Super instragramable deh pokoknya.

puncak asmoro banyuwangi

Tips and Trick

So, guys buat kalian yang pengen kesini, gue saranin buat bawa kendaraan pribadi aja. Jangan lupa juga buat bawa kamera untuk mengabadikan moment. Karena untuk menuju keatas kalian harus sedikit trekking, kalian harus pake alas kaki yang nyaman ya. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan tempat ini.

Video by Discovery Banyuwangi

Gallery (6)

Comments (1)