163 views | 2 Likes

Pantai Parang Kursi. Ada Kursi Singgasana Nyi Roro Kidul?

4 star (from 2 people)
Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia
Category: Beach Exploring

Posted on 13 November 2018, 12:29:11
lingling
Tourist

Setelah tiba di tempat parkir Pantai Parang Kursi, saatnya melakukan trekking. Nah ini baru yang namanya traveling wkwk. Dari tempat parkir, masih...

How to Get There

Banyuwangi memiliki banyak sekali pantai yang rasanya nggak cukup sehari buat mengunjunginya. Nah berhubung ada waktu luang dan nggak mau waktunya sia sia, langsung aja capcus cari pantai yang terkenal di Banyuwangi.

Sedikit bergeser dari Pantai Pulau Merah, sayapun berencana mengunjungi Pantai Parang Kursi. Lokasinya memang masih terhitung cukup dekat kalau dari Pantai Pulau Merah. Lokasinya ada di Dusun Ringinagung 56, Kecamatan Pesanggrahan, Kabupaten Banyuwangi.

Perjalanan menuju ke Pantai Parang Kursi ini cukup mudah dilalui. Kalau berangkat dari Kabupaten Banyuwangi, kalian perlu melewati kawasan Banyuwangi – Rogojampi – Srono – Benculuk – Jajag. Dari pertigaan Jajag, ikuti papan petunjuk menuju ke Pantai Pulau Merah. Ikuti jalan aja sampe menemukan pasar Pesanggrahan, nah dari pasar Pesanggrahanikuti jalan menuju ke arah Pantai Lampon dan nantinya kalian akan menemukan banyak sekali papan penunjuk jalan menuju ke Pantai Parang Kursi. Butuh waktu sekitar 2 jam an dari pusat Kabupaten Banyuwangi untuk menuju ke Pantai Parang Kursi ini.

What to Do

Setelah tiba di tempat parkir Pantai Parang Kursi, saatnya melakukan trekking. Nah ini baru yang namanya traveling wkwk. Dari tempat parkir, masih harus jalan sekitar satu jam untuk tiba di Pantai Parang Kursi. Saatnya melewati jalan setapak yang sebenernya masih bisa dilalui sama motor. Tapi kasihan motornya karena jalannya cukup susah kalo dilalui pake motor. Ada sih orang yang sengaja pake motor tapi motornya malah mati di jalan, untungnya kami jalan kaki. Perjalanan melewati Hutan Gunung Tumpang cukup mangasyikkan.

Karena tempatnya yang cukup susah diakses, Pantai Parang Kursi masih memiliki suasana yang alam banget. Pengunjung yang datang ke Pantai Parang Kursi ini ngga sampe kerumunan gitu, jadi masih seger banget suasananya.

Pantai Parang Kursi memiliki area yang bersih, hamparan pasir putih yang lembut bikin salfok. Dari pantai, kalian bisa ngeliat ada pulau kecil di tengah laut. Rasanya libuan kali ini nggak salah pilih pantai deh. Karena Pantai Parang Kursi ini masih memiliki suasana yang alam banget.

Panasaran nggak sih darimana nama Pantai Parang Kursi dibuat? Jadi, di sekitar Pantai Parang Kursi terdapat batu karang yang besar, sekitar 15 hingga 20 meter an tingginya. Cukup tinggi ya. Mitosnya, batu karang yang berbentuk kursi atau singgasana ini merupakan salahsatu singgasana Nyi Roro Kidul lho. Entah percaya atau tidak yang jelas kalian wajib berhati hati ya kalau foto di batu karang yang tinggi ini. Karena licin dan tempatnya yang cukup tinggi, jadi awas jatuh ya hehe.

Jangan lupa, bawa camera dan siapkan outfit yang keren untuk ke Pantai Parang Kursi ini. Pemandangan yang indah dan bersih akan mendukung banget kalau kalian foto disini. Apalagi kalau foto di sekitar karang, so instagramable bro n sis. Jangan meninggalkan sampah ya kalau ke Pantai Parang Kursi ini. Karena sayang banget pantai yang cukup bersih ini dikotori

Selain menyiapkan camera, jangan lupa ajak orang tersayang buat kesini. Karena, selain Susana Pantai Parang Kursi yang asik, romantis juga menurutku haha. Jadi, nggak salah deh kalau ngajakin doi kesini. Pantai Parang Kursi juga sangat cocok buat kalian yang pengen cari tempat wisata yang sepi, buat menenangkan diri gitu. Dijamin bakal seneng deh kalo kalian kesini! Meskipun melakukan trekking yang panjang, rasa lelahnya bakal hilang kalau udah nyampe dan udah ngeliat indahnya Pantai Parang Kursi. Aku udah nyoba kesini nih, kalian kapan?

Tips and Trick

  1. Jangan lupa pake sunblock
  2. Siapkan camera dan alat dokumentasi lainnya
  3. Jangan lupa bawa air mineral biar ngga dehidrasi hehe:)

Youtube : Discovery Banyuwangi

Gallery (5)

Comments (2)