83 views | 1 Likes

Keindahan Savana Di Kawah Wurung Yang Seperti Karpet Raksasa

4 star (from 1 people)
Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia
Category: Hiking & Trekking

Posted on 13 November 2018, 11:13:15

Jalan – jalan ke banyuwangi memang tidak sah jika tak berkunjung ke kawah ijen , namun bila kita berkunjung ke kawah ijen anda juga tidak sah jika tak berkujung ke wisata baru yang letaknya dekat dengan kawah ijen yaitu kawah wurung.

How to Get There

Bagaimana cara untuk menuju ke kawah wurung ???

Dalam bahasa jawa arti “ wurung “ adalah tidak jadi , jadi kawah wurung adalah sebuah kawah yang tidak jadi dan mati. Konon katanya kawah wurung ini merupakan bagian dari kaldera kawah ijen , hal ini terlihat dari lembah yang menganga seperti kaldera. Kawasan kawah wurung ini memiliki luas 100 Ha dan termasuk dalam pengelolahan perhutani KPH Bondowoso. Oh ya ni guys kawah wurung ini berada pada ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut sehingga jika anda berada disini akan menemukan suasana yang sangat sejuk nan asri 

 

Kawah wurung ini terletak di Desa Jampit Kecamatan Sempol kabupaten Bondowoso . Kawah wurung ini berajarak 54 km dari pusat kota bondowoso dan dapat di tempub selama 2 jam dengan kondisi jalan yang mulus. Rutenya sangat gampang sekali ni guys karena masih satu arah dengan rute ke kawah ijen , namun saat memasuki perkebunan kopi Jampit anda tinggal mencari papan petunjuk ke kawah wurung di kanan jalan ni guys. Nah setelah itu ikuti saja jalan tersebut hingga sampai di kawah wurung . kondisi jalannya sudah bercor dan bagus hingga di perkampungan warga jampit. Namun setelah melewati perkampungan jalan mulai agak susah dan makadam namun tak terlalu parah , jalannya bisa di lewati oleh motor ataupun mobil hingga sampai di parkiran kawah wurung ni guys. Sesampai di parkiran kita akan dikenakan retribusi masuk sebesar Rp.5000/org dan Rp.3000/motor serta Rp.10.000/mobil.

What to Do

Lalau apa saja yang bisa kita lakukan disini ???

Setelah sampai di parkiran kita hanya tinggal jalan kaki menuju ke atas selama 5 menit untuk bisa melihat indahnya panorama kawah wurung ini  guys. Nah setelah sampai di atas bukit kita akan di suguhkan indahnya sebuah kaldera yang sangat luas dengan di selimuti oleh padang savana yang sangat eksotis. Sepanjang mata memandang anda akan di manjakan oleh beberapa gundukan - gundukan tanah vulkanis yang sudah mati dengan di hiasi oleh rerumpitan hijau serta beberapa pohon kecil yang tumbuh di sekitar bukit kecil itu guys. Saking banyaknya padang rumput disini guys membuat kawah wurung ini seperti tempat yang di selimuti oleh karpet raksasa. Pastinya membuat anda ingin tidur ataupun bersantai di area kawah wurung ini guys.

Oh ya ni guys bagi yang hobby dengan fotografi kawah wurung ini sangatlah pas untuk berburu foto keren , karena setiap sudut kawah wurung ini memiliki keindahan serta keunikan tersendiri ni guys. Oh ya ni guys karena tempat ini memiliki beberapa gundukan bukit kecil yang di selimuti oleh savana yang sangat luas , kawah wurung ini hampir sama dengan bukit teletubies yang berada di kawasan gunung Bromo. Jika cuaca sedang bersahabat disini anda akan melihat indahnya kaldera gunung ijen yang mengeluarkan asap tebalnya serta megahnya gunung Raung dari atas bukit sini guys.

Satu lagi ni guys , penduduk sekitar kawah wurung ini menjadikannya sebagai ladang ternak mereka ni guys , mungkin karena melimpahnya rerumputan serta luasnya lahan. Sehingga anda pasti akan menjumpai kuda , sapi ataupun kambing disni. Alhasil jika anda turun menuju ke kaldera tersebut seakan berasa di New zealand ni guys. Cuaca yang sangat sejuk nas asri walaupun gersang tak ada pepohonan disini akan membuat anda berlama-lama disini guys. Oh ya ni guys disini juga terdapat menara yang memiliki ketinggian 10 meter dan bisa kita naiki untuk menikmati semua area kawah wurung ini guys dari ketinggian.

 

Di kawasan kawah wurung ini anda juga bisa camping , tapi disini juga sudah disediakan fasilitas umum seperti toilet , musollah , lahan parkir yang sangat luas serta rest area. Dan ada juga ni guys beberapa warung yang berjualan makanan jadi anda jangan khawatir kelaparan saat berkunjung ke kawah wurung ini guys.


Tips and Trick

Tips dan Trick saat berkunjung ke kawah wurung :

 

  1. Pakailah baju yang bisa melindungi tubuh anda dari dinginnya suasana disini
  2. Bawa camera andalan kalian ni guys seperti smartphone , action camp ataupun kamera pintar untuk mengabadikan moment disini
  3. Datanglah saat musim kemarau karena kita akan melihat indahnya kawasan sekitar tanpa kabut yang biasanya menyelimuti kawah wurung ini guys
  4. Siapkan kendaran kalian karena ada jalur yang mungkin agak sulit untuk di lalui
  5. Jangan pernah mengotori tempat indah ini dengan sampah kalian guys agar terjaga keasriannya.

Gallery (0)

Comments (2)