104 views | 1 Likes

Pantai Tanjung Setia, Surga Tersembunyi Peselancar Dunia

5 star (from 2 people)
Lampung Barat, Lampung, Indonesia
Category: Beach Exploring

Posted on 13 November 2018, 11:09:24
Melanie
Tourist

Pantai Tanjung Setia ada di jalur arus besar Samudera Hindia sehingga membuat pantai ini berombak cukup besar. Ngga heran kalau pantai ini cukup...

How to Get There

Kalo biasanya pulau yang terkenal dengan keindahan pantainya adalah Pulau Bali. Tapi, siapa sangka kalau Lampung juga punya banyak pantai yang ngga kalah keren dari Bali? Sebagai orang Lampung, saya memang belum explore semua wisatanya karena memang keterbatasan waktu juga. So, selagi ada waktu Minggu lalu, saya sempatkan untuk jalan-jalan dan melepas penat. Beberapa waktu yang lalu, saya sempat mengulas tentang perjalanan saya di Danau Ranau. Kali ini saya mau mengulas tentang wisata pantai yang ada di Lampung dan katanya sih cukup indah, yaitu Pantai Tanjung Setia. 

Pantai Tanjung Setia bisa dibilang lokasinya cukup terpencil, untuk menuju kesini butuh waktu sekiar 5-8 jam perjalanan dari pusat kota Bandar Lampung. Kebetulan perjalanan kemarin saya perginya rame-rame bareng temen-temen SMA dulu, jadi bisa gantian nyetirnya. Jadi, meskipun perjalanan jauh dan jalanannya berupa lereng dan berliku dengan tanjakan dan turunan, kawasan ini cukup dekat dengan kawasan lindung Bukit Barisan. Pasti kalian ngga akan bosen selama perjalanan. Jalannya cukup mulus dan nyaman kok guys.

Kalo kalian bawa kendaraan pribadi, kalian bisa lewat dua rute. Rute pertama dari Pusat kota Bandar Lampung, lewat Jalan Trans Sumatera Lintas Barat lalu ke Kota Agung Tanggamus dan akan sampai di Tanjung Setia. Kalo lewat sini butuh waktu sekitar 5 jam perjalanan. Kalo rute kedua, butuh waktu lebih lama yaitu sekitar 6-7 jam perjalanan. Rute ini bisa dilalui setelah jalan Trans Sumatera Lintas Barat, kalian menuju Lampung Utara lalu menuju kota Liwa, Kota Krui dan Tanjung Setia.

Buat kalian yang dateng dari luar kota dan ga bawa kendaraan pribadi, kalian bisa naik angkutan umum. Dari terminal Rajabasa menuju pantai Tanjung Setia dengan menggunakan bus Krui Putra. Tarifnya juga bisa dibilang cukup terjangkau yaitu sekitar Rp 50.000 - Rp 60.000 per orangnya.




What to Do

Pantai Tanjung Setia ada di jalur arus besar Samudera Hindia sehingga membuat pantai ini berombak cukup besar. Ngga heran kalau pantai ini cukup terkenal diantara para peselancar, ngga cuma peselancar lokal tapi juga dari mancanegara. Biasanya mereka datang ke pantai ini saat awal dan pertengahan tahun karena ombaknya sedang berada dalam keadaan baik. Ombak disini akan mencapai ketinggian yang paling tinggi di sekitar bulan April hingga Agustus. Tapi karena kita ngga mau main selancar, jadi ngga masalah kalo kita dateng ngga pas bulan itu. Hehehe..

Kalo buat yang ngga mau berselancar gimana? Tenang aja guys, buat kalian yang ngga bisa berselancar kalian juga masih tetep bisa menikmati keindahan pantai ini karena panorama alamnya sangat memukau. Bibir dari Pantai Tanjung Setia ini cukup landai, pasirnya berwarna putih dan air lautnya jernih. Selain itu, kalian juga bisa melihat berbagai hewan laut yang ada disini dan terumbu karang yang indah dengan cara snorkeling. 

Suasana di pantai ini cukup tenang dan nyaman, soalnya masih belum banyak orang yang dateng kesini. Kebanyakan sih para peselancar yang berkunjung kesini. Karena lokasinya yang cukup jauh dari pusat kota jadi cocok banget sih buat kalian yang mencari ketenangan dan menenangkan diri dari rutinitas sehari-hari.

Kegiatan lain yang bisa kalian lakukan disini adalah bermain voli pantai atau buat kalian yang pengen belajar berselancar, kalian bisa sewa jasa guide untuk ngajarin kalian berselancar. Kalian juga bisa berenang di pantai ini, tapi saya sarankan untuk tetap berhati-hati mengingat ombaknya yang cukup besar, jadi pastikan kalian bisa renang agar ngga terseret arus. Ohya, pemandangan sunset di pantai ini juga ngga kalah keren lho guys. Jadi pastikan kalian tidak melewatkannya ya.

Video by Lampung TV

Tips and Trick

Tertarik mengunjungi Pantai Tanjung Setia? Berikut saya ada beberapa tips yang perlu di perhatikan:

  • Karena perjalanan yang cukup jauh, saya sarankan untuk menginap semalam disini atau camping.
  • Bawa perlengkapan mandi.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman dan baju yang nyaman.
  • Pakai kacamata hitam, topi dan krim matahari.
  • Bawa bekal makanan dan minuman ringan.
  • Jangan buang sampah sembarangan.Pant
  • Bawa kamera anti air.

Gallery (6)

Comments (1)