179 views | 1 Likes

Menikmati Indahnya Panorama Sunrise di Danau Tamblingan,

4 star (from 1 people)
Buleleng, Bali, Indonesia
Category: City Trip

Posted on 08 November 2018, 13:27:14
Farah
Sightseeing

Sengaja dateng pagi hari karena pengen menikmati segernya suasana pagi di Danau Tamblingan. Yang sering diburu oleh pengunjung di danau ini adalah...

How to Get There

Kalau di Bali, kalian biasanya liburan kemana? Kalau pantai, tentu udah jadi sasaran wisata utama ya kayaknya. Kali ini gue bakal mengunjungi danau, danau yang anti mainstream pula tentunya. Pengen suasana yang beda aja hihi.

Udah pada pernah denger nama Danau Tamblingan? Danau yang cukup cantik nan kekinian di Bali ini memiliki pemandangan alam dan suasana yang luar biasa. Itulah mengapa saya pengen nyobain ke danau yang satu ini.

Alamat dari Danau Tamblingan ada di daerah Buleleng Bali. Seperti biasa, gue pake asisten andalan gue buat menuju ke Danau Tamblingan ini. Asisten google maps hihi. Udah dijamin aman dan nggak nyasar dah.

Youtube - Rudolf Samuel

What to Do

Sengaja dateng pagi hari karena pengen menikmati segernya suasana pagi di Danau Tamblingan. Yang sering diburu oleh pengunjung di danau ini adalah suasana sunsetnya. Suasananya nggak bisa diragukan lagi, keren! Nggak heran kalau banyak yang tertarik sama wisata alam Danau Tamblingan.

Hal asyik yang bisa dilakukan di kawasan Danau Tamblingan adalah naik perahu. Iya, kalau kalian pengen menikmati indahnya danau serta keliling danau. Perahu yang digunakan adalah perahu kecil milih warga setempat. Guepun nggak mau ketingalan momen buat nyobain. Oh iya, perahu yang digunakan untuk mengelilingi Danau Tamblingan biasa disebut pedahu oleh warga setempat. Bentuk perahunya hampir mirip sampan dan banyak digunakan penduduk sekitar untuk nangkep ikan. Untuk perahu motor, sengaja nggak disediakan demi menjaga kealamian Danau Tamblingan.

Danau Tamblingan memiliki keunikan tersendiri. Selain dikelilingi dengan 4 desa di pinggiran danau, juga terdapat banyak pura disini. Ada sekitar 11 pura yang ada di kawasan Danau Tamblingan ini. Bahkan ada 2 pura yang terkenal yakni Pura Embang dan Pura Tukang Timbang yang kental banget sejarahnya, 2 pura tersebut adalah pura peninggalan hindu dan dibangun sebelum abad 10 masehi.

Pura lain yang ada di sekitar Danau Tamblingan adalah Pura Dalem Tamblingan, Pura Endek, Pura Ulun Danu, Pura Sang Hyang Kanin, Pura Sang Hyang Kawuh, Pura Gubugm Pura Naga Loka, Pura Tirta Mengening, Pengukusan, Pura Batulepang, Pura Pengukiran, dan masih banyak lagi.

Menurut masyarakat yang ada di kawasan Danau Tamblingan ini, kawasan Danau Tamblingan terkesan magis dan angker karena Danau Tamblingan menyimpan sisi spiritual. Pengelola setempat juga memutuskan bahwa selain diguankan sebagai tempat wisata, Danau Tamblingan ini juga digunakan sebagai tujuan wisata spiritual, budaya, dan sejarah. Cukup menarik bukan?

Pengelola Danau Tamblingan sengaja membuat lokasi wisata Danau Tamblingan tidak didesain modern, guna melestarikan suasana alam di kawasan danau ini. Pohon pohon yang ada di sekitar Danau Tamblingan juga ngga pernah ditebang demi kepentingan wisata, tetep seger dan apa adanya. Cocok banget deh mampir ke Danau Tamblingan kalau lagi di Bali.

Meskipun Danau Tamblingan termasuk danau kecil jika dibandingkan dengan Danau Buyan dan Danau Bratan, tapi keindahan alamnya udah nggak perlu diragukan lagi. Saking indahnya suasana di Danau Tamblingan, banyak yang memilih Danau Tamblingan ini sebagai lokasi foto prewedding hingga foto model lainnya. Kalian yang berwisata kesini jangan lupa siapin camera ya guys. Kalo gue mah udah ngga ada henti hentinya foto di kawasan Danau Tamblingan yang cantik ini.

Karena Danau Tamblingan masih alami sebagai wisata alam, jangan heran kalau kalian banyak menemui hewan kera di kawasan danau ini. Asik kan? Agendakan liburanmu kesini yuk!

Tips and Trick

  1. Jangan lupa bawa alat dokumentasi
  2. Bestview Danau Tamblingan adalah pagi dan sore hari
  3. Bawa drone juga keren
  4. Patuhi aturan yang ada di kawasan danau ini ya

Gallery (5)

Comments (1)