201 views | 2 Likes

Wisata Air Mancur Sri Baduga, Terbesar Se-Asia Tenggara?

4 star (from 2 people)
Purwakarta, Jawa Barat, Indonesia
Category: Theme Park

Posted on 08 November 2018, 13:05:20
bozerwin
Sightseeing

Di Indonesia ada lho Wisata Air Mancur Terbesar se Asia Tenggara!

How to Get There

Keluar sejenak dari rutinitas, kebetulan sebulan ini gue lagi ada tugas di Purwakarta. Selama ada disini, gue pengen banget buat sempetin jalan-jalan dan menjelejah ada wisata apa aja yang keren disini. Tapi karena waktu yang ngga memungkinkan, gue jadi belom bisa pergi ke lokasi yang terlalu jauh dari pusat kota. Lalu, setelah gue searching tentang wisata apa aja yang ada di dalam kota Purwakarta, gue pun nemuin Air Mancur Sri Baduga.

Air Mancur Sri Baduga ini sering disebut Taman Air Sri Baduga dan dikenal sebagai yang terbesar di Asia Tenggara. Jadi katanya lebih keren daripada Wings Of Time yang ada di Singapura. Untuk mencapai Air Mancur Sri Baduga, kalian yang berasal dari Jakarta bisa lewat Tol Jakarta - Cikampek, lalu menuju Tol Cipularang dan keluar di pintu Tol Jatiluhur melalui Jalan Ciganea, Jalan Basuki Rahmat. Nah, Taman Air Sri Baduga ini ada di Jalan Siliwangi dan Jalan K.K Singawinata. 

What to Do

Kawasan ini dulunya dikenal dengan nama Taman Situ Buleud dimana biasanya warga sekitar menggunakan taman ini untuk olahraga pagi ataupun nongkrong santai. Sekarang, taman ini menjadi lokasi air mancur dengan bentuk dan tampilannya sangat mirip dengan air mancur yang ada di Danau Burj Khalifa, Dubai. Tapi, kalian jangan harapkan lampu-lampunya akan sebanyak disana ya. 

Taman Air Mancur Sri Baduga ini punya sekitar 100 pipa yang berfungsi untuk memancarkan air hingga mencapai ketinggian 10 meter. Pipa-pipa ini mengelilingi dan memenuhi area taman air yang luasnya mencapai 2 hektar ini. Disekitar taman ini, ada banyak sekali kerlap-kerlip lampu dan juga paduan warna yang menarik. Ditambah lagi ada musik yang akan membuat pertunjukan air mancur ini menjadi semakin spesial. Padahal, konon dulunya tempat ini merupakan kubangan yang merupakan tempat mandi Badak. Jadi, ngga usah heran kalo kalian ngelihat patung badak dipertigaan depan Taman Air Mancur Sri Baduga.

Kebetulan aku datengnya pas agak sore dan pertunjukan air mancur baru mulai sekitar jam 19.30, jadinya gue santai bentar. Taman ini kalo sore biasanya dipake buat olahraga, soalnya kemaren gue lihat banyak banget orang yang jogging sore, senam dan bermain sepak bola. Karena gue ngga prepare buat olahraga, gue pun mutusin buat foto-foto aja.

Saat hari mulai malam dan jam menunjukkan pukul 19.30, dimulailah pertunjukan air mancur ini. Warga sekitar pun banyak yang langsung berdatangan, karena memang untuk menonton pertunjukan ini pengunjung tidak dikenakan biaya sama sekali. Untungnya gue udah ada disini sejak sore, jadinya gue bisa dapet tempat yang pewe buat nonton air mancur menari ini. Dan bener banget guys, ini keren! Sumpah deh gue ngga boong. Gue bener-bener menikmati siraman cahaya sinar laser warna-warni yang menawan, alunan musik yang harmonis, semburan dan permainan gerak air setinggi sekitar enam meter tertata dalam jeda waktu yang pas. Gue bener-bener berasa ngga lagi di Purwakarta, berasa nonton dancing fountain yang ada di luar negeri gitu. It was magical! Kalian harus kesini dan nonton langsung.


Fasilitas di teman ini juga cukup lengkap lho guys, seperti tempat parkir yang luas, mushola dan toilet umum yang bersih. Lalu juga ada jalur khusus buat kalian yang mau bersepeda dan jogging di area ini. Buat kalian yang suka jajan, di sekitar taman ini banyak banget bisa kalian temukan penjual makanan yang bisa kalian beli. 

Seru banget kan? Yuk buruan dateng ke Purwakarta dan saksikan pertunjukan Air Mancur Menari di Taman Sri Baduga ini. 

Video by Purwakarta Galuh Pakuan TV

Tips and Trick

  • Jawal untuk pertunjukan Air mancur menari ini setiap hari Sabtu mulai pukul 19.30 sampai 22.30. 
  • Taman ini buka setiap hari mulai jam 06.00 - 09.00. Kalo malam atau sore hari, taman ini buka mulai jam 16.00 - 20.00.
  • Karena ini pertunjukan gratis, gue saranin kalian buat dateng agak sore, jadi bisa dapet tempat yang enak untuk menikmati pertunjukan ini.
  • Jangan lupa bawa kamera.
  • Jaga kebersihan.

 

Gallery (6)

Comments (2)