228 views | 1 Likes

Curug Jenggala, Surga Tersembunyi di Baturaden

3 star (from 1 people)
Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia
Category: Waterfall

Posted on 07 November 2018, 13:41:45
tedy
Tourist

Karcis masuk menuju ke Curug Jenggala tidak dibandrol dengan harga yang mahal, hanya dengan 5000 rupiah saja pengunjung udah bisa menikmati indahnya...

How to Get There

Banyumas, kabupaten yang mungkin nggak banyak orang tau kalau tempat ini menyimpan cukup banyak tempat wisata. Karena weekend kemaren nggak ada kegiatan, akupun langsung cari cari tempat wisata di daerah Banyumas. Sengaja cari yang deket karena cukup males kalau perjalanan jauh. Setelah beberapa waktu nyari, akhirnya nemu salahsatu tempat wisata air terjun di Banyumas ini. Namanya adalah Curug Jenggala. Mungkin bagi beberapa orang luar kota bakal asing sama curug yang satu ini karena tempatnya yang terhitung cukup baru juga, tapi keindahannya udah nggak bisa diragukan lagi sih.

Alamatnya ada di Dusun Kalipagu, Kelurahan Ketenger, Kecamatan Baturaden, Banyumas, Jawa Tengah. Buat kalain yang nggak tau, Curug Jenggala masih satu kawasan sama lahan perhutani KPH Banyumas Timur yang tentunya nggak jauh dari Kebun Raya Baturaden. Dikelilingi sam atempat wisata lain jga kan? Nggak salah deh milih wisata ke Curug Jenggala kali ini.

Aksesnya mudah atau susah? Akses menuju ke Curug Jenggala ini bisa dibilang cukup mudah, kalian bisa menggunakan google maps. Nah jika kalian datang dari arah Purwokerto, kalian bisa mengikuti jalan menuju ke Taman Wisata Baturaden. Tenang, banyak penunjuk jalan yang akan membantu perjalanan kalian kok.

Kalau udah tiba di Baturaden, kalian bisa menuju kea rah Curug Bayan dan nanti di sebelah homestay kalian akan menemukan penunjuk jalan menuju kea rah Curug Jenggala. Iya, jalannya cukup sempit emang hihi. Dari tempat parkir, pengunjung masih perlu berjalan sekitar 500 meter untuk tiba di Curug Jenggala.

Youtube : ALC27

What to Do

Karcis masuk menuju ke Curug Jenggala tidak dibandrol dengan harga yang mahal, hanya dengan 5000 rupiah saja pengunjung udah bisa menikmati indahnya curug ini. Oh iya, akses wisata Curug Jenggala ini dibuka pukul 8 pagi dan tutup pada jam 6 sore ya. Paling enak emang dateng pagi pagi. Tapi karena kali ini aku agak kesiangan, jadi ya gapapa deh terlanjur wkwk.

Curug Jenggala, banyak juga yang menyebutnya dengan julukan surga tersembunyi, tentu saja karena Curug Jenggala ini memiliki pemandangan yang cantik. Lelahnya perjalanan melewati jalan setapak langsung hilang seketika setelah ngeliat indahnya Curug Jenggala. Meskipun termasuk wisata baru di baturaden, Curug Jenggala memiliki pemandangan yang asri dan alami.

Jangan lupa, siapkan camera kalian untuk dibawa ke Curug Jenggala ini ya. Karena akan sangat sayang kalo kalian melewatkan indahnya Curug Jenggala, abadikan momen bareng keluarga dan orang tersayang juga!

Asal usul Curug Jenggala ini cukup unik. Pada awalnya, Curug Jenggala ini memiliki nama atau sebutan Cruug Tempuan. Kenapa kok diamai Curug Tempuan? Karena, lokasi Curug Jenggala ini berada di titik pertemuan antara beberapa sungai yang menjadi satu. Terus kini nama barunya adalah Curug Jenggala. Menurut warga setempat, Jenggala memiliki arti Ksatria Piningit atau Ksatria Utama. Wah, unik juga ya! Yang unik lagi adalah, Curug Jenggala ini memiliki 3 aliran air terjun dengan ketinggian yang sama, sejajar gitu, tapi yang paling lebar yang tengah.

Oh iya, Curug Jenggala ini diapit oleh 2 bukit yang kalau diganbungkan dari masing masing namanya memiliki arti yaitu air surga. Sungai yang memiliki titik temu di Curug Jenggala ini adalah Sungai banjaran dan Sungai Mertelu. Dan ditengah pertemuan kedua sungai itu terdapat situs bernama ‘Batur Semendeh’. Jangan lupa mampir kalau ke Baturaden!

Tips and Trick

  1. Jangan lupa bawa camera atau alat dokumentasi lainnya
  2. Kalau mau main air, jangan lupa bawa baju ganti ya
  3. Berhati hatilah saat trekking

Gallery (5)

Comments (1)