361 views | 2 Likes

Rasakan Segarnya Berenang di Wisata Bah Air Sampuran

4 star (from 2 people)
Pematang Siantar, Sumatera Utara, Indonesia
Category: Waterfall

Posted on 07 November 2018, 13:00:50
luna
Sightseeing

Berenang di wisata Bah Air Sampuran, yang memiliki air segar, dan jernih...Tempat yang satu ini membuat pikiran fresh dan pastinya pas untuk menenangkan pikiran dari keramaian kota.

How to Get There

Kembali ke Medan berarti kembali ke rutinitas biasanya. Setelah kemarinnya sempet liburan ke Batam dan mengunjungi salah satu tempat wisata bersejarahnya, yaitu Kampung Vietnam, gue kali ini mau jalan-jalan lagi tapi yang ngga jauh-jauh banget dari rumah. Masih sekitaran Medan aja sih guys. Sebenernya, gue kemarin punya beberapa tempat wisata Batam yang belum gue tulis ulasannya disini, tapi mungkin next time karena sekarang gue lagi pengen share pengalaman jalan-jalan di Wisata Bah Air.

Minggu lalu beberapa temen ngajakin buat berenang karena memang cuaca akhir-akhir ini panas banget. Gue pun mengiyakan ajakan mereka dan ternyata mereka ngajakin gue buat berenang di Wisata Bah Air ini. Woww, gue sendiri belum pernah kesini and it will be my very first time.

Anyway, Minggu pagi kami berempat langsung berangkat menuju Wisata Bah Air Sampuran di Desa Tiga Balata, Kabupaten Simalungun. Perjalanan menuju kesini membutuhkan waktu sekitar 5 jam dari Medan atau 30 menit dari kota Pematang Siantar. Dari Medan kalian tinggal menuju ke Pematang Siantar, lalu menuju Sampuran Mual Dibalata hingga tiba di Desa Tiga Balata. Kalo kalian udah memasuki perkebunan sawit, nah di sebelah kiri ada jalan untuk menuju ke lokasi.

What to Do

Memasuki kawasan ini pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 5000 per orang dimana ini murah banget dan bener-bener worth dengan pemandangan yang akan kalian dapat disana. Wisata Bah Air Sampuran ini merupakan pemandian kolam alami yang sangat jernih dan indah. Saking jernihnya sumber air disini banyak masyarakat setempat yang menyebutnya sebagai “Aqua”. 

wisata bah air sampuran

Sampuran di daerah Simalungun ini dulunya identik dengan air terjun. Katanya sih, dulunya disepanjang bebatuan sekitar sini mengeluarkan air yang sangat jernih, lalu pemerintah membangun tembok dimana air tersebut dialirkan ke Kota Pematang Siantar untuk memenuhi kebutuhan air warganya. Meskipun awalnya tempat ini merupakan aliran sungai biasa, namun lama-lama banyak juga pengunjung yang tertarik untuk datang.

Video by Melisa Simaremare

Pemandian sepanjang 20 meter ini bener-bener asri lho guys. Ngga cuma karena airnya yang jernih, tapi juga pemandangan disekitarnya ngga kalah cantik. Kolam alami ini dikelilingi oleh rimbunnya pepohonan yang teduh dan asri. Pas sampe sini, rasanya gue langsung pengen nyebur ke kolamnya. Dan ngga perlu nunggu lama lagi, gue ganti baju renang dan langsung nyebur.

wisata bah air sampuran

Berenang di kolam alami ini memang rasanya beda ya guys dibandingkan dengan kolam buatan. Air disini dingin dan seger banget pas kena dibadan. Rasanya adem dan sejuk. Paling penting sih ngga bikin perih di mata. Beda banget kalo sama berenang di kolam renang buatan yang airnya bisa bikin perih. 

wisata di pematang siantar

Lelah berenang, gue pun menuju ke salah satu warung penjual makanan buat beli indomie goreng. Kalo abis berenang memang bikin laper ya guys, tapi kalian ngga usah khawatir karena disini udah banyak warung penjual makanan dan minuman. Tapi kalo kalian mau bawa bekal sendiri dari rumah juga boleh banget. 

Setelah kenyang menikmati indomie goreng dan teh panas ini, gue dan temen-temen pun lanjut berenang lagi sampe sore. Gimana? Seru banget kan? Jangan lupa buat sempetin dateng kesini ya guys kalo mau jalan-jalan ke Sumatera Utara.

Tips and Trick

  • Jangan lupa bawa baju ganti dan perlengkapan mandi.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman.
  • Bawa bekal seperti makanan dan minuman ringan.
  • Bawa action cam buat foto-foto underwater.
  • Jaga kebersihan lokasi ini.

Gallery (3)

Comments (2)