4 star (from 1 people)
75 views | 1 Likes
Terpesona Oleh Keindahan Hutan Mangrove Kulon Progo, Bikin Baper!
Kulon Progo, Yogyakarta, Indonesia
Category: Mangrove


Posted on 06 November 2018, 10:38:47
nur
Sightseeing
Location on Google Maps
Wisata Alam Mangrove Jembatan Api-Api
Pasir Mendit, Jangkaran, Temon, Kulon Progo Regency, Special Region of Yogyakarta 55654, Indonesia
How to Get There

Jogja memang sangat istimewa ya guys! Sejak dulu hingga saat ini Jogja kerap menawarkan banyak sekali pilihan wisata yang indah. Tak heran jika kota ini sangat terkenal ngga cuma dikalangan wisatawan lokal tapi juga wisatawan mancanegara. Mulai dari Wisata alam seperti pantai, gunung, wisata kuliner hingga wisata budaya dan sejarah semua ada disini. 

Setelah bebeapa waktu yang lalu aku udah bahas soal beberapa wisata yang ada di Gunung Kidul yang mostly kebanyakan adalah pantai, seperti Pantai Nguluran, Pantai Ngobaran dan Pantai Indrayanti. Nah, weekend kemarin aku sempet pergi ke salah satu kabupaten yang ngga kalah keren wisatanya, yaitu Kulon Progo. Sebenernya, ada banyak sekali wisata yang bisa kalian kunjungi kalau dateng ke Kulon Progo, tapi kali ini aku mau bahas soal Wisata Mangrove atau Hutan Bakau yang ada di Kabupaten kecil ini.

Mangrove ini berada di dekat Pantai Congot atau tepatnya di Dusun Pasir Mendit Desa Jangkaran Kecamatan Temon, Kulon Progo. Posisi dari hutan bakau ini pas ada di sebelah barat Sungai Bogowonto. Kalo kalian dateng dari pusat kota Jogja, arahkan kendaraan kalian menuju Wates hingga tiba di pertigaan patung kuda, kemudian ambil kiri menuju arah Purworejo. Lurus terus sampai terminal Wates lalu terus ke barat sampai ada pertigaan kemudian belok kiri lewat jembatan terus belok kiri. Dari situ kalian akan lihat banyak petunjuk jalan yang bisa kalian ikuti sampai ke Hutan Mangrove.




What to Do

Setelah sampai disana, buat kalian yang bawa motor kalian bisa parkir motor kalian dengan membayar sebesar Rp 2000 per motor. Tapi kalo kalian bawa mobil, biaya parkir yang dikenakan sebesar Rp 5000. Tiket masuknya pun bisa dibilang cukup terjangkau guys, yaitu cuma Rp 3000 aja per orangnya, dimana uang tersebut akan digunakan untuk pengembangan tempat ini agar jadi lebih baik lagi. 

Hutan Mangrove ini menyajikan suasana pinggir pantai dengan berbagai pohon bakau yang akarnya terlihat keluar. Ngga cuma itu lho guys, disini ada sebuah dermaga yang dibuat sedemikian rupa untuk bisa dilewati oleh wisatawan sambil menikmati semilir angin dari hutan bakau tersebut. Tapi, kalian tetep harus hati-hati ya guys kalo ngelewati dermaga kayu ini soalnya ngga ada pegangannya.

Konon, awalnya penanaman pohon bakau di lokasi ini ada bertujuan untuk penelitian mahasiswa dari sebuah kampus, namun lama-lama pohon bakau disini menjadi objek wisata yang semakin berkembang dan banyak peminatnya. Hijaunya hutan mangrove ini membentang di aliran Sungai Bogowonto dan anak Sungai Bogowonto, dimana diantaranya ada sebuah jembatan yang bernama Jembatan Api-api. Diberi nama api-api bukan karena ada apinya lho guys, melainkan merujuk pada jenis bakau yang ada di kawasan ini yaitu Avicennia Germinans atau dikenal juga dengan jenis api-api. Jembatan ini dulunya digunakan sebagai sarana para pencari udang, namun sekarang jembatan ini menjadi spot foto yang ikonik dan cukup instgramable. 

Selain berfoto diatas Jembatan api-api, kawasan Hutan Bakau ini juga punya beberapa spot foto lainnya yang ngga kalah instagramable, seperti dermaga berbentuk hati ini. Ngga cuma itu, kalian juga bisa menyusuri Sungai Bogowonto ini dengan menggunakan perahu. Dengan membayar sebesar Rp 5000 per orang, maka kalian udah bisa jalan-jalan berkeliling naik perahu di sungai ini sambil menikmati indahnya hutan bakau.

Bikin baper kan ya? Makanya kalo kesini, jangan lupa ajak pasangan ya!




Tips and Trick
  • Waktu yang tepat untuk menikmati mangrove ini adalah pagi hari atau sore hari karena ngga terlalu panas.
  • Jangan lupa gunakan sunblock, topi dan kacamata hitam.
  • Bawa kamera yang bagus.
  • Jaga kebersihan tempat ini.

Video by NET. BIRO YOGYAKARTA

Gallery (7)
Comments (1)