4 star (from 2 people)
351 views | 2 Likes
Uji Nyalimu di Situ Gunung Suspension Bridge. Jembatan Terpanjang di Indonesia?
Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia
Category: Hiking & Trekking


Posted on 05 November 2018, 13:37:52
aruby
Sightseeing
Location on Google Maps
Suspension Bridge
Gede Pangrango, Kadudampit, Sukabumi, West Java 43153, Indonesia
How to Get There

Hampir sama dengan Bogor, Sukabumi merupakan salah satu kabupaten yang memiliki banyak air terjun atau curug. Setelah berbagi tentang pengalaman jalan-jalan ke Curug Sodong dan Curug Awang, aku mau share tentang perjalanan ku di Sukabumi beberapa bulan sebelumnya yang mengunjungi salah satu wisata yang lagi hype di Jawa Barat dan lagi banyak dibahas di Media sosial Instagram, yaitu Situ Gunung Suspension Bridge yang lokasinya masih ada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Akses menuju ke jembatan ini cukup mudah karena lokasinya ada di situ gunung. Dari Jalan Raya Sukaraja - Sukabumi, kalian akan melewati Polsek Cisaat yang ada di sebelah kiri jalan utama tersebut. Dari Polsek Cisaat tadi, kalian tinggal lurus aja ke arah kota.

What to Do

Memasuki kawasan jembatan ini, pengunjung dikenakan biaya tiket sebesar Rp 50.000 per orang dewasa dan untuk anak-anak biaya yang dikenakan sebesar Rp 25.000. Untuk kalian yang warga Cisaat, katanya sih akan ada diskon khusus lagi dengan menunjukkan ktp. Anyway, harga yang berlaku ini pas soft opening kemarin di sekitar bulan Juni 2018. Dan saat ini jembatan ini masih belum beroperasi lagi hingga bulan Desember 2018. Jadi, buat kalian yang kepo banget sama jembatan ini, kalian sabar aja ya nungguin sampe jembatan ini bener-bener bisa diakses untuk umum.

Suspension Bridge atau yang sering dikenal sebagai Jembatan Gantung Situ Gunung ini merupakan jembatan gantung terpanjang di Jawa Barat bahkan terpanjang di Indonesia lho guys. Jembatan yang menghubungkan area Situ Gunung dan area Curug Sawer ini sempat viral beberapa waktu yang lalu di Instagram kare baru selesai pembuatannya. Karena kebetulan Juni lalu aku pas ada di Bogor, aku pun memutuskan untuk mengunjunginya. Dan ternyata banyak sekali warga sekitar yang ingin mencoba melintasi jembatan sepanjang 250 meter ini.

Pemandangan yang luar biasa pastinya menjadi daya tarik yang sangat kuat bagi para traveler ataupun kalian yang suka huntung foto. Ditambah lagi udaranya yang sejuk khas pegunungan akan membuat kalian merasa semakin nyaman berada disini. Jembatan yang menggantung setinggi 150 meter dengan lebar jembatan 2 meter ini menawarkan pemandangan yang pastinya tidak mengecewakan, seperti hijaunya pepohonan yang teduh dan asri.

Meskipun pemandangannya keren banget, tapi berjalan diatas jembatan ini juga cukup memacu adrenalin lho guys. Pasalnya, saat kalian melintasi jembatan ini kalian akan terasa bergoyang dan tentunya ketinggiannya cukup menguji nyali. Tapi kalian ngga usah khawatir guys, karena kontruksi jembatan ini cukup kuat. Dengan menggunakan pijakan yang terbuat dari kayu ulin yang berasal dari Papua kemudian ditempel pada bentangan tali wayer sling dan disanggah dengan tiang pancang baja dan tertancap diatas permukaan tanah. Demi keamanan, biasanya petugas membatasi jumlah kapasitas orang yang boleh melewatinya. Jadi, harus sabar ya guys.

Fasilitas disini bisa dibilang cukup lengkap, seperti tempat parkir, mushola, toilet dan warung makan. Selain itu, disini juga ada sejumlah kegiatan outbound yang bisa kalian lakukan, seperti flying fox, perahu sampan dan juga camping ground.

So, catat di kalender kalian ya guys Bulan Desember kalian udah bisa dateng ke jembatan instagramable ini.

Video by Sahabat Eko

Tips and Trick
  • Buat kalian yang phobia ketinggian, aku saranin buat ngga usah nyobain ke jembatan ini. Daripada nanti malah ketakutan.
  • Siapkan kamera yang oke untuk foto-foto.
  • Buat kalian yang dateng bawa anak kecil, harap mendampingi mereka terus ya.
  • Jangan rusak jembatan ini.
  • Jangan buang sampah sembarangan.
Gallery (6)
Comments (2)