Indahnya Berburu Sunrise di Gunung Batur Bali

gunung batur bali

helgachrist | Tourist
Bangli, Bali, Indonesia | Hiking & Trekking
26 Aug 2019


Indahnya Berburu Sunrise di Gunung Batur Bali
Salah satu sunrise point di Bali yang menjadi favorit wisatawan adalah gunung batur

How to Get There

Gunung batur salah satu gunung aktif yang terletak di Kabupaten Bangli, Bali. Untuk bisa sampai ke gunung batur ini kamu bisa menyewa motor atau mobil. Dari daerah Kuta untuk bisa sampai ke titik memucak dari pura pasar agung ini membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Untuk lahan parkir motor atau pun mobil sudah tersedia di pos pendakian gunung batur

 gunung batur bali


What to Do

Dari atas gunung batur dengan ketinggian 1717 MDPL ini kamu bisa melihat pemandangan indah matahari terbit yang mengarah ke danau batur serta gunung agung juga yang menjadi latar belakang sunrise yang indah dan sekitarnya. Setiap paginya akan ada puluhan bahkan ratusan orang yang naik ke atas gunung batur untuk menyaksikan indahnya ciptaan Tuhan ini.

Penanjakan dimulai dari pos pura pasar agung, kamu bisa melakukan terlebih dahulu di posnya. Untuk kamu yang memang belum pernah menaiki gunung batur tenang saja karena disini tersedia banyak jasa pemandu yang siap mendapingi kamu.

kamu bisa memulai pendakian dari jam 4 subuh dan akan sampai ke puncak dengan estimasi waktu 2 jam tergantung dengan kondisi kamu. Oh iya disini juga terdapat banyak warung baik di bawah atau pun satu pun yang berada di tengah area penanjakan jadi jangan takut kehabisan air atau kelaparan.

Diatas gunung batur ini terdapat sebuah tepat peristirahatan, nah disinilah biasanya para pendaki berhenti untuk menyaksikan pemandangan indah sunrise dari atas gunung.

Di tengah tengah jalur pendakiannya kamu juga akan bisa melihat bekas bekas dari erupsi berupa batu batu purba yang ada disini, ini juga sering menjadi latar belakang untuk prewed seperti prewednya putri titian.

gunung batur bali

Medan untuk mendaki gunung ini adalah berpasir dan berbatu sehingga untuk turunannya memang cukup rawan longsor. Dari atas juga ada banyak monyet muncul ketika matahari mulai muncul jadi perhatikan barang bawaan kamu. 

Tips and Trick

Untuk mendaki gunung batur bawalah peralatan mendaki seperti senter, air minum, sepatu trekking, hingga baju yang hangat karena cuaca disini cukup dingin

gunung batur bali


Where to Stay
Sebetulnya untuk menjelajah gunung batur ini bisa kamu lakukan pulang pergi tanpa menginap seperti yang saya lakukan dari Nusa Dua. Tapi jika kamu ingin memilih menginap ada beberapa pilihan yaitu menginap di homestay yang berada di daerah kintamni agar lebih dekat, atau ada juga yang mendirikan tenda untuk camping disini
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY