157 views | 1 Likes

Taman Bunga Sakura Cibodas: Menikmati Sakura kini Ngga Perlu Jauh-Jauh ke Jepang

4 star (from 1 people)
Cianjur, Jawa Barat, Indonesia
Category: Garden

Posted on 02 November 2018, 11:53:38
sandal
Tourist

Kebun Raya Cibodas udah dikenal sejak lama sebagai wisata yang keren karena lokasinya ada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Sebelum...

How to Get There

Selain Bogor, Cianjur emang punya beberapa alternatif wisata yang ngga boleh kalian lewatkan kalo lagi berkunjung ke Jawa Barat. Beberapa bulan lalu, aku sempet jalan-jalan Taman Sakura yang lokasinya ada di Kebun Raya Cibodas atau dikenal dengan Cibodas Botanical Garden. Kebun ini memang dikenal memiliki pemandangan alam yang mampu menyihir siapapun yang datang berkunjung.

Buat kalian yang mau kesini, kalian bisa naik KRL menuju Bogor lalu dilanjutkan dengan naik hijau angkot menuju Terminal Baranangsiang. Dari terminal Baranangsiang, kemudian naik angkot ke arah Cianjur dan turun di perempatan Cibodas dan turun di dekat jalan masuk ke Taman Bunga Sakura Kebun Cibodas.




What to Do

Kebun Raya Cibodas udah dikenal sejak lama sebagai wisata yang keren karena lokasinya ada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Sebelum masuk, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 9500 per orang. Bisa dibilang harga ini cukup terjangkau untuk semua kalangan. Murah banget kan buat menikmati bunga sakura?

Di kebun raya ini, ada puluhan pohon bunga sakura yang hidup di Taman Sakura dimana bunga-bunga ini hanya mekar dua kali dalam setahun, yaitu skeitar bulan Januari - Februari dan Juli - Agustus. Sementara kalo di Jepang kita tahu, Sakura hanya mekar sekali dalam setahun yaitu pada musim semi yang jatuh sekitar bulan April. Suhu di Kebun Raya Cibodas ini memang sejuk dan cenderung dingin yang khas pegunungan, hal ini yang membuat Bunga Sakura bisa tumbuh subur di taman ini.

Biasanya, bunga Sakura yang mekar bisa bertahan sekitar 4 hari dengan masa tumbuh dari kuncup hingga gugur bunga adalah sekitar seminggu. Kelopak bunga ini cantik banget karena bentuk dan warnanya pink yang indah. Bunga-bunga Sakura yang ada di taman ini diklaim dibawa langsung dari pegunungan Himalaya pada tahun 1953 silam. Jenis bunga Sakuranya pun beragam, seperti Prunus Cerasoides, Prunus Yedoensis, Prunus Lannesiana, Prunus sp, Prunus Arborea dan Prunus Costata. 

Suasananya yang sejuk dan adem ini membuat pengunjung merasakan seolah-oleh sedang berada di Jepang, apalagi kalo pas ada di tengah-tengah bunga Sakura yang cantik ini. Bikin betah berlama-lama pokoknya. Apalagi, taman ini luas banget, jadi cocok banget buta kalian yang mau berwisata bareng keluarga dan bawa anak kecil, jadi bebas bermain disini. Terlebih lagi, wisata ini udah tertata rapi dan lebih indah dimana di dasar lembah ada sebuah sungai kecil dengan air mengalir yang berasal dari pegunungan dan sangat jernih. Di sisi dan badan sungai ada sebuah batu alam yang membentuk jeram-jeram serta air terjun yang ngga kalah indah.

Cara menikmati keindahan bunga Sakura disini adalah dengan bersantai di bawah pohonnya atau kalian bisa piknik dengan menggelar tikar di atas rumput sambil menikmati makanan ringan. Atau kalau kalian hobi fotografi, kalian bisa hunting foto saat bunga-bunga ini mulai bermekaran karena udah pasti keren banget.

Yuk segera tandai kalender kalian untuk jalan-jalan ke Taman Bunga Sakura di Cibodas ini.

Video by Metro TV Jawa Barat

Tips and Trick

  • Untuk menikmati bunga Sakura, pastikan kalian datang saat bunganya sedang bermekaran, yaitu sekitar bulan Januari - Februari dan Juli - Agustus. Karena kalo kalian dateng ngga saat bulan itu, kalian ngga bakal bisa lihat bunga ini.
  • Bawa kamera untuk mengabadikan momen.
  • Bawa perlengkapan piknik.
  • Jangan rusak tumbuhan disini.
  • Jangan kotori kebun raya ini.
  • Jangan buang sampah sembarangan.

Gallery (6)

Comments (1)