77 views | 1 Likes

Pesona Kampung Arab Al Munawar, Menikmati Sisi Lain Kota Palembang.

3 star (from 1 people)
Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia
Category: City Trip

Posted on 01 November 2018, 17:06:37
zero
Tourist

Kalau bicara soal sejarah, ternyata ada banyak sejarah di Kampung Arab Al Munawar ini. Ternyata, terbentuknya Kampung Arab Al Munawar pun tidak lepas...

How to Get There

Lagi ada di Palembang, sekalian aja traveling tipis tipis. Rencananya, kali ini bakal mengunjungi tempat wisata sih, untuk namanya belum tau, karena nurut sama driver aja hahaha. Dari awal emang berencana traveling sekaligus hunting foto. Jadi kami udah bawa peralatan lengkap untuk berfoto.

Karena nurut sama driver, pilihan wisata kali ini jatuh kepada Kampung Arab Al Munawar. Masih belum pro juga sama jalanan yang ada di Palembang, untungnya ada driver yang udah mirip google maps, jadi nggak perlu buka google maps di smartphone deh.

Buat kalian yang belum pernah kesini, kalian bisa menggunakan google maps ya. Ada di kawasan Sebrang Ulu, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

What to Do

Kalau bicara soal sejarah, ternyata ada banyak sejarah di Kampung Arab Al Munawar ini. Ternyata, terbentuknya Kampung Arab Al Munawar pun tidak lepas dari masa Belanda. Kala itu, Belanda melakukan pendekatan kepada etnis Arab di tahun 1825. Nah dari pendekatan itu, menghasilkan pemimpin yang bernama Ahmad Al Munawar dan diberi pangkat kapten. Kemudian, beliau wafat di tahun 1970. Cukup flashback jauh juga ya sejarahnya.

Pertama tiba di Kampung Arab Al Munawar, kalian akan merasakan suasana yang berbeda. Bangunan rumah rumah tua yang berusia 300 tahunan akan menyambut kalian. Meskipun berumur cukup tua, bangunan rumah maupun bangunan lain yang ada disini masih bagus banget. Cukup dirawat dengan baik kalau menurutku. Konon katanya juga, kayu dan batu yang digunakan untuk membangun rumah rumah disini langsung didatangkan dari eropa lho, nggak heran ya kalau kuat kuat. Oh iya, ada 8 dari 17 rumah yang berhasil masuk sebagai cagar budaya, dengan itu tentu rumah rumah yang ada disini akan dirawat lebih baik.

Hampir semua rumah yang kulihat disini memiliki bangunan yang cukup unik. Dengan desain yang unik dan bangunan yang agak agak tua gitu, nggak heran kalau banyak pengunjung kesini hanya utnuk mengabadikan momen. Banyaknya bangku bangku kayu yang ada juga bikin kita makin greget. Buat kalian yang doyan foto, banyak banget nih spot foto di Kampung Arab Al Munawar ini, jadi jangan kelewatan kalau ke Palembang ya!

Yang sering bikin salfok juga Lorong Lorong yang ada. Lorong yang ada di Kampung Arab Al Munawar ini terkesan klasik dan estetik. Entah, memiliki seni aja gitu. Jadi, tiap Lorong juga bisa menjadi spot foto yang asyik. Tak jarang kami mendapati beberapa orang dengan peralatan fotografi yang lengkap datang ke Kampung Arab Al Munawar untuk mengabadikan indahnya tempat ini.

Kebanyakan rumah yang ada di Kampung Arab Al Munawar adalah rumah panggung, dengan desain lantai marmer dan bermotif estetik pula. Tradisional namun elegan, itu sih yang menggambarkan Kampung Arab Al Munawar secara garis besar.

Tak hanya bangunannya yang unik, Kampung Arab Al Munawar juga penuh dengan budaya lho. Budaya disini masih sangat kental. Bisa jadi, Kampung Arab Al Munawar menjadi salahsatu wisata religi terbaik di Palembang. Budaya yang paling sering dilakukan disini adalah kesenian gambus, akan lebih rame pada saat saat tertentu seperti Ramadhan dan tahun baru Islam.

Karena lokasinya merupakan kampung, sambutan para warga kepada penunjung juga menjadi ciri khas tersendiri. Warga yang ada di Kampung Arab Al Munawar ini super ramah. Jadi jangan lupa mampir ke Kampung Arab Al Munawar ya kalau ke Palembang!

Tips and Trick

Bawa camera adalah hal terpenting haha!

Gallery (7)

Comments (1)