4 star (from 1 people)
117 views | 1 Likes
Taman Wisata Bukit Kaba: Nikmati Keindahan Panorama Kawah Hidup yang Cantik
Rejang Lebong, Bengkulu, Indonesia
Category: Hiking & Trekking


Posted on 31 October 2018, 11:48:05
rory
Sightseeing
Location on Google Maps
Mount Kaba
Mount Kaba, Sambirejo, Selupu Rejang, Rejang Lebong Regency, Bengkulu, Indonesia
How to Get There

Throwing back ke liburanku beberapa waktu lalu ke Bengkulu. Tanpa disangka, Bengkulu ternyata punya banyak banget wisata keren. Setelah mengunjungi Dendam Tak Sudah yang sangat eksotis, aku melanjutkan perjalanan menuju Bukit Kaba yang menawan. Buat kalian yang tinggal di Bengkulu pasti udah ngga asing dengan bukit yang berada di Desa Sumber Urip Kecamatan Selupuh Rejang Kabupaten Rejang Lebong ini.

Dari kota Bengkulu, kalian bisa naik kendaraan umum dari Terminal Panorama dan mencari angkutan umum menuju Kota Curup. Tarif dari kendaraan umum ini sekitar Rp 20.000. Sesampainya di Curup, perjalanan dilanjutkan dengan naik angkutan desa dengan tujuan Desa Sumber Bening dan berhenti di persimpangan Jalan Bukit Kaba. Perjalanan ini butuh waktu sekitar 1 jam. Dari sini, ada beberapa transportasi yang bisa digunakan untuk menuju Posko Pokdarwis. Kalo kalian datengnya pagi hari sampe sore, ada angkutan desa atau ojek dengan tarif Rp 5000 - Rp 15.000. Biasanya sih, lewat dari jam 4 sore udah ngga ada lagi angkutan desa ataupun ojek, jadi kalian harus jalan kaki sekitar 8 km untuk tiba di posko.

Sebenernya, ada dua rute yang bisa digunakan untuk menuju ke Bukit Kaba, yang pertama adalah jalur tanah yang biasa digunakan untuk trekking dan yang kedua ada jalur aspal yang bisa dilewati oleh roda dua dan empat. Tapi, kebanyakan pengunjung yang kesini itu lewat jalur trekking dan butuh waktu sekitar 2 jam untuk tiba di puncak. Sebelum mendaki, setiap pengunjung wajib membayar retribusi sebesar Rp 2500 per orang. Retribusi ini dibayarkan di pos. 

What to Do

Bukit Kaba cukup populer di kalangan traveler Bengkulu karena dikenal cukup ramah untuk para pendaki pemula, seperti aku. Bukit setinggi 1937 Mdpl ini berada didalam kawasan Taman Wisata Alam yang memiliki luas sekitar 13.940 Ha. Lokasinya yang asri membuat banyak sekali wisatawan yang ingin mendaki bukit ini hingga ke puncak. Saat mulai pendakian, kalian akan dimanjakan dengan pemandangan hijau dari kebun sayur milik penduduk setempat. Ngga cuma itu, kalian juga akan melintasi sungai kecil yang airnya jernih dan arusnya tenang. 

Selain itu, kalian juga akan disuguhkan dengan pemandangan alam berupa hutan hujan tropis yang masih sangat alami sehingga memberikan kesan tenang dan udaranya yang sejuk. Di hutan tropis ini kalian juga bisa ketemu sama bebeapa jenis satwa endemik yang berhabitat dikawasan ini. Terlebih lagi, pemandangan diatas puncak yang sangat indah sudah menanti kalian. Salah satunya adalah kawah bukit yang sangat memukau.

Ada dua jalur buat kalian yang mau menikmati kawah ini, pertama ada jalur kanan dimana lewat jalur ini kalian akan melewati sekitar 1000 anak tangga untuk menuju ke puncak. Di puncak, kalian bisa menikmati keindahan kawah dari puncak bukit. Kedua, ada jalur kiri yang akan membawa kalian turun mendekati kawah. Dari sini kalian bisa melihat ada dua jenis kawah, yaitu kawah hidup dan kawah mati. 


Tips and Trick

Trek pendakian Bukit Kaba ini bisa dibilang tidak terlalu sulit, jadi cocok banget buat kalian yang masih pemula untuk mendaki. Meskipun begitu, kalian harus tetap siapkan stamina yang kuat ya untuk mendaki kesana. Lalu, buat kalian yang ingin menikmati keindahan kawah dari dekat, aku saranin buat pake masker, karena bau belerangnya yang sangat menyengat. Buat kalian yang hobi camping, jangan lupa bawa tenda dan perlengkapannya untuk bermalam disini, seperti makanan, minuman yang cukup dan senter karena pemandangan disini keren banget. Jangan lupa untuk pake alas kaki yang nyaman untuk mendaki, jaket, baju yang nyaman, topi dan jaga kebersihan tempat ini selalu.

Video by kurakura Film

Gallery (7)
Comments (2)