131 views | 1 Likes

Danau Laguna Ngade, Wisata Menawan dan Menyejukkan di Ternate

4 star (from 1 people)
Ternate, Maluku Utara, Indonesia
Category: lake

Posted on 30 October 2018, 11:44:46
tedy
Tourist

Setelah 40 menit perjalanan, akhirnya aku sampe juga di Danau Laguna Ngade. Pas sampe sana sih udah siang menjelang sore gitu, jadi matahari ngga...

How to Get There

Mumpung ada di Maluku, setelah mengunjungi Banda Neira di Ambon, aku sekalian pengen pergi ke Ternate yang ada di Maluku Utara. Katanya sih, Ternate juga punya banyak wisata yang ngga kalah keren dengan Ambon dan yang paling bikin aku kepo adalah Wisata Danau Laguna Ngade yang terkenal dan super instagramable. 

Dari Ambon, aku berangkat naik pesawat Sriwijaya menuju ke Ternate. Pesawat ini berangkatnya siang jam 12.15 guys, jadi pas banget aku abis check out bisa langsung ke Airport. Jarak tempuh dari Ternate menuju Ambon sekitar 1 jam perjalanan udara dan ngga pake transit. Setelah tiba di Bandara Baabulah di Ternate, ada banyak kendaraan yang bisa digunakan untuk menuju ke Danau ini, tapi saranku sih mending kalian cari taxi atau ojek di luar bandara aja biar harganya lebih murah. Sewa kendaraan dari bandara menuju ke Laguna Ngade ini sekitar Rp 100.000 - Rp 150.000. 

What to Do

Setelah 40 menit perjalanan, akhirnya aku sampe juga di Danau Laguna Ngade. Pas sampe sana sih udah siang menjelang sore gitu, jadi matahari ngga terlalu panas dan juga ngga terlalu berawan. Pas banget sih suasananya karena aku jadi bisa melihat pemandangan indah ini dengan sangat jelas. 

Danau Laguna Ngade adalah wisata yang keren banget, pasalnya lokasinya berdekatan dengan laut membuat pemandangannya sangat indah dan unik pastinya. Uniknya, meksipun lokasinya berdekatan dengan laut, tapi air di danau ini tawar dan ngga asin seperti air laut pada umumnya. Terlebih lagi, suasana disini juga tenang banget. Cocok lah buat kalian yang suka wisata yang ngga terlalu ramai. 

Danau ini bisa dibilang masih alami dan masih sedikit mendapat campur tangan manusia. Karena kealamiannya itu, banyak sekali fotografer yang mengambil gambar danau ini dari berbagai sudut. Ohya, kalian juga bisa menikmati keindahan danau ini dari ketinggian dengan menaiki tangga. Dari atas sini, kalian bisa melihat keindahan hijaunya air danau, keindahan birunya lautan dan juga pulau terdekat, yaitu Maitara dan Tidore. Pulau Maitara dan Tidore ini adalah pulau yang biasa kalian lihat di mata uang kerta Rp 1000. Akhirnya sekarang aku bisa melihatnya secara langsung!

Dari ketinggian, air danau ini terlihat berwarna hijau dan tampak kontras dengan lautan yang berwarna biru didekatnya. Danau dan lautan ini ada pemisahnya yaitu berupa bagian tanah yang menjadi jalan raya. Ohya, jangan lupa juga buat cobain foto ala-ala instagram dengan menaiki ayunan diatas sini ya guys.

Selain menjadi tempat wisata, danau ini juga menjadi sumber kehidupan oleh masyarakat sekitar. Penduduk setempat banyak yang memiliki budidaya ikan air tawar seperti nila maupun gurame. Selain itu, air danau ini juga memiliki peranan penting untuk pengairan di kebun milik penduduk yang hidup disekitar danau. Danau ini juga bisa dijadikan sebagai wisata pancing buat kalian yang hobi memancing. Katanya sih, ikannya enak banget dan segar pastinya.

Atau kalo kalian malas mancing tapi pengen cicipi gimana rasanya ikan yang diambil langsung dari danau ini, kalian bisa mampir ke restoran yang apung yang ada di tepi Danau Laguna Ngade. Restoran ini khusus menyajikan menu ikan tawar dimana kalian bisa menikmati kuliner ikan tawar bumbu khas Ternate dengan panorama danau yang dikelilingi bukit hijau dengan air danau yang tenang. 

Yuk buruan cek kalender dan arrange perjalanan kamu ke Ternate!

Video by IndonesiaKaya

Tips and Trick

  • Waktu yang tepat untuk menikmati danau ini adalah pagi dan sore hari.
  • Buat kalian yang datang dari luar kota, aku saranin buat cari kendaraan dari luar bandara aja karena harganya lebih murah.
  • Jangan lupa bawa kamera.
  • Jangan rusak alam dengan membuang sampah sembarangan.

Gallery (7)

Comments (1)