222 views | 1 Likes

Mengintip Kemegahan Istana Siak, Bukti Kejayaan Siak Tempo Doeloe

4 star (from 1 people)
Siak, Riau, Indonesia
Category: Historical Places

Posted on 29 October 2018, 11:44:08
marthagaul
Tourist

keseruan menjelajahi megahnya Israna Siak , bukit kejayaan Siak Tempo Doeloe

How to Get There

Akhirnya ada kesempatan jalan-jalan juga nih guys, setelah kesibukan yang terlalu banyak. Sebenernya ini business trip juga, tapi gue extend dua hari buat jalan-jalan sekalian refresh sebentar. Kali ini gue mau jalan-jalan ke Siak, soalnya kemarin business trip gue ke Pekanbaru, gue pun mutusin buat jalan-jalan ke Siak. Di Siak, gue mengunjungi beberapa tempat sejarah yang keren dan belum pernah gue kunjungi sebelumnya, gue pun juga belum pernah dateng ke Siak, so here I am.

Dari Kota Pekanbaru, gue putusin buat rental mobil buat pergi ke Siak. Perjalanan menuju kota Siak sendiri butuh waktu sekitar 2 jam perjalanan darat dimana sepanjang perjalanan kalian akan melewati perkebunan sawit. Ngga usah khawatir kalo kalian nyetir sendirian soalnya jalanan cukup mulus dan rutenya ngga susah.

wisata di siak

Setibanya di Siak Sri Indapura, gue pun langsung mengarahkan kendaraan menuju Istana Siak yang ada di Jalan Sultan Syarif Kasim, Kampung Dalam. Ohya, buat kalian yang belum tahu, Siak Sri Indrapura ini punya arti dalam bahasa Sansekerta yang berarti Kota Raja yang bercahaya. Hal ini dikarenakan dulunya kota ini merupakan kerajaan yang ada di Semenanjung Malaka dan pernah mencapai masa keemasan di abad 19. Ngga heran ya kalo di kota ini punya banyak banget bangunan bersejarah!

wisata di siak

What to Do

Anyway, pas gue udah sampe di halaman Istana Siak, gue langsung masuk dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 3000 per orang dewasa. Kalau anak-anak harganya bisa lebih murah, yaitu Rp 2000 per anak. Istana ini buka setiap hari Senin - Kamis dan Sabtu mulai pukul 09.00 - 16.00. Kalau hari Jumat, istana ini buka mulai pukul 09.00 - 11.00 dan buka lagi jam 13.45 - 16.00. 

Istana ini berwarna putih kecokelatan dengan gaya arsitektur gabungan dari Melayu dan Eropa. Karena lokasinya yang ngga jauh dari pelabuhan dan menghadap ke Sungai Siak, maka istana ini pernah menjadi saksi masa keemasan Siak Sri Indrapura saat banyak kapal dagang berlalu lalang di Selat Malaka dan berlabuh di Siak. Di depan istana ini juga ada taman yang punya rumput berwarna hijau dan tertata dengan rapi. Taman ini juga dihiasi oleh bunga-bunga kecil yang indah.

wisata di siak

Memasuki Istana Siak ini semua pengunjung wajib melepaskan alas kaki. Dan ternyata diluar dugaan gue guys, istana ini bersih dan rapi banget. Mengingat lokasinya yang ada di sebuah kabupaten kecil tapi istana ini masih terjaga dengan baik. Istana seluas 1000 meter persegi ini dibangun pada masa Sultan Assyaidis Syarif Hasyim Abdul Jalil Syaifudin pada tahun 1889 dan selesai pada tahun 1893. Bangunan ini dulunya menjadi tempat tinggal Sultan Syarif Kasim yang dikenal sebagai pahlawan nasional dan penasehat pribadi Presiden Soekarno. 

wisata di siak

Istana Siak terdiri dari dua lantai. Di lantai bawah terdapat beberapa ruangan besar yang merupakan ruang tamu, ruang sidang dan ruang pesta. Sementara di lantai atas merupakan tempat istirahat sultan. Di dalam sini tersimpan dengan baik peninggalan-peninggalan kerjaan seperti kursi singgasana kerajaan yang berbalut emas, duplikat mahkota kerajaan, krankas kerajaan, payung, tombak dan beberapa barang langka lainnya. Selain itu juga ada berbagai senjata, lampu kristal, cermin dan keramik dari China dan Eropa. 

wisata di siak
wisata di siak
wisata di siak

Sementara, kalo kalian naik ke lantai dua dimana dulunya menjadi tempat peristirahatan keluarga kerajaan, kalian akan menemukan foto-foto sultan dan keluarga Istana yang terpajang dengan rapi. 

wisata di siak

Gimana? Megah banget kan Istana ini? Buat kalian yang lagi liburan ke Pekanbaru, ngga ada salahnya buat sempetin jalan-jalan ke Kabupaten Siak dan berkunjung ke Istana ini. Dijamin bakal terpesona sama kemegahannya.

Video by CNN Indonesia

Tips and Trick

  • Untuk menuju ke Istana ini bisa dengan dua jalur, darat dan air. Tapi, gue saranin mending kalian lewat jalur darat aja dari Pekanbaru dengan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum.
  • Sebelum masuk ke istana, pastikan untuk melepas alas kaki.
  • Jangan lupa bawa kamera.
  • Jaga selalu kebersihan di istana ini.
  • Jangan rusak barang-barang bersejarah disini.
  •  

     

Gallery (8)

Comments (1)