146 views | 1 Likes

Curug Awang, Niagara-nya Sukabumi Nih!

4 star (from 1 people)
Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia
Category: Waterfall

Posted on 25 October 2018, 15:33:06
aruby
Sightseeing

Hal yang paling aku suka dari Curug Awang adalah bentuk air terjunnya. Nggak berundak seperti kebanyakan air terjun pada umunya, Curug Awang memiliki...

How to Get There

Jalan jalan kali ini masih berhubungan sama liburanku di review sebelumnya yang judulnya Curug Sodong, Eksotisme Air Terjun Kembar di Sukabumi itu ya. Oh iya, buat kalian yang belum baca reviewku yang itu bisa baca dulu dengan klik link judulnya.

Nggak hanya Curug Sodong, ternyata waktu ke Sukabumi kemaren, aku juga sempet mengunjungi air terjun yang tak kalah indah. Namanya adalah Curug Awang. Lain dengan Curug Sodong, Curug Awang ini ada di Daerah Cibenda, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat. Kalian bisa menggunakan google maps kalau mau ke Curug Awang tapi belum tau jalan.

Kalau dari Curug Sodong atau destinasi yang aku kunjungi sebelum ke Curug Awang, perjalanan yang ditempuh hanya memakan waktu kurang lebih satu jam perjalanan saja. Jalanana yang kalian lalui untuk sampai di Curug Awang ini ukup berbahaya, terjal, dan berbatu. Selain itu, sempit dan nanjaknya jalanan juga mempersulit tentunya. Cukup curam sih, so kalian wajib hati hati yaa.

Tak hanya itu, gunakan alas kaki yang nyaman dan pas di kaki. Karena, kalian masih perlu jalan melewati jalan setapak untuk tiba di Curug Awang yang indah ini.


What to Do

Hal yang paling aku suka dari Curug Awang adalah bentuk air terjunnya. Nggak berundak seperti kebanyakan air terjun pada umunya, Curug Awang memiliki bentuk yang datar dan lebuar seperti Air Terjun Niagara. Anggap aja Niagara KW ya hehe.

Untuk masuk ke Curug Awang ini, kalian tak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Cukup dengan 3000 rupiah saja per orang, kalian udah bisa menikmati indahnya pemandangan air terjun Niagara ini, eh Air Terjun Awang maksudnya:D


Kalau musim hujan, Curug Awang memiliki debit air yang besar, makin keliatan cantiknya bak Air Terjun Niagara. Beda dengan musim kemarau, kalau musim kemarau Curug Awang debit airnya menurun dan kayak membelah jadi 2 air terjun gitu. Jangan lupa, bawa alat dokumentasi kalian biar bisa puas berfoto dengan cantiknya air terjun ini ya.

Aliran air yang ada di Curug Awang ini berasal dari Sungai Ciletuh, sungai yang merupakan perbatasan kecamatan Ciemas dan Ciracap. Tebing dari Curug Awang juga memiliki bentuk dan warna yang indah. Warnanya yang coklat dan kemerahan membuat pemandangan di Curug Awang.

Bebatuan yang ada di bawah aliran air terjun juga bisa dimanfaatkan sebagai pijakan atau bisa juga menambah indahnya foto yang kalian jepret disini nih. Keren banget. Eh tapi kalo kalian dateng di musim hujan kalian kudu hati hati ya, karena tentu jalanan dan bebatuan yang ada disini bakal makin licin dan cukup berbahaya.

Jangan lupa, siapkan baju ganti kalau kalian pengen main main air di Curug Awang ini. Banyak sejarah yang simpang siur mengenai terbentuknya Curug Awang ini. Yang paling dikenal adalah Curug Awang ini terbentuk secara alami dulu. Kalau ngomongin soal nama dari Curug Awang, nama awang diambil karena ketinggian Curug Awang yang cukup tinggi. Awang dalam bahasa sunda memiliki arti angkasa, jadi terbentuklah nama Curug Awang ini.

Seperti wisata alam pada umumnya, Curug Awang ini juga memiliki cerita mistis yang nggak tau itu mitos atau fakta. Tapi tak jarang yang mempercayai bahkan kalau dilanggar bisa menelan korban jiwa lho. Hati hati dan jangan aneh aneh ya kalau disini!

Kalau ke Sukabumi, mampir ke Curug Awang adalah kegiatan yang asik! Kalian kapan?

Tips and Trick

  • Gunakan kendaraan yang memadai ya
  • Pakailah alas kaki yang nyaman

Gallery (6)

Comments (1)