122 views | 2 Likes

Menikmati Hamparan Taman Bunga Matahari nan Indah di Taman Dewari

4 star (from 2 people)
Magelang, Jawa Tengah, Indonesia
Category: City Trip

Posted on 24 October 2018, 15:06:32
lizbeth
Sightseeing

Indah nya hamparan Taman Bunga Matahari yang ada di Taman Dewari, pas banget menjadi spot foto kekinian!

How to Get There

Iseng aja, jalan jalan kali ini akhirnya mampir juga ke tempat wisata sederhana di Magelang ini. Sebelum syndrome kurang piknik ala bocah 2018 melanda, akupun jalan jalan ke Taman Dewari Magelang.

Cukup dekat dari rumah si Sinyo temenku, akupun Cuma butuh waktu sekitar 10 menit perjalanan aja untuk sampai di Taman Dewari Magelang.

Lokasi dari Taman Dewari Magelang ini ada di daerah Kradenan, Baturono, Salam, Magelang, Jawa Tengah. Bagi kalian yang dateng dari luar kota dan kesulitan buat menuju ke Taman Dewari ini, kalian bisa menggunakan jasa mbah google maps ya hihi.

Udah cukup pensaran juga karena dari kemaren kemaren mau mampir ke Taman Dewari tapi sibuk terus. Nah kali ini baru sempet mampir ditemenin Sinyo dan keluarga. Ini nih ada cuplikan dari Tribun Jogja TV kalo kalian masih penasaran. 

 

What to Do

Hal yang terpikir pertama sebelum berangkat adalah camera, iya aku pengen banget mengabadikan bunga matahari yang indah dan menawan di Taman Dewari ini. Kebanyakan pengunjung yang dateng selain untuk menikmati tempatnya, juga untuk berfoto dengan hamparan bunga matahari yang indah. Tak buruh waktu lama untuk Taman Dewari ini ramai pengunjung, baru beberapa minggu dibuka saja pengunjungnya udah cukup banyak.

Ternyata, Taman Dewari ini adalah kebun milik perorangan lho, yang artinya bukan dibangun oleh pemerintah ya. Pemilik Taman Dewari adalah sepasang suami istri yang bernama Pramudita Tunggadewi dan suaminya Beta Zanial Amirin.

wisata di magelang

wisata di magelang

Menurut penuturan beliau, Taman Dewari ini dibangun karena keluarga kecil ini sering keliling mencari tempat wisata atau tempat berfoto keren. Akhirnya di bulan November 2017, mereka memutuskan untuk membeli dan menebar ribuan benih bunga matahari. Tujuannya adalah untuk menciptakan tempat wisata atau kebun bunga sendiri gitu.

Alasan memilih tenaman bunga matahari adalah karena tanamannya yang tahan banting dan cukup mudah dirawat. Cukup dikasih pupuk dan disiram saja, bunga matahari akan tumbuh besardan berbunga mekar. Jadi pengen beli bibit buat dirumah haha.

Pohon yang ditanam disini ada sekitar 8000 pohon dengan luas lahan 2800 meter persegi. Untuk tanaman cadangan, pemilik menyediakan 2000 bibit pohon. Cukup menarik ya. Seneng nih aku sama edukasi flora atau fauna gini, maklum lah, suka biologi tapi males belajar ya gini haha.

taman dewari

taman dewari

Ngomongin soal namanya, nama Taman Dewari ini diambil dari nama anak tunggal mereka. Konsep taman yang dibangun oleh keluarga kecil ini mendapat respon positif dari masyarakat. Hal itu dibuktikan dengan ramainya Taman Dewari ini. Sang pamilikpun bahkan samoe ngga nyangka kalo pengunjungnya bisa mencapai 700 – 800 orang per hari. Tentunya akan bertambah saat weekend tiba ya.

Paling enak adalah ke Taman Dewari saat pagi hari, karena apa? Karena kalian bisa menikmati indahnya pemandangan tanpa harus kepanasan haha. Selain itu, tempatnya yang masih belum rame juga bikin kalian lebih leluasa untuk jalan jalan dan berfoto.

Masuk ke Taman Dewari ini juga tak membutuhkan biaya mahal. Hanya dengan tiket masuk 5000 rupiah per orang, kalian bisa masuk dan menikmati indahnya Taman Dewari ini. Ditambah lagi untuk kalian yang membawa kendaraan, kalian perlu membayar biaya parkir sebesar 2000 untuk sepeda motor dan 5000 untuk mobil.

taman dewari

wisata di magelang

Untuk masuk ke sela sela taman, pengunjung diizinkan atau diperbolehkan dengan syarat tidak merusak tanaman tentunya. Karena ada petugas yang mengawasi, pengunjung yang merusak tanaman dengan sengaja akan dikenakan biaya denda sebesar 40.000,- per tanamannya.

Kalau di Magelang, jangan lupa mampir ke Taman Dewari yang indah ini ya..

Tips and Trick

  • Jangan merusak keindahan Taman Dewari ya, saling menjaga teman:)

Gallery (6)

Comments (2)