sandal | Sightseeing
Bogor, Jawa Barat, Indonesia | Waterfall
03 Feb 2017


Curug Cibaliung, Surga Tersembunyi di Bogor
Lagi ada di Bogor? Yakin nih di Bogor ga liburan kemana-mana? Cobain ke Curug Cibaliung yuk.. Selain masih alamni banget nih, Curug Cibaliung juga mempunyai pemandangan alam yang luar biasa.

How to Get There

Perjalanan kali ini ke Bogor yang berada di kawasan Kampung Wadung, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan, Kabupaten Bogor.

Wisata yang satu ini berada di kawasan Wisata Curug Leuwi Hejo atau terkenal dengan nama “Leuwi Ijo”  disini terdapat beberapa curung dan leuwi, diantaranya -> Crung Barong, Curung Leuwi Cipet, Curung Leuwi Hejo, Curung Leuwi Lieuk, dan kali ini saya berkunjung ke “Curung Cibaliung” yang memiliki mata air yang indah, itu yang membuat saya tertarik dengan “ Curung Cibaliung”.

Untuk menuju lokasi, saya menggunakan motor sebagai kendaraannya, asik sih kalo pake motor, lebih fleksibel dan makin bebas tentunya. Setelah perjalanan yang cukup melelahkan tadi, sampailah saya di Curung Cibaliung. Di kawasan ini, saya di haruskan berhenti dan menitipkan motor yang saya gunakan tadi dan diharuskan membayar Rp.5.000,-. Setelah selesai parkir motor, langsung deh trekking untuk menuju lokasi yang memakan waktu 1 jam 30 menit. Medan menuju lokasi Curung Cibaliung ini turun-naik dan membuat saya lelah sekali… Eh tetapi perjalanan kali ini tidak membuat saya menyerah, tetap melakukan trekking dan sesekali beristirahat sebentar di warung, lalu lanjut lagi. Sebelum sampai di lokasi, saya melewati Leuwi Cipet dan Leuwi Lieuk, ambil jalur kanan, setelah 50 meter saya ambil jalur kiri dan sampai lah saya di Curung Cibaliung yang keren ini.

What to Do

Youtube: Cep Kurnia Salim

Untuk masuk ke tempat ini, pengunjung diharuskan membayar tiket masuk ke sebesar 5.000,-, Sedangkan kalo pengunjung ingin mandi di Leuwi Hejo diharuskan membayar Rp.2.500,-. Cukup terjangkau ya, rasanya liburan kali ini tentu sedikit ngeluarin duit hehe.

Bermenit-menit perjalananpun tak terasa lelah jika dibanding dengan apa yang kita liat di kawasan curug ini. Setelah perjalanan yang cukup panjang dan melelahkan berakhir, saya melihat Curung Cibaliung yang indah sekali… Hmm bener-bener membuat lelah saya saat trekking tadi hilang karena udaranya yang sejuk dan percikan air yang segar, jernih, dan pastinya suasananya yang tenang. Udah gak sabat banget buat nyebur nih kalo kayak gini caranya..

Curug Cibaliung bisa dibilang cukup sepi pengunjung, bagi kalian yang suka suasana tenang, Curug Cibaliung cocok menjadi destinasi tentunya bikin pengunjung betah dan ingin berlama-lama disini ya!

Nah kalo diliat dari tingginya, air terjun yang satu ini tidak terlalu tinggi. Namun soal jernih dna derasnya air jangan ditanya lagi. Curug Cibaliung mempunyai aliran air yang deras dan tentunya jernih banget guys. Air disini berwarna hijau tosca, keren kan? Gak hanya perairannya saja lhoo yang menakjubkan, di Curug Cibaliung juga terdapat bebatuan yang besar yang tentu membuat air terjun ini semakin cantik..

Jangan lupa membawa peralatan berenang dan baju ganti ya kalo kalian pengen berendam, dan bermain air disini. Emang sayang banget sih kalo gak nyemplung alias main main air disini. Airnya seger banget, jernih pula. Ohiya, kalian juga bisa bawa camera yang bisa buat ngerekam didalem air itulo ahaha. Baik pemandangan di dalem air ataupun suasana sekitar Curug Cibaliung ini, semuanya indah, keren, dan gak mengecewakan deh!

Ada banyak hal yang bisa kalian lakuin nih disini, terutama bagi yang hobi fotografi. Curug Cibaliung ini punya banyak sekali spot yang bisa digunakan untuk berfoto. Ngomongin soal fasilitas, di Curug CIbaliung ini, pengunjung bisa mendapatkan fasilitas seperti kamar mandi, tempat parkir yang luas, warung makan, penitipan barang, kamar ganti, dan masih banyak lagi. Soo, jangan khawatir bingung yakalo kesini.

Gimana? Curug Cibaliung udah bisa masuk ke list tujuan wisata Anda bersama orang terdekat kan?

Tips and Trick
  1. Jangan ke tempat ini pada musim hujan, karena area trekking licin.
  2. Pastikan kondisi badan sehat, agar bisa melalui area treeking.
  3. Gunakan alas kaki yang nyaman.
  4. Jangan mengotori area surga tersembunyi ini ya, intinya ikutan menjaga deh:)
  5. Jangan lupa bawa baju ganti biar bisa maen air dengan puas.
  6. Bawalah barang secukupnya dan tidak berlebihan.
  7. Jangan coba-coba mengambil jalan lain saat treking, kecuali mengikuti papan penunjuk jalan.
  8.  

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY