88 views | 0 Likes

Curug Cigangsa, Surga Tersembunyi di Sukabumi!

0 star (from 0 people)
Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia
Category: Waterfall

Posted on 22 October 2018, 17:07:02
albertak
Sightseeing

Ngomongin soal sejarah, menurut yang penah kubaca, nama Curug Cigangsa ini berasal dari seorang Eyang bernama Gangsa. Sebutannya tak hanya Curug...

How to Get There

Sukabumi, salahsatu kabupaten yang aku peribadi betah banget tinggal disini. Selain udaranya yang seger, banyaknya wisata alam juga bikin aku dan keluarga makin betah di Sukabumi.

Setelah ada acara keluarga di Sukabumi, aku dan keluarga memutuskan untuk mengunjungi wisata alam di Sukabumi. Selain ada air terjun, ada pantai dan wisata alam lainnya yang bisa kalian nikmati di Sukabumi, Jawa Barat.

Kali ini pilihan destinasi keluargaku adalah air terjun, karena pantai udah cukup mainstream kayaknya hehe. Cukup banyak sih air terjun di Sukabumi ini. Setelah memilih milih, akhirnya pilihan kami jatuh kepada Curug Cigangsa. Yap, curug itu sama dengan air terjun ya kalau kalian bingung hehe.

Curug Cigangsa berlokasi di Kelurahan Pasiripis, Kecamatan Surade, Sukabumi, Jawa Barat. Mudah dicari dengan menggunakan google maps kalau kalian bingung nyarinya. Dari pusat kota, kalian masih perlu menempuh perjalanan dengan jarak sekitar 110 kilometer, yah kurang lebih 2 jam perjalanan lah.

Yang bikin aku memilih berwisata ke Curug Cigangsa adalah jaraknya yang cukup dekat sama Curug Cikaso. Ini nih yang bikin seneng, satu tujuan ada beberapa wisata sekaligus. Mantapoo. Pas udah deket sama wisata Curug Cigangsa, kalian akan mudah menemui jalan, karena di kanan kiri jalan banyak banget papan penunjuk jalan, so nggak usah takut nyasar ya hehe.

What to Do

Ngomongin soal sejarah, menurut yang penah kubaca, nama Curug Cigangsa ini berasal dari seorang Eyang bernama Gangsa. Sebutannya tak hanya Curug Cigangsa aja lho, ada juga yang menyebut air terjun ini dengan sebutan Curug Luhur. Banyak juga sebutannya.

Curug Cigangsa ini terdiri dari 3 tingkatan, konon katanya tingkatan di Curug Cigangsa ini diakibatkan karena gempa yang sangat kuat. Selain itu, gempa waktu itu juga menyebabkan longsor dengan volume air dan tanah cukup banyak, jadinya seindah ini, heheh.

Ada yang unik lagi di Curug Cigangsa ini, yakni dinding air terjunnya yang terbuat dari batu. Batu yang ada juga memiliki warna yang unik, kehitaman, indah deh, elegan gitu. Dinding yang kumaksud adalah dinding yang digunakan untuk mengalirnya air terjun. Debit airnya cukup aman, dengan debit air yang sedikit, pengunjung bisa lebih aman bermain di bawah air terjun tentunya.

Tak hanya dari bawah air terjun, pengunjung juga bisa menikmati keindahan Curug Cigangsa dari atas air terjun lho. Suasana sekitar Curug Cigangsa ini asri banget, adem rasanya, jadi ngerasa makin dekat dengan alam, eaa. Banyak pepohonan yang hidup dengan subur di area Curug Cigangsa ini.

Jangan lupa, bawa camera yang keren kalau kesini. Pemandangannya yang indah akan sayang banget kalau nggak diabadikan. Banyak spot di area Curug Cigangsa ini yang bisa kalian manfaatkan untuk berfoto. Anak anak instagenic, kalian wajib mampir kesini ya.

Tiket masuk menuju ke Curug Cigangsa ini tidaklah mahal, hanya dibandrol dengan harga 3000 rupiah per orangnya. Cukup terjangkau ya, jadi nggak takut deh kalau ngajak keluarga se RT wkwk. Dengan harga tiket yang murah, aku harap aku dan kalian sebagai pengunjung bisa menjaga wisata ala mini dengan baik ya. Jangan merusak fasilitas dan sarana prasarana yang ada.

Nah kalau kalian ada di Sukabumi dan bingung mau kemana, kalian bisa dateng untuk menikmati indahnya Curug Cigangsa ini. Jangan lupa, share pengalaman liburan kalian juga ya!

Tips and Trick

  1. Gunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman
  2. Bawa camera jangan lupa
  3. Jaga kebersihan area Curug Cigangsa

*sebagian gambar saya ambil dari google.com

Gallery (5)

Comments (1)