250 views | 0 Likes

Pesona Danau Ranau, Primadona di Ujung Sumatera Selatan

0 star (from 0 people)
Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia
Category: lake

Posted on 22 October 2018, 13:53:51
Melanie
Tourist

Wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Sumatera Selatan, yaitu Danau Ranau yang memiliki pesona danau yang cantik!

How to Get There

Sumatera Utara boleh bangga dengan wisata Danau Tobanya. Tapi, Sumatera Selatan juga ngga mau kalah karena punya danau yang ngga kalah cantik dengan Danau Toba, yaitu Danau Ranau. Mungkin bisa dibilang danau ini ngga begitu dikenal sebagai wisata di Pulau Sumatera, karena kebanyakan wisatawan dari luar Sumatera lebih mengenal Danau Toba sebagai tujuan wisata. 

Sebenernya lokasi Danau Ranau ini berada di perbatasan antara Provinsi Sumatera Selatan dengan Provinsi Lampung, tepatnya di perbatasan Kabupaten Ogan Komering Olu Selatan dan Kabupaten Lampung Barat. Tapi menurut saya, untuk menuju ke danau ini lebih dekat dari kota Lampung. Kalo dari Kota Bandar Lampung, bisa ditempuh selama 6-7 jam perjalanan dengan rute Bandar Lampung - Kota Bumi - Bukit Kemuning - Liwa - Kota Batu - Sukamarga atau Banding Agung. 

Meskipun perjalanannya cukup jauh, tapi akses jalannya cukup bagus kok guys. Apalagi pemandangan selama perjalanan indah banget. Jadinya perjalanan akan ngga terasa melelahkan. 

danau ranau sumatera selatan

What to Do

Setelah Danau Toba, Danau Ranau merupakan danau terbesar kedua di Pulau Sumatera. Luas dari danau ini hingga 125,9 km persegi dan dalamnya sampai 174 meter. Katanya sih, danau ini dulu terbentuk karena terjadinya gempa dahsyat dan letusan vulkanik karena ditepi danau ini ada gunung api yang sekarang sudah ngga aktif lagi, yaitu Gunung Seminung. Selain ada Gunung Semiung, danau ini juga dikelilingi oleh bukit dan lembah sehingga menciptakan suasana yang sejuk dan pemandangan hijau yang asri. 

danau ranau sumatera selatan

Sama halnya dengan Danau Toba yang punya Pulau Samosir di tengahnya, Danau Ranau juga punya pulau di tengah danaunya yang bernama Pulau Marisa. Wah, bener-bener duplikatnya Danau Toba ya guys.

Air di danau ini cenderung tenang sehingga sangat aman jika digunakan untuk aktivitas air, seperti berenang. Kondisi airnya yang sangat jernih dan berwarna biru memang sangat menggoda untuk segera menceburkan diri ke danau ini. Biasanya sih waktu yang tepat untuk berenang adalah di pagi dan sore hari. Kalo siangnya hari konon ombaknya ngga menentu. Selain berenang, juga ada banyak kegiatan air lainnya seperti bermain jetski dan naik perahu.

danau ranau sumatera selatan

Aktivitas lain yang bisa kalian lakukan di danau ini adalah menyebrang ke Pulau Marisa tentunya. Untuk menuju kesana, kalian bisa naik perahu dengan biaya sekitar 100 ribu - 150 ribu per orangnya. Di Pulau Marisa, ada sebuah pemandian air panas alami yang bersumber dari kaki gunung Seminung. Disini kalian bisa berendam air panas dipinggir danau dan rasakan hangat alami air belerang yang punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. 

danau ranau sumatera selatan

Kegiatan lain yang bisa kalian lakukan disini adalah memancing. Di danau ini hidup banyak sekali jenis ikan, salah satunya adalah ikan Mujair. Rasa dari Ikan Mujair yang ada di danau ini berbeda dengan ikan Mujair yg hidup diperairan lain dan hanya bisa ditemukan di Danau Ranau. Ngga heran ya kalo penduduk sekitar danau ini mata pencahariannya adalah nelayan. 

danau ranau sumatera selatan

Dibalik dari keindahan Danau Ranau ini ternyata juga menyimpan cerita Legenda yang cukup menarik untuk diulas. Menurut cerita yang berkembang di masyarakat, ada legenda tentang ular naga yang bersarang di sebuah gua di dasar danau. Ada cerita lain juga yang beredar tentang burung raksasa yang hidup di sebuah pohon besar dan kemudian pohon tersebut ditebang dan mengeluarkan banyak air hingga menjadi danau. Menurut saya sih, hampir semua tempat punya legenda yang menarik banget buat dipelajari dan percaya ngga percaya aja sih ya.

danau ranau sumatera selatan

Tips and Trick

Buat kalian yang tertarik buat datang ke danau ini, kalian bisa berangkat dari kota Palembang maupun Bandar Lampung, tapi menurut saya sih lebih dekat dari Bandar Lampung. Banyak kendaraan umum untuk menuju ke danau ini, tapi saya sarankan untuk naik kendaraan pribadi aja yang bisa kalian sewa di pusat kota Palembang atau Bandar Lampung agar lebih menghemat waktu. Karena lokasinya yang lumayan jauh, saya juga sarankan agar kalian bermalam disini, ada banyak penginapan dengan harga terjangkau yang bisa kalian gunakan, mulai dari 250 ribu per malamnya. Cicipi juga kuliner ikan di warung sekitar. Jangan lupa bawa kamera dan slalu jaga kebersihan. 

Video by KompasTV Palembang

 

Gallery (6)

Comments (2)