268 views | 0 Likes

Berwisata Sambil Berbelanja di Pasar Apung Tradisional Muara Kuin. Ikon Kota Banjarmasin nih!

0 star (from 0 people)
Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Indonesia
Category: Meet Locals

Posted on 19 October 2018, 11:17:49
redjo
Tourist

Pasar Terapung Muara Kuin ini konon sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu dan hingga saat ini masih menjadi ikon kota Banjarmasin. Disini, terdapat...

How to Get There

Pengen ngerasain sensasi belanja yang ngga biasa? Cobain belanja di Pasar Apung Muara Kuin yuk guys. Sebagai warga Banjarmasin, rasanya seneng banget kalo harus belanja ke pasar yang satu ini. Kalian pun yang orang luar pasti juga ngga asing sama pasar yang satu ini, soalnya udah banyak banget yang meliputnya di tivi karena keunikannya. Meskipun pada akhirnya pasar apung juga diterapkan dibeberapa daerah di Indonesia dalam versi yang lebih mini.

Biasanya sih seminggu sekali Ibu saya minta ditemani berbelanja di pasar apung ini, tapi baru minggu lalu saya ikut beliau belanja kesini. Ternyata, selain sebagai pusat perdagangan, pasar ini juga bisa menjadi objek wisata yang menarik dan wajib dikunjungi saat kalian traveling ke Banjarmasin. 

Lokasinya pun ngga susah buat ditemukan karena lumayan dekat dengan pusat kota Banjarmasin. Kalian tinggal naik kendaraan umum atau kendaraan pribadi menuju daerah Kuin, tepatnya ke dermaga-dermaga kecil jukung dan disana juga udah ada lahan parkir yang bisa menampung banyak mobil. Sesampainya disana, kalian bisa menyewa jukung atau sejenis perahu kecil dengan harga kisaran 60 ribu - 75 ribu per perahunya. Dengan jukung itu, kalian akan diajak menelusuri Sungai Martapura menuju ke hulu yang bermuara di sungai Barito. Di sepanjang Sungai Martapura ini kalian akan disuguhi pemandangan unik seperti aktivitas warga setempat di pinggir sungai. Pasalnya memang sungai ini menjadi salah satu sumber kehidupan mereka, jadi jangan heran kalo banyak warga yang beraktivitas di sekitar sungai.




What to Do

Pasar Terapung Muara Kuin ini konon sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu dan hingga saat ini masih menjadi ikon kota Banjarmasin. Disini, terdapat banyak pedagang menjajakan dagangannya dengan menggunakan perahu kayu atau masyarakat Banjarmasin biasanya menyebutnya jukung. Di pasar terapung ini, kalian bisa membeli berbagai macam hasil pertanian dan perkebunan, selain itu juga ada dagangan lainnya seperti pakaian, ikan,kue dan kuliner khas Banjarmasin pastinya, yaitu Soto Banjar dan Nasi Sop Banjar. 

Sejarah dari terbentuknya pasar ini tentunya ngga lepas dari kerajaan Banjar yang berdiri pada tahun 1595 M dimana dulunya disekitar wilayah ini dipimpin oleh Patih Masih dan Patih Kuin yang menerima tugas dari pemerintah setempat untuk mengelola kawasan ini. Dulunya sih pasar ini menjadi tempat pertukaran barang antar masyarakat dari hasil perkebunan dan pertanian atau dikenal sebagai barter, tapi sekarang udah pake alat tukar uang. 

Untuk melestarikan kebudayaan ini, pemerintah setempat setiap tahunnya menggelar Festival Pasar Apung sebagai sarana untuk menarik perhatian wisatawan domestik dan mancanegara. Wah, pasti makin seru ya!

Pasar Apung Muara Kuin ini buka setiap pagi mulai pukul 06.30 sampai 08.00 WITA. Jadi memang kalo kalian pengen kesini harus berangkat pagi-pagi banget, karena kalo lewat dari jam itu pasar ini udah ngga ada. Bubarnya pasar ini biasanya ditandai dengan para pedagang yang satu per satu mulai mendayung perahu mereka meninggalkan lokasi pasar dan pergi menyusuri anak sungai untuk menawarkan dagangan mereka yang masih tersisa pada penduduk yang rumahnya ada di sekitar Sungai Barito. 

Nah, buat kalian yang berencana untuk liburan ke Banjarmasin, jangan lupa untuk mampir mengunjungi Pasar Terapung yang ada di Muara Kuin ini ya. Selain bisa merasakan sensasi berbelanja dengan cara yang unik, kalian juga bisa berwisata kuliner khas Banjarmasin dan menyusuri Sungai Martapura sambil foto-foto.


Tips and Trick

Beberapa tips yang perlu kalian perhatikan sebelum datang ke Pasar Apung Muara Kuin ini. Pertama, kondisi dari pasar ini sangat ramai, pastikan kalian menyimpan barang-barang berharga kalian seperti dompet, handphone dan kamera dengan baik. Lalu, jangan lupa untuk selalu bawa uang receh untuk berbelanja di pasar ini. Dan yang terakhir, jangan buang sampah sembarang ke dalam sungai ini ya guys. Selamat berwisata ke Banjarmasin.

Video by ayesinema chanel

Gallery (8)

Comments (1)