136 views | 2 Likes

Menjelajah Banda Neira, Surga Terindah di Timur Indonesia

4 star (from 2 people)
Ambon, Maluku, Indonesia
Category: City Trip

Posted on 18 October 2018, 13:48:45
tedy
Tourist

Banda Neira memang punya banyak tempat keren dengan pemandangan indah yang memanjakan mata. Ngga cuma wisata alam, Banda Neira juga punya wisata...

How to Get There

Hai guys, akhirnya setelah sekian lama menabung dan berhemat akhirnya aku bisa mewujudkan salah satu impian buat jalan-jalan ke Ambon. Udah lama banget Ambon jadi destinasi impianku karena katanya Ambon punya banyak banget tempat wisata yang keren, salah satunya adalah Banda Neira. Pasti sebagian dari kalian juga udah pernah denger tentang pulau yang eksotis ini dan pastinya banyak banget traveler yang pengen pergi kesana.

Banda Neira merupakan bagian dari Kepulauan Banda, Maluku dan menyimpan sejuta wisata keren yang pastinya membuat siapapun berdecak kagum. Nah, untuk menikmati keindahan yang ada disana pun membutuhkan perjuangan karena lokasinya yang cukup jauh. Aku pun dari Surabaya berangkat menuju Ambon menggunakan pesawat Batik yang berangkat dari bandara Juanda jam 07.35 pagi dan tiba di Ambon jam 12.05, kurang lebih 2 jam 30 menit perjalanan tanpa transit dan rasanya cukup melelahkan, tapi aku tetep excited buat kesana. Dari Ambon, perjalanan masih harus dilanjutkan lagi dengan menggunakan kapal cepat “Express Bahari” dari pelabuhan Tulehu selama enam jam. Jadi bisa bisa dibilang perjalan menuju Banda Neira ini butuh waktu sekitar jam 8,5 jam melalui perjalanan udara dan laut. Untuk itu, siapkan stamina yang cukup ya guys. Setelah tiba di Banda Neira, kemarin aku ngga langsung jalan-jalan soalnya udah capek banget, lapar dan ngantuk pastinya.  




What to Do

Banda Neira memang punya banyak tempat keren dengan pemandangan indah yang memanjakan mata. Ngga cuma wisata alam, Banda Neira juga punya wisata sejarah yang ngga kalah seru buat diulik. Nah, beberapa tempat wisata yang aku kunjungi di Banda Neira antara lain:

1. Benteng Belgica

Ini merupakan salah satu wisata sejarah yang wajib banget dikunjungi saat berada di Banda Neira. Benteng peninggalan Portugis ini dibangun pada abad 16 dengan tujuan untuk menghadapi perlawanan masyarakat Banda yang saat itu menentang monopoli perdagangan oleh VOC. Benteng Belgica ini lokasinya ada ditengah kota dan hanya dibuka dari pagi sampai sore. Pengunjung diperbolehkan masuk dan naik sampai ke atas benteng sambil menikmati keindahan kota dan laut Banda.

2. Gunung Api Banda

Gunung ini adalah wisata alam yang paling favorit menurut aku. Untuk menuju kesini, kalian harus menyeberang dengan perahu kecil dan harus punya persiapan khusus kalo mau mendaki. Untuk menuju ke puncaknya, waktu yang dibutuhkan sekitar 2 jam dan waktu yang tepat untuk mulai pendakian adalah saat pagi hari sebelum subuh. Perjuangan untuk mencapai puncaknya memang sebanding dengan pemandangan yang akan didapat.

3. Lava Flow

Wisata alam selanjutnya adalah pemandangan bawah lautnya guys. Kalian yang hobi snorkeling atau diving pastinya ngga mau melewatkan kesempatan untuk menikmati keindahan bawah laut Banda ini dan Lava Flow merupakan salah satu tempatnya. Disini, kalian bisa menikmati keindahan terumbu karang yang terawat dengan baik juga ratusan ikan berwarna-warni yang berenang bebas.

4. Rumah Budaya

Wisata sejarah selanjutnya adalah Rumah Budaya Banda Neira yang lokasinya ngga jauh dari tempat aku menginap. Disini terdapat beragam catatan sejarah tentang Banda Neira saat jaman penjajahan. Selain itu, juga ada barang-barang peninggalan VOC yang dipajang didalamnya, seperti meriam dan lukisan yang menggambarkan situasi pada masa kolonial.

5. Istana Mini

Kenapa bangunan ini disebut sebagai istana mini? Karena bentuk dari bangunan ini mirip dengan Istana Negara yang ada di Jakarta, hanya ukurannya lebih kecil. Bangunan ini hanyalah replika, sementara yang asli berada di dalam Benteng Nassau dan pernah rusak akibat gempa, jadi dibangunlah replika dari Istana Mini ini.

Gimana? Semua ada di Banda Neira kan? Yuk segera kunjungi Banda Neira!

Video by Sarah Azka

Tips and Trick

Buat kalian yang ingin pergi kesini, aku ada beberapa saran nih buat pertimbangan kalian:

  • Jadwal keberangkatan kapal “Express Bahari” ngga ada setiap hari, untuk itu kalian harus memastikan mendapatkan tiket kapal tersebut sebelum membeli tiket pesawat menuju Ambon. Harga tiket kapan cepat “Express Bahari” sekitar Rp 400.000 an per orangnya.
  • Reservasi hotel yang dekat dengan pusat Kota Banda Neira.
  • Bawa kamera.
  • Buat kalian yang pengen mengunjungi beberapa pulau kecil di sekitar Banda Neira, baiknya siapkan budget yang cukup karena biaya kapal kesana ngga murah.
  • Siapkan stamina yang cukup karena perjalanan menuju Banda Neira cukup jauh.
  • Jaga selalu kebersihan lingkungan.

Gallery (0)

Comments (3)