4 star (from 1 people)
100 views | 1 Likes
Curug Sodong, Eksotisme Air Terjun Kembar di Sukabumi.
Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia
Category: Waterfall


Posted on 17 October 2018, 12:41:15
aruby
Sightseeing
Location on Google Maps
Curug Sodong Kembar
Komplek Geopark Ciletuh, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat 43177, Indonesia
How to Get There

Explore wisata di Indonesia memang nggak pernah ada habisnya. Bulan lalu, aku dan temen temen liburan ke Jawa Barat lebih tepatnya di daerah Sukabumi. Iya, Sukabumi emang selalu ngangenin suasananya.

Berhubung ada salahsatu temen yang ngerekomendasiin buat ke Curug Sodong yang katanya bagus, kamipun langsung sepakat dan setuju buat pergi ke Curug Sodong.

Lokasi dari Curug Sodong ada di daerah Komplek Geopark CIletuh, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat. Kalau berangkat dari Jakarta, kalian perlu menempuh jalan arah Sukabumi, selanjutnya cari Kecamatan Ciemas dan Dusun Cikanteh. Nah kalau bingung kalian bisa nge-maps aja guys.

Jalanan yang dilalui menuju ke Curug Sodong ini cukup memadai. Namun, ketika udah semakin deket sama Curug Sodong¸ sesekali kalian akan ngelewati jalan yang berlubang dan sempit. So, wajib hati hati dan waspada saat perjalanan ya.

Setelah tiba di kawasan Curug Sodong, langsung parkir kendaraan di tempat yang udah disediakan dan langsung deh menikmati keindahan Curug Sodong ini. 

What to Do

Tiket masuk menuju ke Curug Sodong ini dibandrol dngan harga 3000 rupiah per orangnya. Emang kalau masuk ke wisata alam gini biaya masuknya lebih murah ketimbang kita dateng ke waterpark atau theme park lainnya. Selain harus membayar tiket masuk, pengunjung juga perlu mengeluarkan biaya untuk parkir kendaraan yakni 3000 rupiah untuk kendaraan roda 2 dan 5000 rupiah untuk kendaraan roda 4.

Dari tempat parkir, pengunjung perlu berjalan sekitar 10 menit melewati jalan setapak. Meskipun begitu, nggak akan terasa kok lelahnya setelah tiba di Curug Sodong ini. Sambil jalan, pengunjung bisa menikmati pemandangan kanan kiri maupun udaranya yang emang seger banget. Suara gemuruh air juga udah terdengar meskipun belum ngeliat curugnya secara langsung hihi.

Yap, sampai juga di Curug Sodong Sukabumi. Meskipun tempatnya bisa dibilang belum terkenal banget, tapi tak sedikit lho pengunjung yang kami temui disini. Kalau ke Sukabumi, main ke Curug Sodong sepertinya jadi pilihan yang tepat ya.

Mau tau nggak sejarah darimana nama Curug Sodong berasal? Nah, nama Curug Sodong diberikan karena di belakang aliran air terjun ini terdapat cekungan mirip goa. Sedangkan dalam bahasa Sunda, goa adalah sodong. Nah dari situlah muncul nama Curug Sodong. Udah nggak bingung lagi kan guys Sodong itu apa, hehehe.

Kalau kesini, jangan lupa membawa camera ya. Karena indahnya Curug Sodong akan saying banget kalau nggak diabadikan dan dikenang dirumah nanti. Meskipun ketinggian Curug Sodong hanya berkisar 20 meter an saja, namun pesona keindahannya nggak kalah sama air terjun lainnya. Debit air di Curug Sodong juga termasuk deras, hati hati buat kalian yang membawa camera, jangan sampe terlalu dekat ya.

Biasa lah ya kalau tempat wisata alam gini tentu kebanyakan memiliki mitos tersendiri. Kalau di Curug Sodong in, karena tempatnya yang katanya sering digunakan sebagai tempat uji kebatinan, banyaknya mitos juga bermunculan disini.

Ada mitos yang mengatakan kalau pasangan yang belum nikah dilarang berenang di sekitar air terjun ini. Katanya apabila ada yang melanggar, pasangan tersebut akan mati tenggelam. Menurut kabar yang beredar, pernah ada korban meinggal di air terjun ini. Setelah lama melakukan pencarian akhirna jasad mereka ketemu dan ketika jasadnya diangkay, air tiba tiba mengering dan normal lagi beberapa hari setelahnya.

Aduuuh ngeri juga ya sama banyaknya mitos yang ada. Tapi percaya nggak percaya sih, yang penting jangan aneh aneh aja ya kalau di Curug Sodong ini, insyaAllah selamat hehehe.

Meskipun mistis, banyak juga yang suka sama Curug Sodong ini, eksotis sih!

Tips and Trick
  • Jangan lupa membawa alat dokumentasi
  • Bawa baju ganti ya kalau pengen puas bermain air

Youtube by : arif umaran

Gallery (6)
Comments (1)