sendi
sendi | Sightseeing
Kota Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia | Waterfall
4.42 K0

Keindahan Air Terjun Putuk Truno yang terlupakan

air terjun putuk

Air Terjun Putuk Truno ini berada di kaki Gunung Welirang dan Gunung Arjuno. Tepatnya berada di kawasan wisata Tretes.
What to Do

Ketinggian air terjun ini sekitar 45 meter, dasar air terjun ini membentuk lingkaran serta dipenuhi dengan batu-batu besar. Jika beruntung, Anda dapat menikmati keindahan pelangi yang sering muncul pada siang hari di sekitar tangga turun menuju air terjun Puthuk Truno ini.

   

 

Air terjun ini sudah dikelola pemerintah sehingga lokasinya masih cukup bersih, terawat. 

Fasilitas di wisata air terjun ini sudah cukup memadai, sudah ada warung, toilet, taman tempat berteduh serta bangku-bangku yang bisa kita gunakan untuk bersantai selama berada di sana. 

 

 

Sebagian orang meyakini kalau mandi atau berendam di bawah debur air terjun ini akan mendapatkan berkah berupa cinta abadi.

 

 

Tiket masuknya sangat terjangkau, hanya Rp. 10.000,-. Meski tidak sekondang Air Terjun Kakek Bodo yang berada beberapa kilometer di atasnya, namun soal pesona, Air Terjun Putuk Truno tak mau kalah lho dibanding dengan air terjun kakek bodo yang deket dari air terjun ini juga

How to Get There

 

Air Terjun Putuk Truno ini berada di kaki Gunung Welirang dan Gunung Arjuno. Tepatnya berada di kawasan wisata Tretes (Jalan Putuk Truno, Desa Pecalukan, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur).

 

Berjarak sekitar 400 meter dari air terjun Kakek Bodo. Dari pusat kota Pandaan,kurang lebih membutuhkan waktu 15 menit.

 

Saya berangkat dari Surabaya melalui jalan tol, cukup mengikuti arah menuju kota Malang, kurang lebih rutenya sebagai berikut: Surabaya-Sidoarjo-Porong-Gempol-Japanan-Prigen-Pandaan-Tretes. Setelah memasuki Pandaan, ikuti petunjuk jalan menuju air terjun Kakek Bodo atau ke arah Tretes (sekitar 500 m dari jalan raya Pandaan – Tretes).

 

Dari pintu masuk utama di jalan Putuk Truno, kondisi jalannya menanjak hingga menuju pos masuk. Semua kendaraan diparkir di pos masuk ini. Kemudian kita akan menemukan loket masuk, di mana harga tiketnya sebesar Rp 10.000 per orang.

 

 

Dari loket masuk ini kita berjalan kaki menuruni jalan setapak sekitar 300 meter. Jalan setapak di sini sudah dibeton, dibuatkan anak tangga, serta diberi pegangan (pagar pembatas) juga sehingga memudahkan pengunjung menuju lokasi. 

Tips and Trick air terjun putuk

Tips& trick:

  • Waspada dengan batu yang ada di sekitar lokasi (banyak batu yang licin dan berlumut)
  • Waspada terhadap bahaya banjir bandang akibat dari volume sungai yang berlimpah karena hujan

(usahakan tidak berkunjung pada musim hujan)

  • Bawa baju/celana ganti
  • Terkadang angin berhembus cukup kencang, amankan barang elektronik Anda (bawa payung / tas waterproof)

 

Local Guide:

  • Karena akses menuju lokasi ini dekat jalan raya dan relatif mudah jalannya, saya rasa tidak perlu ditemani local guide.
  • Bila turis asing memerlukan local guide, sebaiknya minta dibuat satu paket dengan Air Terjun Kakek Bodo.

 

berikut ada video mengenai air terjun putuk truno dari youtube

SUGGESTED PARADISE
No data
SUGGESTED CULINARY
No data