Show Menu
Malang, East Java, Indonesia
Description
Komunitas bagi pecinta kesenian & kebudayaan Indonesia. Tetap melestarikan kesenian dan kebudayaan Indonesia.
Activity
Melestarikan kesenian dan kebudayaan Indonesia
Title: Macam - Macam Alat Musik Gamelan Jawa
15 August 2018, 11:28:17
Ponorogo, Indonesia
Sightseeing
Join date: 18-04-2017

Alat Musik Gamelan adalah instrumen musik yang dimainkan dalam sebuah ensembel musik. Kesalahan umum yang diperlu diluruskan adalah bahwa Gamelan bukanlah alat musik, melainkan sajian musik. Sajian musik Gamelan terdiri atas sejumlah alat musik yang dimainkan secara padu menghasilkan suara tetabuhan yang merdu. Irama musik yang dimainkan Gamelan umumnya bertempo lambat, dan lembut. Nama Gamelan sendiri berasal dari dua kata, Gamel dan An, gamel berarti menabuh, dan An adalah kata benda, dengan demikian Gamelan memiliki artian, aktifitas menabuh. Apa saja alat musik yang ada dalam gamelan ? Simak yuk!

 

1. Alat Musik Gender

Gender merupakan alat musik pukul, dibuat dari bahan logam, memiliki 10 sampai 14 bilah logam kuningan yang menghasilkan nada yang berbeda beda. Dimainkan dengan cara memukul bilah tersebut menggunakan tongkat pukul.

 

2. Alat Musik Slenthem

Slenthem memiliki bentuk mirip dengan Demung, namun suara yang dihasilkan 1 oktaf dibawah Demung. Secara fisik, jika dibandingkan dengan Demung, ketebalan Slenthem lebih tipis. Slenthem dimainkan dengan cara di pukul menggunakan alat pukul yang ujungnya sudah dibalut kain. Suara yang dihasilkan Slenthem lembut dan halus.

 

3. Alat Musik Bonang

Bonang memilki bentuk mirip kue bolu dalam sebuah rak. Dalam sebuah Rak biasanya terdapat 14 buah pot yang terbuat dari perunggu. Cara memainkan Bonang adalah dengan cara memukul bagian pot dengan menggunakan dua palu tabuh yang dibalut dengan kain atau karet di ujungnya. Bonang dimainkan sebagai penguat melodi dasar suatu sajian Gendhing(lagu).

 

4. Alat Musik Kenong


Kenong terbuat dari logam kuningan, besi atau tembaga. Dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tongkat pemukul. Suara yang dihasilkan oleh Kenong terdengar seperti “Tung” tebal. Kenong juga dapat dimainkan sebagai pengatur tempo dari gendhing yang dimainkan.

 

5. Alat Musik Gambang


Gambang memiliki 18 buah bilah yang terbuat dari kayu. Bilah bilah tersebut diletakkan pada rak resonantor nada yang umumnya berbentuk menyerupai perahu. Gambang dimainkan menggunakan dua tongkat pemukul. Nada yang dihasilkan Gambang terbilang luas, mencakup nada minor dan nada mayor.

 

6. Alat Musik Demung


Pada satu set gamelan sering kali memiliki 2 demung, dari kedua demung memiliki versi pelog dan slendro. Demung menghasilkan nada dengan oktaf yang paling rendah dalam anggota balungan, namun ukuran fisiknya besar. Demung memiliki lapisan yang lebih langsing tetapi lebih lebar dari pada wilahan saron, hal inilah yang menghasilkan nada yang lebih rendah. Memainkan demung terbuat dari kayu, dan bentuk pemukulnya yang mirip palu.

Cara memainkanya biasanya sesuai nada, nada yang seimbang, atau memainkan demung secara bergantian antara demungpertama dan demung kedua, dan akan menghasilkan jalinan nada yang variasinya cukup banyak namun mengikuti pola yang telah di tentukan. Cepat lambatnya dan keras lemahnya pemainnya tergantung pada suara dari kendang dan jenis gendhing yang di gunakan dalam kolaborasi gamelannya. Pada gendhing Gangsaran yang menggambarkan keadaan perang contohnya, demung di mainkan dengan cukup keras dan cepat. saat gendhing Gati yang bernuansa militer, maka demung akan di mainkan lambat tetapi pukulannya cukup keras. Dan ketika mengiringi lagu campur sari di mainkan secara perlahan.

 

7. Alat Musik Saron


Sarong menghasilkan suara satu oktaf diatas Demung. Saron dimainkan dengan cara di pukul. Cara memukul Saron yang benar adalah dengan menggunakan tangan kanan untuk menabuh nada, dan tangan kiri menyentuh nada yang ditabuh sebelumnya, hal ini dilakukan untuk menghapus sisa suara dengungan.

 

8. Alat Musik Kempul


kempul adalah sekumpulan gong kecil yang berjumlah 8 hingga 10 buah dengan masing masing gong menghasilkan nada berbeda satu dengan yang lainnya. kempul dimainkan dengan cara dipukul.

 

9. Alat Musik Gong


Gong merupakan alat musik dengan ukuran terbesar dalam sebuah sajian gamelan, dimainkan dengan cara dipukul. Gong umumnya dibuat dari bahan logam kuningan. Gong biasanya di posisikan tergantung pada sebuah penahan. Dimainkan di awal Gendhing(lagu) atau di akhir Gendhing(lagu).

 

10. Alat Musik Ketuk


ketuk berfungsi untuk menjaga keajegan irama yang dimainkan dalam sebuah sajian Gendhing. Ketuk dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tongkat pukul yang dibalut karet atau kain pada ujungnya.

 

11. Alat Musik Kempyang

Cara memainkan Kempyang adalah dengan ditabuh. Dalam sajian sebuah Gendhing(lagu) kempyang biasanya dimainkan sahut menyahut dengan Ketuk, sehingga suara yang dihasilkan oleh kedua alat musik ini terdengar seperti Tuk Bluk Tuk Bluk.

 

12. Alat Musik Rebab


Rebab biasanya dimainkan untuk mengiringi Sinden ketika bernyanyi. Cara memainkan rebab adalah dengan menggesek dawainya menggunakan alat gesek yang mirip dengan busur panah.

 

13. Alat Musik Siter

Siter mampu menghasilkan suara khas dari 11 dawainya, denganmasing masing dawai memiliki anda dasar yang berbeda. Ukuran sebuah siter umumnya memiliki panjang 30 cm. Dawai siter dimainkan menggunakan Ibu jari , sedangkan jari lainnya menahan getaran dawai ketika dawai lainnya dimainkan.Siter umumnya dimainkan dalam tempo yang cepat.

 

14. Alat Musik Kendang atau Gendang

Kendhang memiliki fungsi utama sebagai pengatur tempo dari gendhing (lagu) yang dimainkan. Cara memainkan Kendhang adalah dengan ditabuh, bagian yang ditabuh adalah permukaan kulit yang biasanya terbuat dari kulit kerbau, sapi, kambung atau rusa. Sejumlah pengrajin Kendhang membuat standar penggunaan kulit kerbau untuk membuat Kendhang terbaik, mereka meyakini kulit kerbau lebih awet dibandingkan dengan kulit hewan lainnya.