Show Menu
Malang, East Java, Indonesia
Description
Komunitas bagi pecinta kesenian & kebudayaan Indonesia. Tetap melestarikan kesenian dan kebudayaan Indonesia.
Activity
Melestarikan kesenian dan kebudayaan Indonesia
Title: Tarian Mistis Khas Indonesia Yang Bikin Penonton Bergidik Ngeri
20 April 2018, 09:47:52
Malang, Indonesia
Sightseeing
Join date: 13-09-2017

Nggak ada negara yang lebih kaya kebudayaannya dibandingkan Indonesia. Di tiap daerah di Tanah Air ini, selalu ada tradisi budaya yang unik dan khas. Salah satu yang mudah dikenali adalah tari tradisional. Tarian ini memiliki nilai-nilai luhur sehingga keberadaannya dilestarikan turun temurun dari nenek moyang.

Uniknya lagi, banyak dari tarian daerah itu mengandung unsur magis yang bikin orang yang melihatnya semakin geleng-geleng kepala. Biasanya nggak banyak orang yang bisa melakukan tarian seperti ini. Berikut ini tarian khas Indonesia dengan unsur mistis yang sangat kuat. Kalau kamu menyaksikannya, dijamin kamu bakalan bergidik dengan aksi para penarinya.

 

1. Tari Salai Jin

foto: pinterest

Tarian khas Suku Ternate di Maluku Utara ini kental dengan aura mistis yang berwujud dalam aksi penarinya sehingga bisa langsung disaksikan. Dalam tarian ini, konon melibatkan jin. Para penarinya bakalan mengalami kesurupan dan mereka melakukan aksi-aksi ekstrem. Salai Jin biasanya ditarikan oleh penari dalam jumlah ganjil.

 

2. Tari Sintren

foto: pinterest

Tarian ini dilakukan oleh wanita dengan mengenakan kacamata hitam. Nggak sembarang orang bisa menarikannya. Konon saat beraksi ini penari akan dirasuki sosok gaib yang dipercaya merupakan penguasa daerah Jawa, Dewi Lanjarsari. 

 

3. Tari Seblang

foto: osingdeles.com

Tari Seblang ini berasal dari Suku Osin di Banyuwangi. Hal mistis dalam tarian ini akan terlihat saat penarinya mengalami kerasukan roh halus. Tarian yang ada sejak 1639 ini tidak ditampilkan sembarang waktu.

 

4. Tari Sigale-gale

foto: irisindonesia.com

Tarian yang berasal dari Suku Batak di Samosir ini mulanya digelar dalam suasana kesedihan Raja Batak Samosir karena anak laki-laki satu-satunya meninggal dunia. Untuk mengobati kesedihan itu, digelar tarian ini dengan properti boneka anak laki-laki. Saat ditarikan, boneka ini akan dimasuki roh halus sehingga bisa bergerak sendiri.

 

5. Tari Calon Arang

foto: indonesiakaya

Tarian dari Pulau Dewata, Bali, ini nggak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Para penarinya harus memiliki ilmu magis karena saat tampil mereka akan menjalani prosesi ekstrem seperti ditusuk benda tajam.

 

6. Tari Sanghyang Jaran

foto: phdi.or.id

Tarian ini biasanya ditampilkan serangkaian dengan Tari Kecak Bali. Mirip dengan Tari Calon Arang, penari Sanghyang Jaran juga menjalani aksi berbahaya seperti menusuk dirinya dengan benda tajam. Mereka juga mengalami kerasukan roh halus.

 

7. Tari Rentak Bulian

foto: Istimewa

Tarian asli Kabupaten Indragiri Hulu di Provinsi Riau ini memiliki persyaratan ketat bagi para calon penarinya yang berjumlah tujuh gadis perawan dan satu perjaka. Sang penari pria akan dirasuki roh halus hingga membuatnya setengah sadar. Tarian ini dilakukan sebagai tradisi pengobatan gaib.

 

8. Tarian Jaran Kepang (Kuda Lumping)

foto: Istimewa

Tarian ini dilakukan dengan lincah diiringi musik gamelan yang rancak. Para penarinya menggunakan kuda-kudaan dari papan. Sebagain dari penari ini akan kerasukan roh halus sehingga membuatnya melakukan hal-hal yang nggak masuk akal, seperti memakan pecahan kaca, memakan binatang hidup.

 

9. Tari Bedhaya Ketawang

foto: fefy dh

Tarian ini digelar setahun sekali pada peringatan kenaikan takhta Raja Keraton Surakarta. Tarian ini dilakukan oleh sembilan wanita yang harus masih perawan dan tidak dalam masa haid. Sebelum tampil, mereka harus menjalani berbagai ritual seperti puasa. Saat tarian berlangsung, dipercaya sosok mistis Ratu Pantai Selatan akan hadir sebagai penari kesepuluh dan hanya bisa dilihat orang-orang tertentu.