Nyobain Es Langganan Presiden RI: Es Dawet Telasih Bu Dermi.

es dawet telasih bu dermi

biosel | Sightseeing
Solo, Jawa Tengah, Indonesia | halal
23 May 2019


Nyobain Es Langganan Presiden RI: Es Dawet Telasih Bu Dermi.
Segerrrr, wajib coba kalau ke Solo nih!

Kuineran di Solo nih. Btw ini udah lama ya sebelum Ramadhan. Kalo kalian lagi puasa dan baca review ini siang siang mon maap, karena gambarnya cukup menggoda haha. 

Pas ke Solo bulan lalu, aku sempet kulineran yang enak-enak. Dan pas siangnya, aku cari kuliner yang seger, enak, tapi juga legendaris. Setelah tanya ke sodara, aku sih direkomendasikan untuk nyobain lezatnya Es Dawet Telasih. Katanya sih itu jajanan atau kuliner yang wajib dicoba. Seenak apa sih?

Besok siangnya aku langsung cari tuh lokasi dari Es Dawet Telasih ini bareng sodara. Es Dawet Telasih yang paling terkenal sih Es Dawet Telasih Bu Dermi, tepatnya ada di daerah Pasar Gede Solo. Coba deh kaian kesana dan tanya letak Es Dawet Telasih Bu Dermi ini ke orang sekitar Pasar Gede, kayaknya sih udah pada tau. 

es dawet telasih bu dermi

es dawet telasih bu dermi

Ets, kenalan dulu sam apenjual Es Dawet Telasih lainnya. Ada Es Dawet Telasih Bu Dermi, Es Dawet Telasih Ibu Wiji, dan satu lagi Es Dawet Telasih Ibu Siswo. Kali ini nyobain yang milik Bu Dermi dulu ya. Katanya sih yang satu ini langganan bapak Presiden RI. 

Pemiliknya kini bernama Rut Tulus Subekti. Udah masuk generasi ke 3 lho. Ternyata Es Dawet Telasih Bu Dermi ini sudah ada sejak dulu, tepatnya tahun 1930an. Bener banget, penjualnya bilang kalau Es Dawet Telasih Bu Dermi ini langganan Bapak Jokowi sejak belum menjabat sebagai Presiden RI. Bedanya setelah menjabat, beliau tidak datang langsung untuk membeli dawet, melainkan menyuruh ajudan untuk membeli Es Dawet Telasih Bu Dermi. Wah kayaknya sih terbukti enak. 

Bener apa yang saya bilang tadi, hanya dengan mendekati kawasan Pasar Gede dan bertanya letak Es Dawet Telasih Bu Dermi ini, semua udah tahu dan kami tiba juga di lokasi. Ada yang bilang kalau Es Dawet Telasih Bu Dermi ini nggak pernah sepi pembeli. Pas saya beli, emang saya harus ngantri sih. Seterkenal itu ternyata. Nggak nyesel deh ribet ribet cari lokasi Es Dawet Telasih Bu Dermi. 

es dawet telasih bu dermi

Sambil nunggu antrian udah nggak sabar aja buat nyobain segernya es yang ada di mangkuk kecil itu. Kayaknya sih seger banget. Dalam satu porsi Es Dawet Telasih, kalian akan dapet banyak sekali isian diantaranya ketan hitam, tape ketan, jenang sumsum, biji telasih, cairan gula, dan santan, huwi. Belum lagi ditambah dengan es batu, pas banget dinikmati di siang hari. 

Kalau dirasa memang besa rasanya. Es Dawet Telasih Bu Dermi ini nggak serik samasekali. gula yang dipake juga gula alami. Rasanya yang manis dan seger kurang lebih bikin kami langsung ngerasa singin san nggak kepanasan saat itu haha. Menghabiskan satu mangkuk Es Dawet Telasih Bu Dermi ternyata nggak butuh waktu lama. Ini laper apa haus ya? wkwk. 

es dawet telasih bu dermi

Kalau makan di Es Dawet Telasih Bu Dermi ini sangat beruntung banget bagi kalian yang bisa dapet tempat duduk. Pasalnya, di lokasi Es Dawet Telasih Bu Dermi, beliau hanya menyediakan tempat duduk yang nggak muat banyak orang. Mungkin hanya 5 sampe 6 orang aja. Jadi bersyukurlah kalan yang bisa menikmati dawet sambil duduk santai hehe. 

Es Dawet Telasih Bu Dermi ini bilai buka pukul 8 pagi. Meskipun masih pagi, selalu aja langsung ada pembeli dan disusul antrian selanjutnya. Nggak heran kalau Es Dawet Telasih Bu Dermi masih diburu hingga saat ini, resepnya yang masih turun temurun dan enak ini emang bikin ketagihan. Kalau masih laper, kayaknya pesen 2 porsi juga masih muat nih perut wkwk. 

Kalo jam tutupnya sekitar pukul 3 sore. Hayo yang nggak mau kehabisan segera merapat ke lokasi. Harga satu porsi Es Dawet Telasih Bu Dermi dibandrol dengan harga Rp 8000,-. Cukup murah bukan? Cobain lezatnya Es Dawet Telasih Bu Dermi kalau ke Solo!

Opening Hours
08.00 - 15.00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY