Penasaran Dengan Olahan Seafood Asli Padang? Cobain di Rumah Makan Fuja!

rumah makan fuja

rudibelawan | Sightseeing
Padang, Sumatera Barat, Indonesia | halal
22 May 2019


Penasaran Dengan Olahan Seafood Asli Padang? Cobain di Rumah Makan Fuja!
Rugi kalo nggak mampir nih, nagih parah

Saatnya kulineran lagi bareng Rudi! Jadi beberapa hari yang lalu aku ada acara di Padang, Sumatera Barat. Karena acaranya sampai malem ya jadinya buka puasa disana. Kebetulan banget salah satu kerabat aku katanya mau ngajak makan di salah satu tempat seafood enak di Padang. Kalau aku pribadi sih sebenernya udah sering ke Padang tapi kalau nyoba seafood yang satu ini belum pernah. Namanya adalah Rumah Makan Fuja. Dulu juga pernah denger si Rumah Makan Fuja ini tapi belum sempet juga dateng kesana. Gimana rasanya?

rumah makan fuja

Jadi Rumah Makan Fuja ini berada di Jl. Samudera No. 24, Purus, Padang. Tempatnya cukup besar dan rame banget. Begitu masuk kalian langsung disambut dengan kepulan asap yang baunya harum bikin perut keroncongan, eitss tapi tunggu dulu ya belum waktunya buka! Disana tempatnya luas dan disediakan banyak meja dan kursi. jadi kalau dateng rame-rame atau rombongan nggak perlu bingung cari duduknya. Dan yang bikin seru juga si Rumah Makan Fuja ini letaknya berada di tepi pantai. Jadi kalian bisa langsung menikmati pemandangan pantai sambil menikmati seafood. Sedep!

rumah makan fuja
Nah yang bikin Rumah Makan Fuja ini terkenal katanya bumbu seafoodnya yang beda karena menggunakan bumbu khas Padang. Dimana biasanya kita kalau makan seafood pakai bumbu kecap nah yang ini gulai padang. Menu yang ditawarkan disini juga bukan berbagai macam seafood yang lengkap. Bahkan hanya ada tiga olahan seafood yaitu ikan bakar, cumi bakar, dan udang bakar. Tapi jenis ikannya ada kakap merah, kakap putih, ikan kerapu, dan juga ada ikan nila.

rumah makan fuja
Sistemnya disini kita pertama bisa pilih mau ikan apa dengan ukuran yang seberapa, selanjutnya pelayannya akan menimbang berapa berat ikan tersebut dan menentukan harga. Kalau udah baru ikan tersebut di bakarkan. Jadi bisa dibilang seafood disini dijamin fresh karena kita bisa pilih dan melihat sendiri kondisi ikannya. Kalau udangnya disini pakai udang yang ukurannya besar-besar jadi nanti dijamin puas.

rumah makan fuja

Setelah menunggu beberapa menit menu yang kami pesen dateng tapi tenang, kami makannya tetep nunggu pas buka kok. Kami pesen ikan kakap merah dan juga ikan kerapu untuk dibakar. Nah cara penyajian disini mirip dengan di rumah makan padang. Seafood yang kita pesen disajikan lengkap dengan sayur gulai singkong, mentimun, terong, dan juga ada tiga sambal yaitu sambal cabe merah, cabe ijo, dan juga sambal kecap.

rumah makan fuja
Pertama aku mau cobain yang ikan kakap merah bakarnya. Ternyata benar rasanya beda dengan seafood ikan bakar pada umumnya yang menggunakan bumbu kecap. Disini rempahnya terasa seperti kunyit, lengkuas, dan santan. Jadi rasanya beda tapi tetep enak dan gurih. Bumbunya juga meresap kedalam daging dengan sempurna, dan kulitnya juga garing. Udangnya juga nggak kalah enak, diolah dengan bumbu yang sama. Tapi menurut aku bumbu ini lebih meresap kedalam udang daripada ikannya. Mungkin karena udang ukurannya lebih kecil kali ya?

rumah makan fuja
Kalau untuk cumi bakarnya juga mantab, dimasak dengan tingkat kematangan yang pas jadi cuminya nggak terlalu keras dan alot. Saatnya bahas sambel. Sambenya enak tapi menurut aku terlalu encer. Dan kalau tingkat kepedesannya justru lebih pedes si sambel ijo menurut aku. Ikan bakarnya digadoin sama sambel kecapnya aja juga udah cocok banget. Mantaab!

Oke sekian review Rumah Makan Fuja dari aku guys. Soal rasa aku nilai 8/10 lah karena rasanya bener-bener khas Padang banget, unik dan enak!

Opening Hours
10:00 - 22:00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY