Waroeng Spesial Sambal SS: Spesialis Sambal Untukmu Pecinta Pedas

waroeng spesial sambal ss

fauzi | Tourist
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia | halal
16 May 2019


Waroeng Spesial Sambal SS: Spesialis Sambal Untukmu Pecinta Pedas
Siapa sih yang nggak tahu lokasi tempat makan enak ini?

Suka makan pedes? Kalo iya, kalian wajib banget buat mampir ke Warung Spesial Sambal di Surabaya ini. Rumah makan ini menyajikan 34 jenis sambal yang pastinya bisa manjain lidah kalian yang suka banget sama makanan pedes. Biasanya aku kalo lagi pengen makan pedes pergi makan di Kober Mie Setan, tapi kali ini aku pengen nyobain sesuatu yang beda.

By the way, Warung Spesial Sambal ini berlokasi di Jalan Rungkut Madya no 25, Surabaya. Sebenernya, di Surabaya sendiri ada 3 cabang selain di Rungkut ada juga di Jalan Arjuno dan di Sutorejo. Kalian tinggal pilih aja tuh cabang mana yang lebih deket dari tempat tinggal kalian. Karena kebetulan kantorku ada di daerah Rungkut, jadi aku pergi ke cabang Rungkut.

waroeng spesial sambal ss

Karena sekarang lagi bulan puasa, jadi yang makan disini rame banget guys. Untungnya kemaren pas aku dateng berdua bareng temenku, masih ada tempat kosong soalnya katanya kalo mau buka puasa disini ngga bisa di booking guys. Jadi harus cepet-cepetan. Warung Spesial Sambal “SS” ini sederhana banget dari luar, tapi di dalamnya ternyata cukup luas. Ada dua pilihan tempat duduk, kalo kalian mau duduk di dalam, areanya khusus lesehan, tapi kalo kalian pengen dudu di kursi, kalian bisa duduk di area luar.

waroeng spesial sambal ss

Saat pertama kali masuk, kami langsung disambut dengan staffnya yang ramah. Dia langsung mencarikan kami tempat duduk dan memberikan kertas menu dimana kita tinggal pilih sendiri menu yang kita mau. Ternyata beneran lho guys, warung ini menyajikan beragam jenis sambal yang bisa kalian pesen, sejenak aku jadi teringat soal beragam sambal di Ayam Goreng Nelongso, tapi ini lebih banyak sih. Beberapa pilihan sambalnya ada sambal bajak, sambal bawang, sambal gobal gabul, sambal dabu-dabu dan masih banyak lagi lainnya. Harganya juga murah meriah guys, kisaran Rp 2.500 – Rp 7.500 per porsinya. 

Untuk menikmati sambalnya, ada juga beragam lauk yang disajikan, seperti ikan gurame, cumi, ayam, bebek, lele, tahu, tempe, telur dan masih banyak lagi lainnya. Harga lauknya juga cukup terjangkau, mulai dari Rp 5.000 per porsinya. Selain lauk dan sambal, warung ini juga menyediakan beragam sayur dan lalapan.

waroeng spesial sambal sswaroeng spesial sambal ss

Kita akhirnya pesen Ayam goreng, Telur gobal gabul, cumi tepung, sambal pencit, sambal rempelo ati, sambal bawang gobal gabul dan sambal trasi tomat segar. Ngga lupa kita pesen nasi sebakul yang cukup untuk dua porsi. Minumanya kita pesen jus nangka dan teh jeruk nipis. Karena lagi bulan puasa, setiap pengunjung pun dapet free takjil yang berupa air putih dan buah-buahan segar. Ohya guys, semua masakan disini masih segar ya, jadi emang agak lama nunggu diolahnya.

waroeng spesial sambal ss

Setelah sekitar setengah jam nunggu, akhirnya pesenan kita dateng juga. Sambal-sambal dan lauk-lauk ini disajikan diatas cobek kecil yang terbuat dari tanah liat. Khusus untuk nasinya disajikan dalam semacam bakul yang dilapisi daun pisang. Piringnya juga terbuat dari rotan yang dilapisi daun pisang. Aku suka banget kalo makan beralaskan daun pisang gini, aromanya jadi beda.

waroeng spesial sambal ss

Untuk lauk-lauk ini bisa dibilang masih mainstream ya guys, ayam gorengnya sama dengan ayam goreng pada umumnya. Cumi goreng tepungnya juga sama, potongannya kecil-kecil dan tepungnya berasa krispi banget. Begitu juga dengan Telur dadar gobal gabul ini. Telurnya sih mirip dengan telur dadar pada umumnya yang digoreng barengan daun bawang dan cabe. Nothing special!

waroeng spesial sambal ss

Tapi emang yang spesial disini adalah sambal-sambalnya. Sesuai dengan nama warungnya ya, hehehe. Aku sih paling suka dengan sambal rempelo atinya, porsinya ngga banyak tapi sambalnya emang berasa banget. Apalagi kalo dimakan pake nasi hangat. Mantap banget dah!

waroeng spesial sambal ss

Sambal kedua yang jadi favorit aku adalah sambal mangganya atau sambal pencit. Sambal ini menggunakan buah mangga muda yang bener-bener kecut yang kemudian dipadukan dengan pedasnya cabe sehingga menciptakan rasa yang pedes tapi juga seger.

waroeng spesial sambal ss

Next, ada sambal trasi tomat segar. Kalo dari penampakannya, sambal ini emang bener-bener menggunakan buah tomat yang segar ya guys, disamping itu rasa terasinya juga cukup terasa tapi ngga terlalu setrong. Menurut aku, sambal ini tingkat kepedesannya masih medium, ngga pedes-pedes banget.

waroeng spesial sambal ss

Terakhir ada sambal gobal gabul. Kayaknya sambal ini yang paling best seller deh di rumah makan ini guys. Sambal ini terdiri dari cabe rawit, cabe merah dana potongan daun jeruk yang menghasilkan aroma yang segar. Mantap banget deh pokoknya!

waroeng spesial sambal ss

Overall, semua sambal yang aku pesen kemaren emang enak semua. Ngga semua jenis sambal bisa aku coba, soalnya ya ngga mungkin juga guys, bisa mules entar. Hehehe, next time aku pasti balik lagi dan cobain sambal-sambal lainnya. So, kalian yang pecinta pedas, buruan uji adrenalin kalian di Warung Spesial Sambal ini. Selamat mencoba ya guys..

waroeng spesial sambal ss

Opening Hours
Sabtu - Kamis : 10.00 - 22.00 Jumat : 13.00 - 22.00
SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.