RM Aditya Jaya: Ayam Gorengnya Mirip Paha Pramugari?

rm aditya jaya

rudibelawan | Sightseeing
Banda Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam, Indonesia | halal
09 Jun 2019


RM Aditya Jaya: Ayam Gorengnya Mirip Paha Pramugari?
Hayolo, kenapa ya disebut ayam pramugari?

Banda Aceh. Kawasan yang nggak hanya dikenal dengan wisatanya, tapi juga dikenal dengan ragam kulinernya. Sebagai warga Aceh asli, rasanya aku salah kalau nggak nyobain kuliner yang satu ini. Kuliner yang akan aku cobain namanya cukup unik. Yakni Ayam Goreng Pramugari. Kalau denger namanya sekilas, tentu kalian akan dibuat bingung. Kok bisa Pramugari? Apanya ya yang pramugari?

Kuliner yang akan saya kunjungi terletak di daerah Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM), Aceh Besar. Ayam Goreng Pramugari ini nggak pernah sepi pembeli. Selain karena namanya yang unik, katanya sih juga karena rasanya yang lezat. Karena itu pula saya jadi makin pensaran dan pengen nyobain kuliner yang satu ini. Pengunjung Ayam Goreng Pramugari ini mulai dari kalangan menengah hingga kalangan atas. Banyak juga penjabat Indonesia yang pernah makan di Ayam Goreng Pramugari.

Karena kebetulan pas nyobain lagi jam makan siang, jadi saya harus sedikit bersabar untuk mengantri beberapa orang. Ayam Goreng Pramugari yang saya coba kali ini Ayam Goreng Pramugari RM Aditya Jaya. Yang paling terkenal sih emang dari RM Aditya Jaya ini. RM Aditya Jaya buka dari pukul 10 pagi sampe pukul 5 sore tiap harinya. Kalau jam jam sepinya sih aku kurang tau yaa. 

rm aditya jaya

Ayam Goreng Pramugari RM Aditya Jaya ini udah buka sejak tahun 70an. Meskipun sudah lama, tapi RM Adytia Jaya masih bisa hidup dan mempertahankan pelanggannya hingga sekarang. Makin nggak sabar buat nyobain rasa dari Ayam Pramugari ini. Kata pemilik resto, yang memberi nama Ayam Pramugari ini adalah pengunjung. Mereka menganggap bahwa paha ayam yang tersaji disini bentuknya panjang dan lurus. Banyaak yang bilang sih mirip paha pramugari haha bisa aja ya. Tapi kalo dilihat emang bener sih, bentuknya panjang dan lurus.

Ayam Goreng Pramugari RM Aditya Jaya ini menggunakan olahan ayam kampung. Ayam kampung yang sudah dibersihkan lalu diungkep dengan bumbu khas Ayam Goreng Pramugari RM Aditya Jaya. Selanjutnya, ayam digoreng di minyak panas dengan wajan unik yang cukup besar. Selanjutnya yang menjadi khas dari Ayam Pramugari ini adalah potongan daun pandan, temurui, dan daun jeruk. Itulah yang bikin aroma Ayam Pramugari makin sedep.

rm aditya jaya

Sembari menunggu makanan tersaji, bau masakan Ayam Pramugari ini enak banget. Satu porsi Ayam Pramugari ini terdiri dari 4 potong ayam, dengan menggunakan 1 ekor ayam. Harga perpotong ayam disini adalah Rp 15.000,-. Tampilan ayamnya kecoklatan setelah digoreng, makin menggugah selera euy. Setelah nyobain rasanya, langsung deh jatuh hati. Gurihnya Ayam Goreng Pramugari di RM ini emang juara.

Ayam gurih yang tersaji masih keliatan kepulan asapnya, huwi enak. Paling enak emang dipadukan dengan nasi panas dan sambal kecap. Nggak bisa dijelasin deh kelezatannya. Irisan bawang merah dan jeruk nipis juga turut melengkapi sajian makanan Ayam Goreng Pramugari ini. 

rm aditya jaya

rm aditya jaya

Kebayang nggak gimana rasanya? Tekstur ayamnya empuk dan nggak alot. Sekali di gigit langsung pecah di mulut. Gurihnya bumbu juga berpadu dengan enaknya saat dikunyah. Nggak sia sia jauh ke RM Adytia Jaya kalau ternyata sajiannya lezat gini. Akhirnya sebagai orang aceh aku udah pernah nyobain Ayam Pramugari. Kapan-kapan semoga ada Ayam Pilot deh, aku mau nyobain juga haha!

Video : BenuBuloe TV

Ada menu lain yang terkenal di RM Adytia Jaya selain menu Ayam Pramugari, yakni Menu Kuah Beulangong atau kari kambing. Harga Kari Kambing disini dibandrol dengan harga Rp 25.000,- per porsi. Kalau menu yang stau ini juga tak kaah menggoda sih. Aroma kuahnya yang lezat ditambah potongan dagingnya yang banyak dan empuk bikin aku lupa diri juga wkw. Kayaknya kalau kesini wajib nyobain 2 menu ini deh, kemudian di share deh makannya, jadi bisa nyobain semuanya #tipsanakkos, hehe!

Opening Hours
10.00 - 17.00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY