Tahu Petis Prasojo : Kudapan Asli Semarang Sejak 1980!

tahu petis prasojo

Deblah | Sightseeing
Semarang, Jawa Tengah, Indonesia | halal
13 May 2019


Tahu Petis Prasojo : Kudapan Asli Semarang Sejak 1980!
Tahu Petis Prasojo ini memang sangat terkenal di Semarang sejak tahun 1980, mau tau seperti apa rasanya? baca review saya!

Sabtu kemarin lagi ada acara bukber bareng keluarga besar di Semarang. Tapi karena aku datengnya masih kesiangan disana alhasil aku diajak berburu takjil sama sepupu aku. Kalau bicara takjil yang paling enak emang gorengan ya, apalagi pas masih panas gitu, beuhhh nikmatt. Eitss meskipun begitu jangan makan gorengan terlalu banyak juga ya, nggak baik aka kolesterol!

tahu petis prasojo
Takjil kali ini jatuh kepada Tahu Petis Prasojo! Meskipun udah sering makan berkali-kali tapi tetep aja ngangenin dan pengen jajan ini terus rasanya kalau ke Semarang. Tahu Petis Prasojo ini terkenal dang udah legend banget loh guys, dia udah berdiri sejak tahun 1980-an hingga sekarang. Bayangkan dehhh, udah 40 tahunan kannn. Tapi mungkin dari kalian juga udah pernah nyobain makanan satu ini, karena emang terkenal dan seenak itu. Untuk lokasinya, Tahu Petis Prasojo ini berada di Pleburan, Semarang. Lebih tepatnya di pujasera simpang lima Semarang.

tahu petis prasojo
Nama “Prasojo” sendiri diambil dari nama pemiliknya, yaitu Ibu Prasojo. Nah yang memuat tahu petis ini beda dari tahu petis semarang yang lain adalah komposisi dari petisnya itu sendiri. Petisnya beda dari yang lain yaitu menggunakan olahan daging cumi dan udang, jadi tinta cuminya itu yang membuat warna petis menjadi hitam pekat. Kalau untuk perharinya sendiri mereka bisa menghabiskan kurang lebih 10kg udang dan 10kg cumi untuk diolah menjadi petis. Dan mereka mengolah petisnya sendiri jadi nggak beli ditempat lain. Jadi petisnya ini sendiri juga dijual didalam kemasan, dan cocok banget buat oleh-oleh! Sedangkan untuk tahunya mereka menggunakan tahu pong.

tahu petis prasojo
Selain menjual tahu petis, disini ada jga gorengan lain seperti tape goreng, lumpia goreng, pisang goreng, tahu susur, sukun goreng, tempe mendoan, tahu baso, rolade goreng, dan risoles goreng. Kemarin karena menjelang buka jadi cukup rame yang beli dan lumayan antre, tapi untung aja masih kebagian. Aku beli yang tempe mendoan dan tahu petisnya. Yang unik lagi kebanyakan tahu petis di Semarang itu petisnya diisi kedalam tahu. Jadi tahu yang sudan matang digoreng dibelah jadi dua tapi nggak sampai putus ya, habis itu baru deh diberi isian petis. Tapi selain itu nanti kita juga diberi cabe rawit biar ada pedesnya.

tahu petis prasojo
Buat kalian yang mau makan disana langsung bisa banget, karena disediakan banyak kursi dan meja. Cocok banget makan gorengan sambil menikmati hiruk pikuk kota Semarang ini. Tapi karena belum buka ya aku bawa pulang dong tahu petis ini.

tahu petis prasojo
Oke setelah buka baru deh aku makan si Tahu Petis Prasojo ini. Sayangnya udah nggak panas lagi (ya iyalaahh) karena udah cukup lama. Tapi tenang aja meskipun begini tahunya tetep aja garing dan menggiurkan. Begitu dibuka bau petisnya tercium wangi dan kuat banget. Petisnya terasa manis dan gurih, apalagi dimakan bareng cabe rawitnya enak banget! Si tempe mendoan ini juga nggak kalah enak, dipotong tipis dan digoreng dengan baluran tepung yang tipis dan gurih. Yang mendoan juga nggak kalah enak nihhh!

tahu petis prasojo
Nah buat kalian yang di Semarang dan cari tahu petis enak aku saranin dateng ke Tahu Petis Prasojo ini deh. Karena beneran enak dan udah legend banget, dijamin pengen balik lagii. Apalagi pilihan gorengannya yang lain banyak dan harganya bisa dibilang terjangkau!

Opening Hours
15:00 - 01:00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY