Wedang Bajigur Batas Kota, Hangatkan Soremu di Kota Istimewa

wedang bajigur batas kota

nur | Sightseeing
Sleman, Yogyakarta, Indonesia | halal
09 May 2019


Wedang Bajigur Batas Kota, Hangatkan Soremu di Kota Istimewa
dingin-dingin paling enak menghangatkan tubuh, dengan menikmati wedang bajigur batas kota.

Selamat menunaikan ibadah puasa teman-teman, gimana nih? Masih pada kuat puasa kan ya? Aku dong masih belom bolong. Hahaha.. Anyway, udah dapet undangan buber dimana aja nih? Aku sih baru aja kemaren dateng lagi ke Westlake Resto buat acara buber bareng temen-temen SMA. Padahal baru beberapa Minggu yang lalu aku dan keluarga makan disana. Nah, kali ini aku ngga mau bahas soal kuliner berat dulu, melainkan salah satu minuman tradisional yang lezat banget kalo dinikmati saat hujan-hujan. Jadi ceritanya, biasanya kalo sore-sore selepas buka puasa itu aku suka jajan guys dan kebetulan kemaren aku diajakin kakakku jajan Wedang Bajigur yang cukup enak yaitu Wedang Bajigur Batas Kota.

Wedang Bajigur Batas Kota ini cukup hits lho di Jogja dan jadi salah satu favorit aku. Sesuai dengan namanya, warung ini lokasinya ada di perbatasan kota Jogja dan Sleman, tepatnya di Jalan Magelang no 135. Sebenernya pemiliknya ngga pernah ngasih nama khusus untuk warung wedang ini, tapi banyak pembelinya yang menyebutnya sebagai Wedang Bajigur Batas Kota. Warungnya pun sederhana, cuma warung tenda gitu di trotoar dekat gapura batas Kota Jogja dan Sleman. Kalo kalian dari arah kota Jogja, warung wedang bajigur ini ada di kiri jalan.

wedang bajigur batas kota

Ohya, kalian jangan ngebayangin gapura perbatasan kota ini cukup megah gitu ya guys, soalnya emang gapura ini bentuknya sederhana banget, bahkan kebanyakan orang-orang ngga menyadari adanya gapura ini. hehehe..

Karena emang lokasinya yang ada di pinggir jalan, jadi ngga banyak bangku yang tersedia. Kebanyakan pembelinya cuma mampir dan bungkus buat dibawa pulang. Meskipun begitu, wedang bajigur ini cepet banget habisnya guys. Padahal warungnya baru buka sekitar jam 5 sore sampe jam 8 malem, malah biasanya sebelum jam 8 malem udah abis. Warung wedang bajigur ini udah eksis sejak tahun 2009 lho guys dan pembelinya ngga pernah sepi. Malah makin rame. 

wedang bajigur batas kota

Bajigur emang sering banget ditemui di Bandung ataupun Jakarta, tapi Bajigur yang satu ini beda guys. Bedanya adalah bajigur ini diberi tambahan roti dan kolang kaling. Jadi ada unsur isiannya ronde gitu sih. Rasanya juga beda guys, kalo wedang bajigur Jogja sendiri rasanya ngga terlalu pedas dibandingkan dengan bajigur Sunda ataupun Jakarta. Lebih soft dan cenderung manis. Enak banget pokoknya kalo pas diminum pas cuaca lagi dingin-dinginnya. Aku sih cocok banget daripada bajigur yang terlalu strong jahenya, jadi di tenggorokan malah sakit. 

wedang bajigur batas kota

Sayangnya, penjual Wedang Bajigur di Jogja sekarang udah mulai berkurang. Padahal dulunya banyak banget bisa ditemukan di Jogja penjual wedang bajigur, tapi karena semakin lama peminatnya semakin berkurang maka penjualnya pun perlahan mulai menghilang.

wedang bajigur batas kota

Ohya, harga seporsi Wedang Bajigur Batas Kota ini cukup terjangkau lho guys, cuma Rp 6.000 aja per porsinya. Biasanya warung bajigur ini menjual sekitar 200 porsi bajigur setiap harinya. Cukup banyak sih, tapi tetep aja banyak juga yang beli makanya sampe kehabisan. Kalo saran aku sih kalian yang pengen cicipin wedang bajigur ini, mending jangan dateng terlalu malem biar ngga kehabisan.

wedang bajigur batas kota

Nah, kalo main ke Jogja selain cicipi kuliner atau jajanan tradisionalnya, ngga ada salahnya buat nyobain Wedang Bajigur ini lho guys. Cocok banget untuk menghangatkan harimu setelah seharian berkeliling kita istimewa ini. Selamat mencoba!

Video by Mahasiswa Kulineran

 

SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY