Roti John dan Cerita Unik Dibaliknya...

roti john surabaya

fauzi | Tourist
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia | halal
02 May 2019


Roti John dan Cerita Unik Dibaliknya...
salah satu jajanan hits Surabaya, yaitu Roti John..

Berawal dari ajakan beberapa temen kantor untuk cobain street food di kawasan Lapangan Kodam Surabaya, akhirnya aku mengobati kerinduan akan salah satu jajanan hits Surabaya, yaitu Roti John. Jadi, selain Mie Setan, Roti John ini emang salah satu makanan kesukaanku dan keluarga. Tapi kayaknya ngga cuma aku sih, jajanan ini juga jadi favorit banyak arek-arek Suroboyo.

roti john surabaya

Kalian udah pasti tau dong ya guys sama kuliner yang satu ini, soalnya roti ini emang sempet hype banget di Surabaya sejak akhir tahun lalu, tapi belakangan ini popularitas Roti John ini mulai menurun. Meskipun begitu ngga menurunkan minatku sama makanan ini. Saking hype nya, roti ini ngga cuma bisa ditemui di Surabaya aja lho, tapi juga beberapa kota besar di Indonesia, seperti Bandung dan Jakarta.

Anyway, di Surabaya sendiri ada banyak kedai yang menyajikan Roti John, tapi yang original adalah yang ada di dekat Lapangan Kodam Brawijaya Surabaya, tepatnya di Jalan Kesatrian Samping no 1. Biasanya nih guys, kalo aku beli disini harus ngantri dulu dan ramenya bener-bener ngga masuk akal. Tapi untungnya kemaren ngga terlalu ngantri, mungkin karena aku datengnya agak sorean.

roti john surabaya

Sedikit cerita nih guys, mungkin ada beberapa dari kalian yang belum tau apa itu Roti John. Jadi, Roti John ini terdiri dari sejenis roti Baguette lunak atau kalo di Surabaya biasa disebut sebagai Roti Dowo Lemes. Nah soti ini diberi isian seperti telur dadar, sayuran, ham, daging cincang, sosis, rempah-rempah dan campuran saus sambal plus mayonais.

roti john surabaya

Ada fakta yang menarik nih guys, meskipun baru-baru ini populer di Indonesia, ternyata Roti John ini udah lebih dulu populer di negara tetangga, seperti Malaysia, Singapura dan Brunei Darrusalam. Katanya sih, makanan ini ditemukan di Singapura oleh Shukor di kiosnya di dekat Botanical Gardens. Awalnya ia sering diinta oleh banyak orang barat yang tinggal di daerah itu untuk menggorengkan telur dadar bawang bombay yang sering mereka makan dengan roti. 

roti john surabaya

Karena makin sering, akhirnya Shukor menemukan kombinasi makanan baru dengan menggabungkan dua bahan yang dicintai konsumennya itu, jadilah Roti John.

Penamaan Roti John juga ada alasannya guys. Di Malaysia, Roti punya arti “Bread” dan dulunya masyarakat lokal menyebut orang asing berkulit putih dengan sebutan “John”. Jadilah makanan ini disebut sebagai Roti John. Karena memang makanan ini dibuatkan untuk mereka, jadi wajar aja kalo namanya pake kata John.

Back to the menus, Kedai Roti John Surabaya ini punya beragam varian roti john guys yang bisa kalian pilih dan harganya semua terjangkau, rata-rata di bawah Rp 50.000. Ngga jarang juga mereka ada menu-menu yang promo. Kebetulan juga, pas aku kemaren kesana aku dapet harga promo. 

roti john surabayaMenu Roti John. Bisa tambah extra isian dan keju.

 

roti john surabaya
Pilihan menu lain selain Roti John

Aku pesen dua roti john, yaitu John Panjang dan Monster John. Kalian bisa menikmati roti ini disana langsung atau take away buat dibawa pulang. Karena aku udah janjian sama temen-temen, akhirnya aku putusin buat bungkus aja dan dibawa makan bareng-bareng nanti.

roti john surabayaArea tempat makan Roti John

Rasa Roti John ini bener-bener enak guys, agak mirip sandwich. Isiannya juga super banyak, kejunya melimpah dan bikin kenyang. Panjangnya emang bener-bener panjang dan kayaknya bisa kalian nikmati untuk 4 sampe 5 orang. Pokoknya aku ngga pernah bisa kalo harus ngabisin seporsi sendirian.

roti john surabayaJohn Panjang IDR 20k (harga promo)

roti john surabaya
Monster John IDR 25k (harga promo)

Nah guys, kalo kalian penasaran pengen cobain Roti John ini, dateng aja langsung ke Kawasan Kodam Brawijaya Surabaya. Buruan cobain langsung!

Video by Awirachma

Opening Hours
Selasa - Minggu jam 16.30 - 21.20 WIB
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY