Tengkleng Klewer Bu Edi, Masakan Legend yang Harus Kamu Cobain Saat ke Solo!

Tengkleng Klewer Bu edi

Deblah | Sightseeing
Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia | halal
11 Apr 2019


Tengkleng Klewer Bu Edi, Masakan Legend yang Harus Kamu Cobain Saat ke Solo!
berkunjung ke surakarta wajib banget cobain kelezatan Tengkleng Klewer Bu edi...

Masih seputar kuliner Kota Surakarta nihh! Guysss kali ini aku mau bikin review makanan yang enak banget di Surakarta atau Kota Solo ini. Bahkan makanan ini masuk ke 20 kuliner yang wajib dinikamti saat ke Solo. Hayo hayoo siapa yang kepo nihh?

Tengkleng Klewer Bu edi
Nah kuliner ini adalah tengkleng. Memang di Solo sendiri olahan kambing sangat banyak diminati, kalian akan sangat mudah menemukan tukang sate kambing, gulai, dan tengkleng pada jalanan di Kota Solo. Tapi waitt....yang ini beda banget. Makanan ini adalah Tengkleng Klewer Bu Edi. Sesuai namanya tempat ini menjual tengkleng yang berlokasi di Pasar Klewer. Meskpiun jualnya di pasar begini tapi jangan salah, peminatnya banyak dan kalian harus siap antre! 

Tengkleng Klewer Bu edi
Buat kalian yang nggak tau apa itu tengkleng, tengkleng adalah olahan daging kambing (bisa juga pakai daging sapi, kalau di Tengkleng Klewer ini pakai daging kambing) biasanya pakai yang bagian masih ada tulang-tulangnya jadi nanti ada sensasinya sendiri waktu makan. Tengkleng ini dimasaknya menggunakan bumbu yang seperti gulai namun sedikit encer dan disajikannya juga dengan kuah yang nyemek alias sedikit.

Sekilas info nihh, Tengkleng Klewer Bu Edi ini sudah buka sejak tahun 1971 lho dan sekarang yang menjual sudah sampai generasi ke 3. Wah kebayang kan nih tengkleng udah legend banget. Dan sampai sekarang penjualnya masih menjaga cita rasa masaknnya agar pelanggan tidak kecewa.

Tengkleng Klewer Bu edi
Begitu sampai di Pasar Klewer kalian bisa langsung cari tempatnya yang rame banget bertuliskan di banner “Tengkleng Klewer Bu Edi” nah kalian nggak akan salah tujuan. Disana kalian bisa melihat kerumunan orang yang sedang makan dan mengantri. Disini tentu saja hanya menjual tengkleng tapi saking enaknya antrinya tidak pernah sedikit alias panjangg.

Tengkleng disini dibedakan di beberapa panci untuk jenis potongan dagingnya. Ada yang potongan kepala, kaki, kuping, lidah kambing, jeroan, dan ada yang ditusuk juga. Jadi kalian bisa pilih juga mau bagian yang apa saja. Kalau aku sendiri lebih suka campur. Oh ya kalau kalian pesen satu porsi normal dagingnya akan dihargai 30.000 kalau mau nambah dagingnya akan dikenakakn harga 50.000. Harga yang sesuai dengan ukuran dan rasa kalau menurut aku.

Tengkleng Klewer Bu edi
Yang menarik disini penyajiannya masih menggunakan pincuk alias daun pisang yang ditekuk nanti bentuknya seperti contong gitu untuk meletakan makanan. Tapi tenang aja dibawahnya diberi mangkok plastik agar pincuknya nggak tumpah. Part paling bikin perut keroncongan nih saat nasi putih hangat sudah diberi potongan daging, dan selanjutnya disiram kuah tengkleng yang jadinya membuat nasi nyemek. Ahhh mantab!

Disini kuahnya menurut aku rasanya nggak pedes, jadi nanti di pincuk kalian akan diberi beberapa buah cabe yang dicampur didalam kuah tengkleng. Tapi tenang selama kalian nggak gigit tuh cabe nggak akan pedes kokk. Paling enak kalau aku ditambah dengan sedikit kecap manis.

Tengkleng Klewer Bu edi
Kuah tengklengnya berasa gurih dan rempahnya berasa. Daging kambingnya empuukkkk banget, apalagi kalau dapet bagian iga, bisa langsung copot dari dagingnya! Selain itu aku juga makan babatnya juga empuk dan yang paling penting semua olahan kambing disini nggak amis jadi luvvv banget deh. Kalau udah makan ini dijamin lidah terasa dimanjakan dehh.

So buat kalian yang di Solo wajib wajib wajib bangeettt nyobain makan di Tengkleng Klewer Bu Edi karena rasanya beneran enak dan bikin pengen balik lagi!

Opening Hours
12:30 - 16:00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY