Astridprasanto
Astridprasanto | Tourist
Jakarta Utara, Dki Jakarta, Indonesia | halal
6.39 K0

Pasar Ikan Modern Muara Baru

pasar ikan modern muara baru

The first article of mine here, i wanna say hello to everyone in GoTravelly by writing my newest experience to Pasar Ikan Modern Muara Baru (Muara Baru Modern Fish Market) I'll write in Bahasa Indonesia because the location is in Jakarta, if there's an
Post Content

Kalau kamu baca berita beberapa minggu lalu, banyak berita mengenai Ibu Menteri Susi dan Pak Presiden Jokowi membuka sebuah Pasar Ikan Modern di daerah Muara Baru. Yang katanya sih ide nya dari Tsukiji Market Jepang. 

Buat kamu pecinta seafood seperti saya, Mari kita tengok dalamnya yaa...

pasar ikan modern muara baru


Saya datang berdua bersama mama saya, karena untuk memilih hidangan laut, saya kurang begitu paham. Pukul 5 sore saya sampai di Pasar Ikan Modern. Para penjual ikan baru saja bongkar muatan, dan belum banyak jenis hidangan laut yang terjaja. Baru ada berbagai jenis ikan, cumi dan udang. Tidak terlihat dari pandangan mata ada kerang dan kepiting.

Pertama kali masuk pasarnya, design bangunan persis dengan pasar tsukiji yang di Jepang (baru lihat dari foto sih,saya sendiri belum pernah ke Jepang). Kotak kotak rapi, Bersih, tidak berbau amis dan penuh sampah seperti pasar ikan Muara Angke yang pernah saya datangi dulu. 

pasar ikan modern muara baru


Bangunan pasar ikan ini sangat luas, saya sendiri tidak berkeliling ke semua kios nya, hanya mengambil Jalur melebar sekali, sampai ke tengah, lalu jalur memanjang memotong tengah pasar sambil melihat kanan kiri penjaja ikan sedang bongkar muat. Jalur pejalannya sangat licin, harap menggunakan alas kaki karet, atau untuk menghindari terpeleset, bisa berjalan di atas jalur pembuangan air. 

pasar ikan modern muara baru
pasar ikan modern muara baru


pasar ikan modern muara baru

pasar ikan modern muara baru

pasar ikan modern muara baru
Harga ikan bisa ditawar teman, namanya juga pasar, tapi namanya juga orang dagang, kasih lah mereka untung untuk biaya hidup.

Dilantai dua, terdapat kios kios kering, sebagian besar masih tutup belum ada penghuni, ada beberapa yang buka yaitu kedai makanan untuk para pekerja dibawah.

 

pasar ikan modern muara baru

Yang lebih menarik adalah bagian Outdoornya, tempat dimana kita bisa memasak ikan langsung yang kita beli dari bawah. Baru terdapat 4 kedai yang menyediakan jasa masak di FOOD COURT outdoor ini. Jasa masak hampir semua sama antara 25k-30k per KILO. Tinggal pilih kedai mana yang menurut kamu cocok dilidah.

pasar ikan modern muara baru

Terdapat atap besar, meja makan dan kursi seperti layaknya foodcourt pada umumnya, toilet dan wastafel pun sudah tersedia. Hanya saja, jumlah meja dan kursi belum terlalu banyak, mungkin bisa dikembangkan atau ditambahkan nantinya.

pasar ikan modern muara baru

pasar ikan modern muara baru

pasar ikan modern muara baru


Ku icip masakan kedai paling depan, dan paling ramai disana. Masakan ala Bugis katanya. Karena antrian nya yang ramai, staffnya sudah mewanti-wanti akan lama jadinya. Namun tetap si mama memilih yang itu karena memang paling ramai. 

Kita bisa duduk dimana saja yang kosong, tidak harus didepan kios kita memesan, namun kalau di depan kios itu sendiri, pastinya lebih mudah dicari nanti saat makanan mau dihidangkan. 

pasar ikan modern muara baru

pasar ikan modern muara baru

Setelah menunggu 1 jam lebih, makanan kami pun dihidangkan. 1 kilo udang segar di masak saus padang, dan 1 kilo Ikan Kue Bakar. Karena kami hanya makan berdua jadilah setengahnya harus dibungkus, lumayan buat bekal kantor besok. 

Setelah makan selesai, ada baiknya membersihkan meja sendiri, dengan membawa semua piring dan sampahnya ke kedai tempat kita memesan ya kawan, karena tidak ada orang khusus yang membersihkan meja, dan kedai lain tidak mau membantu membersihkan yang bukan barnag miliknya. Jadi akan lebih cepat bagi para tamu lain untuk mendapatkan meja setelah kita makan.

Mari kita jaga fasilitas negara, dimulai dari diri sendiri, kenapa nggak...

 

Opening Hours
Pasar Ikan 17.00-22.00 Food Court buka dari jam 12 siang, dengan stok seafood yang mereka punya
SUGGESTED PARADISE
No data
SUGGESTED CULINARY
No data