Burger Monalisa, Roti Barat Dengan Cita Rasa Lokal

Burger monalisa

nur | Sightseeing
Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia | halal
05 Apr 2019


Burger Monalisa, Roti Barat Dengan Cita Rasa Lokal
Burger monalisa ini pas banget untuk dijadikan camilan!

Burger. Siapa sih yang ngga suka sama makanan yang satu ini? Roti lapis yang berasal dari Jerman ini memang udah lama banget jadi favorit semua orang di dunia. Ngga cuma di Eropa atau Amerika aja, burger juga bisa kalian temui di banyak negara termasuk Indonesia. Biasanya sih kalo orang Indonesia pengen makan burger, mereka pergi ke McDonald, Burger King atau Carls Jr yang memang menyajikan burger dengan rasa yang sama dengan burger aslinya di Amerika. Di Jogja, ada sebuah kedai burger yang punya cita rasa lokal, yaitu Burger Monalisa. Penasaran?

Burger monalisa

Burger Monalisa berada di Jalan Kaliurang, Kota Jogja, daerahnya deket UGM situ guys. Meskipun bisa dibilang burger ini adalah kuliner luar negeri, tapi tenyata Burger Monalisa ini adalah burger tertua di Jogja lho guys. Kok bisa? Burger ini udah berdiri sejak tahun 1988, dimana masyarakat Indonesia khususnya Jogja sendiri masih belum paham apa itu Burger. Burger ini didirikan oleh warga Jogja asli yang bernama bapak Wibowo Agung bersama ibunya. Warungnya pun sederhana guys, hanya berupa warung tenda di pinggir jalan gitu, tapi pelanggannya cukup banyak.

Burger monalisa

Selain burger, menu lain yang ditawarkan di warung ini beragam, ada hot dog, spaghetti dan juga pisang bakar. Harga makanannya pun bisa dibilang cukup terjangkau, kisaran Rp 6.500 sampe Rp 20.000 per porsinya. Warung ini masih eksis hingga saat ini dikarenakan menawarkan cita rasa khas yang disesuaikan oleh lidah orang Jawa. 

Bahan-bahan yang digunakan pun diracik sendiri oleh pemiliknya, mulai dari rotinya, patty, sosis hingga mayonaisnya. Rotinya juga dibelah menjadi dua tapi sengaja ngga diputus, kayak burger kebanyakan, jadi lebih gampang untuk memasukkan isiannya dan saat dimakan isiannya jadi ngga geser. Roti yang digunakan ini semacam roti custom mirip dengan roti India yang biasanya dilipat dengan daging dan isiannya.

Burger monalisa

Burger monalisa

Patty yang digunakan untuk burger ini dibuatnya ngga satu per satu guys, tapi utuh seperti rolade dan kemudian baru dipotong kalo ada pesanan. Uniknya, kalo biasanya patty di grilled atau di pansheared, nah patty ini di goreng dalam minyak yang panas. Sementara mayonaisnya juga dibuat sendiri yang warnanya kuning dan punya tekstur mirip vla.

Burger monalisa

Kemaren aku pesen satu porsi burger keju dan satu porsi hot dog keju. Kedua menu ini dibanderol dengan harga Rp 20.000 aja per itemnya. Bedanya apa sih? Kalo burger keju terdiri dari roti dan isiannya ada patty, bawang bombay, tomat, timun dan juga daun selada kemudian diberi tambahan mayonais dan saus sambal.

Burger monalisa
Sementara Hot Dog keju, isiannya hampir sama sih, hanya saja pattynya diganti jadi sosis, trus bentuk rotinya beda yang lebih panjang. Harganya juga sama Rp 20.000.

Burger monalisa

Kalo biasanya burger punya cita rasa asin dan gurih, lain halnya dengan Burger Monalisa ini yang memiliki cita rasa pedas manis. Buat kalian yang suka makan makanan gurih atau asin, mungkin bakal ngerasa agak kurang pas dengan burger ini. Tapi buat aku yang orang Jogja, cita rasa seperti ini yang cocok sekali sama lidahku. Ngga heran kalo banyak orang yang menyebutnya sebagai Burger Jawa.

Sejauh ini Burger Monalisa hanya bisa kalian temui di Jogja aja. Warungnya pun bisa kalian kunjungi Di Jalan Kaliurang dan ada cabangnya di jalan Sisingamaraja. So, kalo kalian main ke Jogja, jangan lupa buat cobain burger yang satu ini ya.

Video by Tony Soekamti

Opening Hours
10.00 - 21.30
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY