Penasaran dengan Sate Komoh? Cobain Makan di Rawon Sakinah Pasuruan!

kuliner di pasuruan

rory | Sightseeing
Kota Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia | halal
04 Apr 2019


Penasaran dengan Sate Komoh? Cobain Makan di Rawon Sakinah Pasuruan!
menikmati rawon lezat sakinah pasuruan.

Hai rek balik lagi nih bikin review kulineran bareng Rory! Kali ini review makanan aku bukan di Surabaya, tapi agak jauhan dikit nih yaitu Pasuruan! Emang nggak jauh-jauh banget sih tapi makanan yang akan aku review ini dijamin bikin kalian pengeenn. 

kuliner di pasuruan
Yang mau aku review ini adalah rawon. Tapi tenang aja rawon ini bukan rawon biasa. Rawon ini adalah salah satu rawon yang terkenal di Pasuruan, apalagi yang makan disini nggak hanya orang lokal aja sih melainkan orang dari kota-kota lain. Apalagi kalau weekend bakalan rame banget ini tempatnya!

kuliner di pasuruan
Untuk lokasi tepatnya gampang banget guys dicari karena berada di tengah kota, bahkan nggak jauh dari alun-alun kota Pasuruan. Persisnya berada di Jl. Kartini No. 80 Bangilan, Pasuruan. Jadi buat kalian yang dari arah Malang mau ke Surabaya atau sebaliknya dan lagi nyari makanan enak bisa kesini nih. Nama tokony adalah Rawon Sakinah.

kuliner di pasuruan
Nah tadi aku bilang ada yang spesial kan dari rawon ini, yang spesial adalah sate komoh. Oke, namanya emang aneh dan nggak terpikirkan sama sekali. Sate ini adalah sate yang terbuat dari daging sapi yang udah diiris dan dimasak dengan bumbu seperti kemiri, jinten, laos, dan bumbu-bumbu lain, selain itu bahan baku  yang terpenting dari pembuatan bumbu ini adalah santan kelapa. Yak jadi dagingnya dimasak atau kalau kita bilang diungkep dengan bumbu hingga meresap. Nah kalau udah ditusuk gitu baru sate komoh ini dibakar.

kuliner di pasuruan
Kalau disini kita bisa lihat proses pembakarannya karena dibakar di depan tokonya biar asapnya nggak menegpul di dalam ruangan. Sate komoh ini tentu saja dibakar diatas bara yang panas jadi sedep banget pasti. Dari baunya saja udah tercium kalau ini sate nantinya bakalan enak banget karena bumbuya meresap dan pasti lumer. Karena bagian daging yang digunakan bukan yang asal-asalan.

Untuk makannya tentu saja aku pilih rawon, nggak hanya itu disini juga ada menu selain rawon jadi kalian bisa pilih sesuka kalian. Setelah menunggu sekitar 15 menit menu yang aku pesan datang, dan sate komohnya juga udah mateng jadi manteb nihh.

kuliner di pasuruan
Nasi rawon ini tentu saja disajikan dengan kecambah dan sedikit sambal. Tapi kalau aku paling suka makan rawon ditambah dengan sedikit kecap manis karena biar rasanya lebih mantabb.

Penasaran sama rasanya sate komoh? Ternyata emang beneran enakk. Pertama dari bumbunya ini emang nendang banget dan terasa rempahnya hingga merasuk kedalam daging. Dagingnya sendiri juga empuk poll polll jadi pas dimulut langsung lumer. Ukuran satenya sendiri juga beda lo dengan sate pada umunya yang biasanya satu tusuk berisi 3 sampai 4 potongan daging. Nah kalau sate komoh ini satu tusuk dagingnya bisa gede dan padet gitu.

kuliner di pasuruan
Kalau menurut aku sih sate komoh ini cocok banget dimakan pakai rawon begini rasanya mantaab. Apalagi ada yang sedikit gosong-goosng gitu jadi lebih gurih, eitsss tapi jangan kebanyakan makan makanan yang terlalu gosong ya guys!

Oke kalau untuk makanan disini aku cocok sih, semuanya oke dan bisa dibilang enak juga unik! Tempatnya juga nyaman dan bersih buat kalian yang mau makan ditempat. Kalau untuk harganya juga masih ramah dikantong jadi nggak perlu ragu deh untuk menikmati satu porsi rawon dengan sate komoh ini. Selamat mencoba!

Opening Hours
09:00 - 21:00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY