Jalan-jalan ke Bantul, Jangan Lupa Cobain Sego Megono Bu Ari: Lezatnya Bikin Melongo

sego megono bu ari

lizbeth | Sightseeing
Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia | halal
29 Mar 2019


Jalan-jalan ke Bantul, Jangan Lupa Cobain Sego Megono Bu Ari: Lezatnya Bikin Melongo
sego megono bu ari emang paling pas untuk menjakan lidah!

Ngomongin soal kuliner Jogja, aku emang sering banget explore kuliner di Jogja tapi kebanyakan sih kuliner di daerah Sleman, seperti Tahu Guling Mbah Joyo, Ayam Bumbu Rujak Pak Sholeh dan Yogya Airport Resto. Kemaren, aku iseng maen ke Bantul buat jalan-jalan dan ngga sengaja nemuin salah satu kuliner lezat yang bikin ketagihan sampe sekarang, yaitu Sego Megono Bu Ari.

Warung Sego Megono Bu Ari ini berlokasi di Jalan Gedongkuning no 176, Bantul, Yogyakarta. Warungnya sih sederhana guys, cuma warung tenda di pinggir jalan. Pilihan tempat duduknya ada di kursi atau lesehan. Kalo kalian bingung, kalian tinggal cari aja Dealer Motor Yamaha, nah warungnya pas ada didepannya. Warung ini bukanya setiap hari mulai jam 5 sore sampe jam 10 malam.

Sebenernya aku agak penasaran juga, nasi megono ini makanan kayak gimana. Ternyata nasi megono ini adalah kuliner khas Pekalongan. Jadi, lumayan juga buat yang pengen cobain kuliner khas Pekalongan, ngga perlu jauh-jauh kesana, tinggal ke Jogja aja. 

sego megono bu ari

Anyway, komposisi menu ini terdiri dari nasi putih yang diatasnya diberi taburan cacahan nangka muda yang dicampur dengan parutan kelapa atau urab. Untuk lauknya ada ikan asin dan sambal. Sederhana sih, tapi jangan salah guys, rasanya bener-bener bikin pengen balik lagi.

Seporsi nasi megono ini harganya cukup terjangkau guys, yaitu Rp 4.000 aja. Ini buat yang original ya, yang terdiri dari nasi, sayur nangka tadi, ikan asin dan sambal. Kalo kurang, kalian juga bisa nambahin lauk seperti mendoan, ayam, telur, sotong / cumi dan lainnya. Harganya juga beragam guys, mulai dari Rp 2.000 sampe Rp 17.000 per lauknya. Murah banget kan guys? Gila sih ini kalo buat anak kosan pasti suka banget makan disini.

sego megono bu ari

Katanya sih nasi megono ini makin enak kalo dimakan sama mendoan, meskipun tanpa lauk pun rasanya udah enak, akhirnya aku nyobain pake tempe mendoan dan ayam goreng. Untuk porsinya sih pas ya kalo buat aku, cukup lah buat mengganjal perut. Tapi kalo cowok kayaknya butuh porsi yang lebih banyak ya. Hahaha..

sego megono bu ari

Rasanya enak banget sih menurut aku. Bener-bener kayak masakan rumahan. Rasanya dominan asin yang gurih gitu lho guys, rasa cacahan nangka muda tadi bener-bener enak dan gurih. Mendoan yang aku pesen juga potongannya lumayan besar dan gurih. Suka banget deh aku pokoknya sama kuliner yang satu ini. Kayaknya nanti aku bakal balik lagi deh kesana buat beli, soalnya sebungkus aja kayaknya kurang. Hahaha...

Yang aku suka lagi dari nasi ini adalah penyajiannya yang menggunakan piring dari rotan terus dilapisi daun pisang, jadi kecium aroma khas daun pisang yang sedap ini. Ngga tahu kenapa aku suka banget sama kuliner yang disajikan pake daun pisang. Bikin selera makan makin meningkat.

sego megono bu ari

Nah, buat kalian yang stay di Jogja dan sekitarnya atau kalian yang lagi traveling ke Jogja, kalo lagi bosen sama nangka muda yang diolah menjadi Gudeg, baiknya kalian cobain Nasi Megono Bu Ari ini guys, beneran enak banget dan ngga bikin kantong kalian bolong. Atau kalo kalian orang Pekalongan yang lagi terdampar di Jogja dan kangen nasi megono, mampir aja ke Warung Nasi Megono Bu Ari ini. Dijamin ketagihan sama kayak aku. Hehehe..

Video by JOGJA KAKI LIMA

SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY